Skip to main content

Harga Pasaran Burung Beo Anakan, Bakalan Dan Dewasa


Harga Burung Beo - Burung Beo merupakan burung pintar yang dapat merekam kata maupun kalimat manusia, berikut kami hadirkan daftar harga burung beo lokal dan import.

Burung beo atau dikenal dengan nama “Mamiang” dan “Tiong Emas” merupakan jenis burung kicau yang masih berkeluarga dengan jalak (Sturnidae). Persebaran burung ini meliputi daerah india, srilanka, himalaya, sumatra, jawa, semenanjung indocina dan kepulauan sunda. Dipasaran burung ini memiliki banyak sekali nama lokal seperti beo nias, beo papua dan lainnya.

Beo merupakan burung unik yang cukup banyak diburu di Indonesia bagi para pecinta burung. Beo memiliki keunikan tersendiri dibandingkan burung pada umumnya, yaitu kemampuan Beo menirukan suara manusia. Burung ini mampu dilatih untuk dapat menirukan apa yang diucapkan manusia.

Keunikan Burung Beo

Daya tarik burung Beo ada pada suaranya. Bahkan ia mampu menirukan suara persis manusia jika dilatih dengan baik. Ia juga memiliki ingatan yang kuat, sehingga dua keunikan dasar inilah yang menjadikan burung Beo populer di Indonesia

Burung Beo sendiri termasuk kelompok Omnivora atau pemakan segala. Tak hanya buah dan serangga, ia juga mampu memakan nektar dari bunga yang ia hinggapi. Karena termasuk kelompok Omnivora, maka memelihara burung Beo tidaklah sulit. Sebab ia dapat makan dari jenis buah apapun, misalkan pepaya, melon, pisang, dan buah-buah lain.

Kenapa Burung Beo Bisa Bicara

Burung beo memiliki lidah yang unggul dibanding burung lain. Suara khas dan kemampuannya meniru suara manusia berasal dari lidahnya. Suara pada burung beo dihasilkan dari laring atau pangkal tenggorokan, dan suara dapat diubah sesuai dengan gerakan lidah.

Kemampuan bicara ini akan semakin baik jika dilatih terus-menerus oleh pemiliknya. Kemampuan pada burung beo ini membuat Gabriel Beckers dan teman-temannya dari Universitas Leiden, Belanda melakukan sebuah penelitian untuk membuktikan apakah proses penghasilan suara pada burung beo memang sama dengan manusia.

Mereka menemukan bahwa pergerakan lidah burung beo mampu menimbulkan perbedaan besar pada kualitas suara burung beo sendiri. Perbedaan tersebut lebih besar daripada huruf vocal “a” dan “o” yang biasa diucapkan manusia.

Jenis - Jenis Burung Beo

01. Burung Beo Nias
02. Burung Beo Medan (Sumatra)
03. Burung Beo Mentawai
04. Burung Beo Jawa
05. Burung Beo Flores
06. Burung Beo Kalimantan
07. Burung Beo Papua
08. Burung Beo Sunda (Kep. Sunda)
09. Burung Beo Sri Lanka
10. Burung Beo Bastar (India)
11. Burung Beo Pelawan (Filipina)
12. Burung Beo Indocina
14. Burung Beo Nekobar
15. Burung Beo Putih (Albino)

Perbedaan Burung Beo Jantan Dan Betina

Untuk menjodohkan burung beo, terlebih dahulu Anda harus mengetahui jenis kelaminnya. Sekilas, kedua jenis burung ini memang tampak begitu mirip. Untuk mengetahui perbedaan keduanya, Anda bisa menyimak beberapa cara membedakan beo jantan dan betina berikut ini.

1. Cara Berdiri Burung Beo

Beo betina umumnya berdiri dengan tubuh tegak dan kepala yang menengadah. Sementara itu, beo jantan cenderung lebih kerap menunduk atau membungkukkan tubuhnya. Perbedaan cara berdiri tersebut terjadi karena bobot tubuh beo jantan yang memang lebih berat daripada beo betina.

2. Postur Tubuh Burung Beo

Dengan umur yang sama, beo jantan umumnya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari beo betina. Saat disandingkan, Anda dapat melihat perbedaan keduanya. Beo jantan tampak lebih lebar dan berat, sementara beo betina terlihat lebih ramping dan ringan.

3. Bentuk Kepala Burung Beo

Sebagaimana postur tubuhnya, beo betina umumnya memiliki bentuk kepala yang agak kecil. Bagian belakang kepalanya berbentuk sudut yang landai. Sementara itu, bentuk kepala beo jantan biasanya lebih besar. Di bagian belakang kepala, Anda bisa melihat lengkungan sudut yang mendekati bentuk siku-siku.

Selain ukuran kepala, ukuran mata kedua beo tersebut juga berbeda. Beo jantan memiliki ukuran mata yang lebih lebar daripada mata beo betina.

4. Bentuk Paruh Burung Beo

Jika dilihat dengan saksama, bentuk paruh antara beo jantan dan betina itu berbeda. Beo jantan memiliki paruh yang cukup besar, kuat, dan pendek. Sementara itu, paruh beo betina biasanya lebih ramping dan panjang.

Agar lebih mudah, Anda bisa membandingkan kedua ukuran paruh beo tersebut dari sisi depan dan samping. Dari sisi depan, paruh beo jantan tampak lebih lebar. Sementara dari sisi samping, paruh beo betina tampak lebih panjang.

5. Jengger Burung Beo

Selain memiliki warna bulu yang hitam legam di seluruh permukaan tubuhnya, salah satu ciri khusus yang dimiliki beo adalah keberadaan jengger berwarna kuning yang melingkar di sekeliling kepala. Apabila dilihat dengan cermat, Anda bisa mendapati perbedaan bentuk jengger pada beo betina dan jantan.

Pada beo betina, jengger umumnya berwarna kuning terang. Di sisi samping mata, Anda juga bisa melihat jengger beo betina yang membentuk segitiga sempurna. Sementara itu, jengger pada beo jantan biasanya memiliki warna kuning yang lebih gelap, serta memiliki bentuk segitiga yang tidak beraturan.

6. Kloaka Burung Beo

Cara lain untuk memeriksa apakah beo yang Anda pelihara merupakan beo jantan atau betina adalah dengan mengecek kloaka atau lubang saluran pembuangannya. Jika beo tersebut jantan, Anda akan mendapati benjolan pada kloaka. Sementara apabila beo tersebut betina, kloaka akan terlihat halus atau rata tanpa benjolan.

Lubang kloaka di antara keduanya pun berbeda. Beo betina umumnya memiliki ukuran lubang yang lebih lebar dari beo jantan.

7. Perilaku Burung Beo

Selain lebih cerewet, beo betina kerap memiliki nafsu makan yang lebih besar dari beo jantan. Meskipun demikian, volume suara yang dihasilkan beo jantan tetap lebih keras dari beo betina.

Saat dilatih berbicara, beo betina juga lebih mudah menirukan bunyi-bunyi rekaman. Jadi, durasi waktu yang dibutuhkan untuk menguasai kata-kata tertentu umumnya lebih pendek dari beo jantan.

Jenis Dan Harga Burung Beo

No. Jenis Burung Harga Burung
01 Harga Beo Nias Rp 1.450.000 - Rp 1.750.000
02 Harga Beo Medan (Sumatra) Rp 1.450.000 - Rp 1.750.000
03 Harga Beo Mentawai Rp 1.300.000 - Rp 1.750.000
04 Harga Beo Jawa Rp 1.350.000 - Rp 2.500.000
05 Harga Beo Flores Rp 1.250.000 - Rp 2.000.000
06 Harga Beo Kalimantan Rp 1.650.000 - Rp 3.000.000
07 Harga Beo Papua Rp 1.550.000 - Rp 2.500.000
08 Harga Beo Sunda (Kep. Sunda) Rp 2.750.000 - Rp 4.000.000
09 Harga Beo Sri Lanka Rp 4.500.000 - Rp 6.000.000
10 Harga Beo Bastar (India) Rp 5.250.000 - Rp 6.000.000
11 Harga Beo Pelawan (Filipina) Rp 2.500.000 - Rp 3.750.000
12 Harga Beo Indocina Rp 3.750.000 - Rp 4.500.000
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar