Skip to main content

Cara Merawat Anis Merah Trotolan Agar Cepat Ngeplong


Meski kelas burung anis merah dalam berbagai persaingan yang semakin sepi, tidak berarti burung yang sudah populer di penghujung tahun 1990an telah ditinggalkan kicaumania. Masih banyak penggemar burung anis merah. Bahkan tak sedikit dari mereka yang berhasil mengangkarnya, selain lebih cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, mudah dijinakkan, dan lebih mudah dalam perawatan sehari-hari, membeli burung penangkaran berarti membantu peternak dalam mengembangkan bisnis mereka, serta menekan laju perdagangan burung yang ditangkap dari alam. Untuk burung anis merah trotolan agar suara ngeplong bunga cepat, maka perawatan sehari-hari harus dilakukan dengan tepat.  Dengan mengamati kebiasaan makannya sementara di alam liar, kicaumania bisa menggabungkannya dalam perawatan sehari-hari.

Seperti diketahui, burung anis merah di alam liar sering menemukan pakan dalam bentuk cacing tanah, burung anis merah yang dipelihara di kandang umumnya diberi makanan tambahan (EF) berupa jangkrik dan kroto. Untuk hasil maksimal perawatan ini harus memperhatikan pola perawatan lainnya seperti mandi, pejemuran dan pemasteran. Kombinasi dari perawatan ini bisa menghasilkan burung anis merah yang benar-benar lincah, cerdas, dan rajin berkicau.

Berikut ini adalah cara memberi makan burung anis merah :
1. Kroto segar bersih diberikan setiap pagi dan sore hari secukupnya.
2. Penyajian kangkrik 2-3 ekor diberikan setelah burung tersebut dimandikan.
3. Sebelum di jemur burung diberi cacing tanah kecil yang telah dipotong kecil-kecil. Jenis cacing yang digunakan harus seperti yang dijual di banyak toko pakan burung. Kicaumania menyebut cacing plungker .
4. Buah-buahan hanya diberikan sebagai pakan tambahan untuk melengkapi nutrisi.

Bentuk pengobatan yang juga harus mendapat perhatian adalah sebagai berikut:
1. pengembunan dilakukan pagi-pagi sekali terutama saat fajar.
2. Rajin memandikan burung meski hanya sebatas penyemprotan dengan mempertimbangkan faktor suhu dan cuaca.
3. Penjemuran tidak terlalu berlebihan dengan durasi kurang dari 1 jam.
4. Pemasteran dilakukan di pagi hari setelah penjemuran, dan pada siang hari saat burung tersebut sedang beristirahat.
5. Penyediaan multivitamin seperti BirdVit sangat dibutuhkan untuk menjaga agar kondisi burung anis merah agar tetap sehat dan aktif.

Pemberian pakan memiliki banyak manfaat terutama untuk membantu pertumbuhannya sehingga burung anis merah trotolan lebih cerdas dan mampu menguasai suaranya dengan cepat masterannya. Cara mandi bisa disemprot dengan lancar dengan semprotan tangan, tapi perhatikan juga kondisi suhu dan cuaca saat itu.

Setelah burung anis merah trotolan mulai agresif dan bisa terbang mondar-mandir, kita bisa memandikannya di karamba. Jika sulit memancing burung ke dalam karamba, kita bisa memegangnya lalu letakkan burung itu ke dalam karamba. Hal lain yang penting dalam perawatan burung anis merah trotolan  dengan memberikan waktu istirahat yang cukup. Hal ini bisa dilakukan dengan memberi kerodong penuh di malam hari. Pengkerodongan bisa membuat burung lebih awet staminanya, dan terhindar dari gangguan serangga dan gigitan nyamuk.

Dengan melakukan perawatan rutin ini, maka burung anis merah trotolan akan menjadi lebih gesit, aktif, dan lebih rajin berbunyi dengan suara ngeplong. Jika sudah demikian, tahap ngerol sudah satu langkah lagi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar