Skip to main content

Cara Membuat Burung Anis Merah Dan Anis Kembang Mabuk


Banyak penggemar anis merah  dan anis kembang yang kesal karena burung masih ngeriwik tidak mau ngeplong, jadi terlintas dalam pikiran mereka jika burung itu betina. Kali ini ingin membagikan tip merawat burung anis merah yang semula macet menjadi rajin berkicau.

Cara ini berlaku untuk burung anis merah dan burung anis kembang :
1. Sore menjelang malam anis merah dan anis kembang dikerodong untuk beristirahat sejenak.
2. Sekitar pukul 20.00 – 21.00 mandikan burung lalu diangin- anginkan.
3. Selama diangin-anginkan berikan 1 ekor cacing tanah yang sudah dipotong menjadi dua bagian.
4. Setelah bulu tubuhnya kering burung kembali dikerodong dan dibiarkan beristirahat sampai pagi.
5. Sekitar pukul 04.00 – 05.00 sangkar burung dibawa ke luar, buka kerodong dan berikan dua ekor cacing tanah lalu gantang sangkar agar terkena embun pagi.

Perlakuan ini biasanya akan membuat anis merah dan anis kembang jantan akan segera ngeplong, sedangkan burung betina langsung mendecir dan dari situlah kita bisa ketahuan apakah anis merah dan anis kembang berkelamin jantan atau betina. Jika benar burung yang dipelihara jantan, Anda bisa meneruskannya dengan rawatan harian seperti biasanya atau bisa juga tetap melakukan cara ini seminggu 2 – 3 kali.

Untuk penggantangan saat fajar hasilnya akan lebih afdol jika kandang digantung di sebatang pohon di kebun, memungkinkan burung tersebut memiliki pandangan yang luas ke segala arah. Tapi ini tidak perlu dipaksakan, disesuaikan dengan kondisi di lingkungan masing-masing. Selain itu harus diwaspadai adanya semut yang bisa mengganggu burung, semoga dengan cara diatas burung yang sempat ngeriwik bisa langsung ngeplong.

Sedangkan untuk perawatan standar / harian ikuti beberapa tip berikut ini :
1. Mandi dan penjemuran harus dilakukan setiap hari.
2. Berikan makanan ekstra (EF) seperti jangkrik 3 ekor pagi dan sore setiap hari, diselingi cacing tanah 1 - 2 ekor
3. Lakukan pemasteran dan hal-hal lain yang bermanfaat bagi burung.
4. Jangan lupa memberi multivitamin minimal seminggu sekali.

Jika burung anis merah dan anis kembang sudah rajin berbunyi dan seiring dengan bertambahnya usiamaka bertambah juga kegacorannya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar