Skip to main content

Cara Mengatasi Burung Pleci Yang Mengalami Over Birahi

mengatasi pleci over birahi

Burung yang mengalami over birahi umumnya dialami oleh burung yang di pelihara dalam kandang, hal ini terjadi akibat ketidakcocokan antara kondisi fisiologi burung pada saat itu dengan kondisi luar yang diterima, seperti pakan, lingkungan sekitar, termasuk adanya burung sejenis. Semua jenis burung kicau yang dirawat manusia di dalam kandang bisa mengalami over birahi, jika memang dialami oleh burung rumahan pemiliknya biasanya tidak terlalu gelisah. Tapi kalau itu terjadi pada burung yang akan di lombkan, pemilik pasti kesal karena hal itu mempengaruhi penampilan mereka di lapangan bahkan burung pun kerap tidak mau tampil.

Burung pleci yang mengalami over birahi biasanya menjadi banyak tingkah atau nakal, berikut beberapa perilaku umum lainnya yang sering terjadi pada burung pleci yang mengalami over birahi :

1. Burung tidak mau diam atau sering lompat-lompat pada tenggeran, gelisah dan bisa berlaku agresif.
2. Burung sering mengepak ngepakkan sayapnya sambil berkicau.
3. Jika bertemu atau didekatkan dengan pleci lainnya dia cenderung bersuara ngeriwik sambil menggerak-gerakkan kepala dan badannya.

Jika kondisi itu dibiarkan maka performa pleci yang mengalami Over Birahi makin merosot, burung yang tadinya gacor akan berkurang kegacorannya. Pleci yang semula rajin ngalas, ngerol sambil buka paruh, maka akan berubah menjadi lebih sering ngeriwik, loncat-loncat sambil memanggil-manggil.

Berikut tips mengatasi burung pleci yang sedang mengalami over birahi :
1. Rutin mandi pleci baik dengan menyediakan bak mandi di dalam sangkar atau menyemprotnya dengan semprotan, burung pleci juga bisa menjalani terapi mandi malam.

2. Kurangi pemberian makanan tambahan dalam hal ini hongkong dan cacing kroto, rutin memberi EF buah segar seperti pepaya, mentimun, jeruk, dan tomat. Buah ini bisa membantu mengurangi over birahi

3. Mendekatkan atau mengkolonikan pleci yang over birahi dengan pleci lain, namun untuk sementara jangan dekatkan dulu dengan pleci betina karena hal itu bisa membuat pleci makin tergantung pada betinanya. Setelah mulai menunjukkan sikap tenang dan tidak menunjukkan perilaku Over Birahi, maka pleci bisa dipisahkan dari koloni lagi dan mulai diberi perawatan sehari-hari seperti biasa.

Itulah beberapa tips bagaimana cara mengatasi burung pleci yang mengalami over birahi, sehingga bisa kembali ke arena perlombaan dengan tampilan yang umumnya lebih maksimal.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar