Skip to main content

Cara Membuat Burung Cucak Ijo Rajin Berkicau Tanpa Kerodong


Banyak kicaumania memelihara burung cucak ijo sejak bakalan, beberapa dari mereka mengeluh gaconya hanya rajin berbunyi ketika saat dikerodong saja. Tapi kalau kerodong dibuka burung cenderung diam tidak mau berkicau, berikut adalah tips untuk burung cucak yang rajin rajin meski tak dikerodong. Burung cucak ijo yang hanya rajin berkicau saat dikerodong bisa disebabkan oleh berbagai faktor termasuk kebiasaan pemiliknya,  pemiliknya selalu ingin mendengar kicauan cucak ijonya dengan membiarkan jagoannya di kerodong terus-menerus saat berkicau. Faktor lainnya adalah burung itu terlalu giras, agar lebih tenang dan mau berkicau lalu pemiliknya menggunakan kerodong. Tentu ada banyak faktor lain yang membuat kita harus mengerodong kandang, misalnya karena lingkungannya terlalu ramai atau kebetulan Anda juga memelihara cucak ijo lainnya.

Karena faktor kebiasaan cucak ijo akan menjadi terbiasa berkicau jika kandang dikerodong, karena pada saat itu burung terasa aman dan nyaman sehingga merangsang untuk lebih rajin melepaskan kicauannya. Untuk menyingkirkan kebiasaan tersebut Anda harus melanggar peraturan yang telah dijalankan yaitu membiarkan burung tanpa dikerodong selama beberapa hari atau beberapa minggu, dengan begitu secara tidak langsung kita juga bisa melatih secara mental sehingga burung ingin berkicau meski tanpa dikerodong.

Pada tahap awal pelatihan singkirkan kerodongnya untuk sementara waktu dan gantang burung di tempat yang sepi, agar burung merasa nyaman berikan tambahan pakan atau makanan ekstra (EF) secukupnya. Jika Anda memberi buah pisang sebaiknya dioleskan dulu dengan madu sebelum diberikan pada burung, pada masa awal burung mungkin enggan mengeluarkan suaranya. Tapi kalau secara rutin Anda menyediakan makanan berprotein tinggi seperti jangkrik, ulat hongkong atau kroto, serta buah bervariasi, maka cucak ijo akan terpancing untuk mengeluarkan suaranya.

Setelah burung ingin berbunyi meski tidak serajin saat kandang dikerodong, tahap selanjutnya menanamkan keberanian atau mental dengan cara menggantang kandang di tempat yang lebih ramai. Yang paling umum adalah menggantang kandang di teras atau depan rumah yang banyak di lalui aktivitas manusia.

Selama pelatihan cucak ijo masih diberi makan buah yang beragam, pada tahap ini burung mungkin takut dan merasa tidak nyaman dengan kondisi lingkungan sekitar sehingga masih enggan berbunyi. Tapi jika Anda bertahan dan tetap membiarkannya tanpa dikerodong, maka lama kelamaan burung cucak ijo akan mengeluarkan suara kicauannya.

Jika perawatan dan latihan dilakukan secara rutin maka dalam waktu yang tidak terlalu lama burung cucak ijo menjadi lebih terbiasa dengan situasi dan kondisinya, sehingga ia akan mulai merasa nyaman dan akhirnya ingin mengeluarkan suara kicauannya dengan rajin meski tanpa dikerodong.

Yang terpenting dari perawatan di atas adalah Anda harus membiasakan diri untuk tidak memberikan kerodong saat ingin mendengar suara kicau cucak ijo, selain melatih burung untuk menjadi gacor tanpa dikerodong juga bisa membantu proses penjinakan jika burung tersebut masih dalam keadaan giras.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar