Skip to main content

Cara Merawat Lovebird Muda Yang Jarang Berbunyi


Beberapa individu lovebird yang di pelihara hanya diam saja terutama lovebird muda berusia 3 - 7 bulan, jika kebetulan Anda memiliki lovebird muda yang kurang aktif atau jarang berkicau maka sebaiknya segera ubah pola makan dalam perawatan sehari-hari. Berikut tips perawatan lovebird muda yang kurang aktif atau jarang berbunyi, saat berusia 5 bulan lovebird mulai mendekati masa dewasa. Pada usia ini burung cenderung mudah  bicara, aktif, dan mulai terdengar rajin, bagaimana jika burung terlihat kurang aktif, kurang rajin suara, atau jarang berbunyi

Ada beberapa faktor yang menyebabkan Lovebird muda kurang aktif dan jarang berbunyi antara lain:

1. Pakan yang di berikan tidak lengkap.
2. Tambahan pakan yang membuat burung cenderung malas.
3. Burung kurang mandi.
4 Burung kurang tmendapatkan sinar matahari.
4. Birahi secara genetika kurang.

Untuk mengatasinya hal pertama yang bisa anda coba adalah dengan mengganti menu pakan, pakan utama harus diberikan dalam bentuk oplosan terdiri dari :

1. 1.000 gram milet putih
2. 100 gram milet berwarna merah
3. 100 gram jewawut merah
Catatan: Porsi per komponen pakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dengan proporsi yang sama.

Semua pakan biji-bijian dicuci terlebih dahulu dengan air bersih sebelum digunakan, tujuan pencucian untuk memastikan pakan benar-benar bersih dari bakteri, cacing, dan kotoran yang bisa mengganggu pencernaan organ burung. Pencucian bersih harus dilakukan jika Anda membeli pakan dalam kiloan, karena sering saat membersihkannya dengan air bersih kita akan menemukan kotoran berupa pasir kecil, kotoran tikus, bibit yang rusak, kutu, dan sebagainya.

Pakan tambahan bisa menjadi jagung muda manis atau jagung sayur, pemberian kangkung di hentikan sementara karena sebagian besar pecinta lovebird berpikir memberi kangkung pada burung muda cenderung membuat burung sering malas. Sebagai gantinya Anda bisa memberi biji bunga matahari atau kuaci sebanyak 5-10 biji, pakan ini bisa diberikan beberapa kali dalam seminggu.

Bagi lovebird yang malas berbunyi dan kurang aktif frekuensi mandi bisa ditambahkan, misalnya setiap 1-2 jam. Durasi penjemuran juga bisa di tambah. Untuk menjaga stamina burung sehingga memiliki cukup energi untuk bergerak dan mengeluarkan suara jangka panjang, beri multivitamin seperti BirdVit 2-3 kali seminggu.

Dengan perawatan seperti ini maka dalam waktu sekitar 1-2 minggu akan terlihat perbedaan performa lovebird muda Anda. Burung yang relatif lebih aktif dan rajin bunyi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar