Skip to main content

Cara Memaster Burung Cucak Hijau Secara Efektif


Burung cucak hijau dikenal sebagai salah satu burung pintar dan mampu meniru berbagai suara di sekitarnya, kunci utama agar suara masteran direkam dengan benar dalam memori burung adalah jarak suara masteran dan intensitas (frekuensi) suara didengar ke burung cucak hijau karena jarak dan kejelasan suara-suara yang didengar burung mempengaruhi keberhasilan pemasteran.

Pendengaran burung itu ternyata lebih efektif ketika mendengar suara di kejauhan sehingga masih bisa terdengar lebih jelas untuk burung, berbeda ketika kita memaster burung dari jarak yang cukup dekat dengan perangkat elektronik atau burung lainnya. Meskipun kedengarannya jauh lebih keras, itu biasanya tidak di rekam sepenuhnya oleh burung.

Cara Membuat Burung Cucak Ijo Rajin Berkicau Tanpa Kerodong

Selain itu memaster burung dengan burung lain terutama dari jarak dekat sangat jarang burung ingin mengikuti suara burung yang dilihatnya, artinya bahwa burung cucak hijau yang dimaster dengan burung lain tetapi dalam jarak dekat burung tersebut tidak mau mengikuti suara yang di dengarnya kecuali jika jaraknya diatur sekitar 3-4 meter.

Bisa juga menggunakan metode lain yaitu dengan memberi batas atau bisa juga dengan menggunakan full kerodong sehingga pemasteran bisa menjadi lebih efektif.

Keberhasilan proses pemasteran juga dapat terjadi jika kita secara rutin memutar suara utama dari perangkat elektronik pada jam-jam tertentu dan waktu-waktu tertentu dalam sehari, jika kita memaster burung cucak hijau dengan burung masteran yang lebih penting adalah gacornya burung masteran terutama pada waktu-waktu tertentu seperti pagi dan sore ketika cucak hijau beristirahat.

Titik Penting Dari Pemasteran Burung Cucak Hijau Bergantung Pada Hal-Hal Berikut :

Perlu di baca : MP3 Suara Burung Cucak Ijo Gacor Dan Lantang

1. Tempat yang tenang dan tidak ada gangguan kebisingan lain dari lingkungan yang dapat mempengaruhi proses pemasteran seperti pedagang, sepeda motor / knalpot mobil, dan suara menjengkelkan lainnya.

2. Jarak pemasteran yang ideal adalah 3-4 meter dengan volume suara sedang atau tidak full sehingga suara yang terdengar lebih halus dan tidak pecah di udara.

3. Rutinitas pemasteran di lakukan pada jam dan waktu tertentu, jika hari ini di lakukan pemasteran burung pada pukul 07.00 - 09.00 dan jam 3 sore - 4 sore, maka untuk hari-hari berikutnya kita harus menggunakan waktu yang sama.

4. Karakter bunyi harus sesuai dengan burung yang ingin dimaster, namun mengingat kecerdasan cucak hijau yang dapat mencerna suara apa pun (seperti burung beo) harus dipertimbangkan jika burung masteran harus memiliki karakteristik seperti kacer, murai batu, dan anis merah, sehingga tidak ada suara mati yang muncul ( suara yang akhirnya membuat burung bosan saja).

5. Untuk burung cucak hijau waktu yang tepat dan efektif untuk memaster adalah ketika burung mengalami embrio atau yang ditandai dengan jatuhnya 1-2 bulu ekor sayap.

6. Meskipun pintar untuk merekam suara di sekitarnya burung cucak hijau dengan cepat akan melupakan suara setelah mengubah lingkungan atau tidak melekat pada burung master. Ini perlu menjadi perhatian khusus.

Cara Merawat Burung Cucak Ijo Untuk Pemula

Itulah informasi mengenai metode cucak hijau secara efektif parroting, meskipun ada juga berbagai cara dan metode yang digunakan tetapi semuanya untuk tujuan pemahaman dan pengetahuan terutama untuk pemula.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar