Cara Merawat Burung Branjangan Bakalan Di Musim Hujan
Cara Merawat Burung Branjangan Bakalan Di Musim Hujan

Cara Merawat Burung Branjangan Bakalan Di Musim Hujan

merawat branjangan musim hujan

Membeli branjangan yang masih bakalan akan menuntut kemahiran dan kesabaran selama perawatan, apalagi perawatan saat musim hujan. Kali ini kita akan berbagi tips tentang perawatan plus plus untuk branjangan yang akan terdengar cepat berkicau di musim hujan, pemberian makan harus teratur setiap hari dengan tambahan makanan kaya gizi seperti Kroto, cacing hongkong, dan jangkrik. Jangan lupakan pemberian vitamin selama perawatan, sehingga burung akan terhindar dari stres yang berlebihan.

Birahi burung branjangan yang selalu stabil
1. Jika burung yang dibeli berumur lebih dari 6 bulan, kunci untuk membuatnya berbunyi adalah dengan menaikkan kondisi burung, ada banyak cara yang bisa di lakukan seperti pengaturan makanan tambahan (EF) dengan 1 sendok makan kroto setiap pagi, 10 jangkrik, dan 5 ulat hongkong.

2. Bagi burung muda dan cenderung masih takut pada manusia, penjemuran dilakukan di tempat yang sepi (jarang dilalui orang), dengan durasi yang cukup lama. Biasanya setelah 1,5 - 2 minggu kemudian, burung sudah mulai berkicau meski masih tahap ngeriwik perlahan. Biarkan dulu di tempat sampai burung tersebut benar-benar mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Begitu jinak (minimal jinak lalat), burung bisa dipindahkan ke tempat yang lebih ramai.

3. Perawatan kali ini ditambah dengan pemberian pakan ekstra belalang hijau yang merupakan pakan alami di sawah, jangan memberi belalang hitam atau blorok karena diyakini kurang memiliki dampak jika dimakan burung. Selain belalang kita juga bisa memberikan undur undur.

Dengan perawatan telaten dan penuh kesabaran, saya yakin suatu hari nanti branjangan Anda mampu menghasilkan kicauan yang keras dan bervariasi.

Perawatan selama musim hujan
Salah satu tip dari forum kicaumania bisa menjadi panduan dalam merawat burung branjangan saat musim hujan, seperti diketahui burung branjangan adalah burung yang suka berjemur di bawah sinar matahari. Lalu bagaimana perawatannya di musim hujan?

Caranya dengan memasukkan pasir hangat di dalam kandang, pasir yang hangat disini adalah pasir bersih yang telah di sangrai terlebih dahulu (digoreng tanpa minyak) dalam wajan. Setelah itu diangin-anginkan sampai suhu pasir terasa hangat di sekitar kuku atau sekitar 30-40 derajat celcius, lalu dimasukkan ke dalam kandang brajangan.

Biasanya burung branjangan setelah beradaptasi dengan suhu pasir akan langsung mandi pasir, sambil mengeluarkan kicauan yang merdu.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.