Skip to main content

Cara Merawat Kondisi Burung Kacer Supaya Tampil Maksimal

burung kacer tampil maksimal

Di alam liar burung kacer dewasa jantan akan selalu menjaga wilayahnya dari kehadiran burung kacer jantan lainnya, untuk itu dia akan mengusir rivalnya dengan mengeluarkan suara terbaik yang menakut-nakuti lawan lawannya bahkan untuk bertarung dalam arti sebenarnya. Karakter tempur itu juga akan terjadi saat burung kacer berada dalam perawatan manusia yang disimpan dalam kandang, apalagi jika di dalam rumah ada dua atau lebih burung sejenis. Karakter lebih terasa saat burung kacer mengikuti lomba kicauan burung. tips menjaga agar kondisi burung kacer bisa tampil maksimal. Seperti diketahui tidak semua penggemar aktif memperlombakan burung kacernya, \ bahkan banyak kacermania yang memelihara burung ini untuk hiburan di rumah, Lain halnya dengan para pemain kacer, mereka akan selalu menerapkan perawatan khusus menjelang lomba agar burung bisa tampil maksimal di lapangan dan jangan sampai ciut nyali saat bertemu dengan puluhan burung sejenis.

Itulah sebabnya ada perbedaan bagaimana perawatan plomba dan perawatan rumah, burung kacer rumahan akan mendapatkan pola perawatan yang bisa meningkatkan birahi untuk selalu rajin sepanjang hari. Burung lomba akan selalu dijaga birahi setiap hari dan mulai membaik menjelang perlombaan. Selain pola perawatan umum kacermania harus tahu bagaimana menjaga agar kondisi burung selalu dalam kondisi siap  dan bisa tampil lebih maksimal baik sebagai kburung rumahan maupun sebagai burung lomba.

Berikut beberapa tip untuk menjaga kondisi burung kacer rumahan dan burung lomba agar selalu tampil maksimal :

1. Memelihara lebih dari satu burung kacer
Tak sedikit kicaumania yang memelihara lebih dari dari satu kacer di rumahnya dan hal ini tentu sah dilakukan, tapi penting juga untuk memahami karakter dan sifat burung ini seperti yang dijelaskan pada awal penulisan karena burung kacer memiliki sifat burung teritorial. Dia akan merasa tidak nyaman untuk melihat burung jantan lain di dekatnya, oleh karena itu jika Anda memeliharan lebih dari satu di rumah jangan menggantung sangkar saling berdekatan. Bila dua burung teritorial berada di satu area kemungkinan salah satu dari mereka akan ngedrop mental bahkan bisa macet bunyi.

Hal yang sama juga bisa terjadi pada burung kacer biasa yang di lombakan, jika kacer terlalu sering melihat burung jantan lain di dekatnya maka ia cenderung mengalami penurunan performa alias tidak bisa tampil maksimal saat sedang diperlombakan. Tapi untuk meningkatkan penampilannya apalagi menjelang lomba, Anda boleh saja mendekatkan kacer andalan dengan kacer unthulan yang kualitas suara dan mentalnya tidak terlalu bagus. Ini dapat membangkitkan semangat kacer yang biasa dilombakan.

Setelah memahami sifat dan karakter burung yang sesungguhnya kita bisa menggantung setiap burung pada jarak yang sangat jauh, bahkan jika Anda tidak memiliki ruangan yang besar Anda bisa menggantung kandang dengan cara membuat pemisah untuk sangkar burung.

2. Menjaga ketersediaan pakan
Selalu menjaga ketersediaan pakan menjadi salah satu cara agar kondisi burung tetap prima baik sebagai burung rumahan maupun burung lomba, pemberian makanan yang tepat dapat membantu meningkatkan birahi dan meningkatkan stamina tubuhnya yang membuatnya lebih rajin berkicau. Untuk burung kacer rumahan lebih rutin diberikan pakan jangkrik, burung kicauan akan semakin rajin berkicau. Sedangkan untuk burung kacer lomba, jangkrik biasanya terbatas dan mulai dinaikkan beberapa hari sebelum burung dilombakan.

3. Infeksi kutu bisa mengganggu penampilan burung kacer
Kacer adalah salah satu spesies burung yang paling rentan terkena serangan kutu, kemungkinan ini terjadi karena pola perawatan yang kurang maksimal atau bisa juga karena perpindahan kutu dari kandang dan jenis burung lainnya. Jika burung tersebut telah terinfeksi kutu maka penampilannya akan terganggu, mudah mengalami stres dan mengakibatkan suara macet.

Untuk mencegah serangan kutu Anda harus rajin membersihkan kandang dan semua asesorisnya, Selain itu mandi rutin dan penjemuran burun kacer di pagi hari juga bisa membantu mencegah dan mengusir kutu dari tubuh.

4. Mandi malam untuk mengatur birahi
Mandi malam hari bisa membantu mengatur birahi burung kacer sehingga mencegah kemungkinan over birahi (OB), jika sudah mengalami over birahi burung kacer akan mengalami perubahan karakter, seperti tidak mau tampil, ke mbagong atau ngebalon. Mandi malam bisa membantu mengatasinya dan terapi ini bisa dilakukan sekali atau beberapa kali dalam seminggu untuk mengembalikan kondisi agar normal kembali.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar