Skip to main content

Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Kenari Dari Bentuk Fisik Dan Prilaku


Masih ada banyak kicaumania kebingungan dalam mengidentifikasi jenis kelamin pada burung kenari, sebenarnya kita bisa membedakannya dengan pengamatan fisik dan tingkah laku. Sebagai panduan bagi anda yang ingin berburu kenari baik untuk dipelihara dan di ternak. Berikut cara untuk membedakan burung kenari jantan dan betina melalui pengamatan fisik dan tingkah lakunya. Burung kenari adalah salah satu spesies burung kicaumania yang paling populer dan terpelihara dengan baik di dalam dan di luar negeri, warna bulu yang indah dan suaranya menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang untuk memilikinya.

Selama ini burung kenari yang paling dicari adalah jenis kelamin jantan karena memiliki kicauan suara yang lebih bervariasi, padahal tidak mudah memilih kenari jantan apalagi kalau tidak diberi perawatan yang memadai. Untuk kicaumania pemula membedakan kenari jantan dan betina dianggap sebagai masalah dan merepotkan, bahkan kicaumana yang berpengalaman bisa salah dalam mengidentifikasi jenis kelamin burung kenari.

Sebagai panduan untuk coba gunakan dua metode pengamatan berikut, kedua metode tersebut adalah pengamatan fisik dan pengamatan perilaku.

1. Membedakan Jenis Kelamin Kenari Melalui Pengamatan Fisik

Membedakan jenis kelamin kenari melalui pengamatan fisik lebih mudah saat burung berusia 7 bulan atau lebih, pada usia itu kenari telah mencapai usia dewasa,di mana organ reproduksi mulai berfungsi.

Beberapa fitur fisik yang bisa diamati untuk menentukan jenis kelamin pada kenari meliputi :
A. Burung kenari umumnya memiliki pose yang lebih ramping, atletis, dan lebih tegak.
B. Burung kenari umumnya memiliki tubuh dan kepala yang lebih kecil dan bulat.
C. Bulu pada kenari jantan tampak lebih kencang dan lebih terang dari kenari betina.
D. Begitu burung memasuki usia siap kawin, bedanya menjadi lebih jelas, antara lain kenari jantan terlihat lebih sering memberi makan burung kenari betina melalui paruhnya.
E. Burung kenari jantan cenderung lebih agresif sedangkan kenari betina menghabiskan waktu mengumpulkan bahan sarang dan menyusun sarangnya.
F. Kloaka pada kenari betina terlihat membengkak kemerahan terutama jika sudah siap untuk dikawinkan, kloaka di kenari jantan terlihat lebih menonjol.

2. Membedakan Jenis Kelamin Kenari Melalui Pengamatan Prilaku

Burung kenari betina yang sudah mencapai usia dewasa akan menunjukkan perilaku yang cukup unik saat mendengar suara kicauan kenari jantan, perilaku yang muncul pada kenari betina saat mendengar kicauan kicau jantan antara lain:

A. Membungkukkan badan sambil mengangkat kepala dan ekor
B. Menggetarkan kedua sayap dan kloakanya.

Tidak seperti kenari jantan yang memiliki suara kicauan yang bervariasi, kenari betina umumnya hanya mengeluarkan suara panggilan. Suara itu bisa kita dengar sebagai suara cuitan saja, meski begitu ada juga burung kenari betina yang memiliki kemampuan berkicau seperti kenari jantan. Biasanya hal itu terjadi pada kenari betina yang sudah cukup mapan, tapi suaranya tidak akan selantang dan bervariasi seperti burung kenari jantan.

Suara kenari betina cenderung ngerol dilagukan dengan durasi pendek dan sering pecah pecah, inilah yang sering membuat kicaumania keliru terutama pemula sehingga kenari yang diamatinya berjenis kelamin jantan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar