Beberapa Fakta Menari Tentang Burung Kenari Lizard Yang Patut Di Ketahui
Beberapa Fakta Menari Tentang Burung Kenari Lizard Yang Patut Di Ketahui

Beberapa Fakta Menari Tentang Burung Kenari Lizard Yang Patut Di Ketahui

kenari lizard ini sering dianggap sebagai salah satu jenis kenari yang lebih istimewa dibanding jenis lainnya, jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia lizard berarti cicak. Penyebutan mengacu pada motif bulu burung seperti cicak, sebagai jenis kenari khusus ada beberapa fakta menarik dan unik seputar burung kenari lizard. Kenari lizard sudah lama di kenal kicaumania di Indonesia, selain warnanya yang unik suara kicauan pun tak kalah bagus dibanding kenari kenari lainnya yang populer.

ciri ciri kenari lizaRD

Burung kenari lizard ini sering dianggap sebagai salah satu jenis kenari yang lebih istimewa dibanding jenis lainnya, jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia lizard berarti cicak. Penyebutan mengacu pada motif bulu burung seperti cicak, sebagai jenis kenari khusus ada beberapa fakta menarik dan unik seputar burung kenari lizard. Kenari lizard sudah lama di kenal kicaumania di Indonesia, selain warnanya yang unik suara kicauan pun tak kalah bagus dibanding kenari kenari lainnya yang populer.

Inilah beberapa fakta unik dan menarik tentang burung kenari lizard yang layak Anda ketahui :

1. Sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu
Banyak orang yang menyebut kenari lizard termasuk fosil hidup karena sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, deskripsi kenari lizard telah diterbitkan sejak 1742 namun telah dikembangkan di Prancis sejak awal 1700-an.

2. Bukan burung kenari yang umum
Burung kenari lizard menjadi satu-satunya kenari kenari yang tidak biasa dan tidak termasuk dalam kelompok kenari warna, postur, atau penyanyi, kenari lizard lebih di anggap sebagai burung kenari motif  karena di kenal dari pola pola warna bulunya.

3. Termasuk burung hias yang mewah
Meski memiliki kicauan yang menarik, burung kenari lizard ini lebih dianggap sebagai burung hias mewah terutama karena motif bulunya sangat kontras.

4. Struktur warna yang berbeda
Warna dasar kenari lizard sangat berbeda dengan jenis kenari lainnya, terutama dari rona dan intensitas. Hal utama disebabkan oleh kombinasi struktur bulu, dasar gelap, dan metabolisme yang tidak biasa dari pigmen warna burung kenari lizard.

5. Pigmen hitam menyebar ke seluruh tubuh
Dibandingkan dengan jenis kenari lainnya, burung kenari lizard memiliki pigmen hitam yang tersebar di seluruh tubuhnya mulai dari bulu, sayap, ekor, kaki, dan kuku. Kualitas pigmen hitam membentuk warna gelap yang lebih tajam.

6. Sejak dari dulu penampilannya belum pernah berubah
Sejak pertama kali dikembangkan sampai sekarang burung kenari lizard masih memiliki bentuk seperti aslinya, meski kini ditemukan berbagai varietas seperti spangles, gold dan silver, penampilannya cenderung tidak berubah dan tetap pada ciri indentiknya yaitu topi.

7. Setiap individu mengalami perubahan yang luar biasa
Kenari lizard adalah contoh klasik dari kisah itik buruk rupa yang berubah menjadi angsa cantik, setelah menginjak dewasa burung kenari lizard memiliki penampilan seperti burung gereja. Tapi setelah menyelesaikan mabung pertamanya, penampilannya akan berubah total dan menjadi jauh lebih cantik.

8. Sangat Mudah Mengetahui Usianya
Sangat mudah untuk mengetahui umur seekor burung kenari lizard, hanya dengan mengamati penampilannya. Burung yang berumur lebih dari 1 tahun atau telah melewati mabung kedua, bisa dikenali dari bercak putih yang ada di ujung sayap dan ekor.

9. Mudah Di Ketahui Jenis Kelaminnya
Pada jenis kenari lainnya identifikasi jenis kelamin sulit dilakukan saat melihat penampilan saja, hal yang sebaliknya terjadi pada burung kenari lizard. Burung jantan dan betina mudah dibedakan dengan penampilan fisiknya.

10. Mudah dibudidayakan atau di ternak
Banyak peternak menganggap burung kenari lizard sebagai burung yang aktif dan subur, selain mudah perawatannya kenari lizard juga mudah dibudidayakan atau di ternak. Tak heran burung ini bisa bertahan selama ratusan tahun.

11. Pernah hampir punah
Sebelum populer seperti sekarang, burung kneari lizard pernah dianggap hampir punah pada awal 1900-an. Ini adalah hasil dari Perang Dunia I dan II serta wabah yang melanda dunia saat itu. Pada pertengahan 1940-an, beberapa pasang kenari lizard yang masih hidup kemudian dicari untuk di kembangbiakan.

Itu adalah beberapa fakta menarik dan unik tentang burung kenari lizard.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.