Skip to main content

Racikan Ubi Jalar Dan Wortel Sebagai Pakan Burung Kenari

makan racikan kenari

Salah satu cara untuk merawat dan memelihara warna bulu kenari tetap cantik dan tidak mudah kusam adalah dengan menyediakan makanan alami yang mengandung beta karoten seperti ubi jalar dan wortel, untuk proses pembuatanya berikut adalah tip untuk mencampur ubi jalar dan wortel sebagai pakan yang berguna untuk burung kenari. Karotenoid adalah pigmen organik yang ditemukan pada kloroplas dan kromoplast tanaman serta kelompok organisme lainnya, zat ini juga berperan penting dalam pembentukan warna pada bulu burung kenari. Semakin sering burung mengkonsumsi pakan yang mengandung zat ini semakin terjaga juga keindahan warna dan bulu.

Beta karoten adalah salah satu karotenoid yang paling berguna untuk merawat bulu burung kenari agar tetap cerah dan tidak mudah kusam, zat ini banyak terdapat pada ubi jalar dan wortel. Bahkan memberikan jenis pakan tersebut secara teratur dapat membantu mengembalikan kenari yang kurus atau dada nyilet serta mempercepat pemulihan kondisi burung kenari yang tertekan, tidak hanya diberikan dalam bentuk mentah saja, ubi jalar dan wortel juga bisa diformulasikan menjadi pakan kaya nutrisi.

Berikut adalah cara mencampur racikan ubi jalar dan wortel sebagai pakan tambahan yang berguna untuk kenari.

Bahan-bahan yang digunakan:
1. 1 buah ubi jalar. Pilihlah ubi yang berwarna oranye lebih tua karena makin gelap warnanya, makin tinggi pula kandungan beta karotennya.
2. 1 buah wortel.
3. 24 butir kacang pistachio yang telah dikupas kulitnya.

Proses pembuatan racikan pakan kenari :

1. Sebenarnya resep awal pakan racikan ini menggunakan ubi dan wortel mentah, namun banyak kenari mania yang menganjurkan agar kedua bahan itu sebaiknya direbus dulu agar lebih mudah dicerna oleh burung.
2. Setelah direbus, ubi jalar dikupas kulitnya dan dipotong kecil-kecil.
3. Masukkan potongan ubi jalar dan wortel ke dalam mesin food processor atau blender.
4. Kacang ditumbuk hingga menjadi serbuk kemudian dicampur bersama bahan-bahan lainnya.
5. Semua bahan diproses agar menjadi pakan yang siap saji.
6. Pakan racikan ini disajikan dalam cepuk terpisah, apabila burung kenari teratur mengkonsumsinya setiap beberapa hari sekali maka warna-warna bulunya menjadi lebih tegas, cerah, dan tidak mudah kusam.
Namun perlu diingat jangan beri racikan makanan ini berlebihan, karena bisa membuat burung bisa  rentan kelebihan berat badan. Tapi untuk terapi pemulihan kurus dan dada nyilet, makanan racikan ini bisa diberikan setiap hari.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar