Skip to main content

Cara Perawatan Burung Branjangan Ngeriwik


Burung branjangan (Mirafra javanica) adalah spesies burung pengicau (passeriformes) yang termasuk kedalam famili alaudidae, burung ini mendiami padang rumput di sebagian besar Australia dan sebagian besar Asia Tenggara. Burung branjangan berwarna coklat dengan garis-garis abu-abu dan bintik-bintik. (wikipedia.org)

Saat ini banyak pedagang di sejumlah pasar burung memiliki stock burung branjangan baik yang masih bahan maupun yang sudah mapan, untuk burung branjangan bakalan mereka menjualnya di kandang ombyokan dan yang bisa berkicau biasanya ditempatkan di kandang yang terpisah.

Beberapa BR mania menganggap burung branjangan asal Jawa memiliki kualitas terbaik, itu sebabnya harganya relatif lebih tinggi dari daerah lain. Tidak jarang ada pedagang yang mengaku mengakui bahwa burung yang mereka jual teberasal dari daerah Jawa, meskipun sebenarnya mereka berasal dari daerah lain.

Burung branjangan terdiri dari 16 subspesies / ras dan tiga di antaranya dapat ditemukan di Indonesia
1. Burung branjanga Jawa (Mirafra javanica javanica) yang habitatnya tidak hanya di Jawa tapi juga Bali dan wilayah Kalimantan Selatan.

2. Burung Branjangan Nusa Tenggara (Mirafra javanica parva), spesies ini berasal dari wilayah Sunda Kecil yang meliputi Lombok, Sumbawa, Sumba (NTB), dan Flores (NTT).

3. Burung branjangan timor (Mirafra javanica timorensis) yang hanya dapat ditemukan di Kepulauan Timor dan Sawu.


Sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan dalam suara kicauan dari burung branjangan berdasarkan habitat / daerah asal, asumsi bahwa burung branjangan Jawa lebih unggul mengarah pada mitos atau bahkan stigma lingkaran tertentu untuk meningkatkan nilai jual burung.

Jadi dari mana pun asal selama burung itu diperlakukan dengan baik, itu pasti akan memberikan kepuasan kepada pemiliknya dalam bentuk suara yang merdu, keras dan juga gaya yang fantastis.

Burung Branjangan Ngeriwik Terus  dan  Suara Tidak Keras

Salah satu keluhan yang sering muncul dari penggemar adalah bahwa burung telah di pelihara untuk waktu yang lama tetapi mengapa mereka masih ngeriwik atau tidak ingin mengeluarkan suara keras, kecemasan ini sangat beralasan karena bahkan burung branjangan betina pun memiliki kemampuan untuk berkicau.

Untuk mengatasi burung branjangan yang hanya ngeriwik saja kita dapat memperbaiki perawatan harian yang telah diterapkan, hal pertama yang dapat dikoreksi adalah bagaimana setelan pakan ekstra (EF) selama ini.

Burung branjangan adalah salah satu jenis burung yang mudah mengalami over birahi (OB), salah satu penyebab utama OB adalah makanan yang memiliki kandungan protein yang terlalu tinggi. Oleh karena itu jika porsi EF terlalu tinggi perlu diturunkan sambil memantau kemajuannya.

Ciri Ciri Dan Cara Perawatan Burung Branjangan Over Birahi

Kalau selama waktu ini Anda terbiasa memberi 5 jangkrik di pagi hari dan 5 lagi di sore hari, namun burung anda tidak kunjung ngeplong maka coba porsi jangkrik dikurangi menjadi 1-2 ekor di pagi dan sore hari.

Demikian juga porsi ulat hongkong dapat dikurangi dari normal, cobalah memberi ulat hongkong putih atau yang sedang dalam proses perubahan kulit. Kroto harus tetap tersedia setiap saat walau dalam jumlah sedikit.

Saat mengatur ulang makanan ekstra Anda juga dapat menerapkan dua terapi lain yaitu penjemuran dan posisi kandang :

1. Biasakan penjemuran burung secara teratur selama 2-3 jam per hari dan jangan melebihi 11,00.
2. Sangkar bisa digantung di tempat yang lebih tinggi dari biasanya.

Jika Anda belum berhasil juga Anda dapat memancingnya dengan membeli 1-2 atau lebih branjangan jantan atau betina sebagai mitra sparing yang sudah ada, cara ini bisa merangsang burung untuk berkicau dengan lebih cepat sehingga akan mempercepat proses ngeplong dan gacor.

Cara Merawat Burung Branjangan Bakalan Di Musim Hujan

Jika kondisi keuangan belum memungkinkan bisa di ganti dengan suara audio mp3 burung branjangan, yang dapat digunakan sebagai mitra latih tanding atau untuk memaster di rumah.

Bagaimana jika semua upaya tidak berhasil???

Jika pengaturan pakan telah diubah dan penjemuran sudah dilakukan secara rutin serta kandang telah digantung lebih tinggi dari biasanya juga sudah ada teman pendamping baik dalam bentuk burung atau hanya auido mp3, tetapi tetap ngeriwik dapat dipastikan bahwa secara genetis ini burung memiliki kadar testosteron yang rendah.

Tips Cara Memandikan Burung Branjangan

Satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah memberi stimulan agar tubuh bisa menghasilkan lebih banyak testosteron daripada biasanya. dengan perawatan yang baik dan respons terhadap ketidakakuratan dalam perawatan sejauh ini, pasti burung branjangan akan naik level dari ngeriwik menjadi ngeplong dan bahkan gacor.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar