Skip to main content

Metode Melatih Napas Lovebird Agar Ngekek Panjang


Setiap penggemar lovebird pasti sangat suka bila burungnya selalu berkicau dengan ngekek panjang, bahkan untuk lovebirdnya yang bisa memiliki suara ngekek dengan durasi yang lama. Beberapa kicaumania memberikan latihan "pernapasan" dengan cara yang bermacam-macam. Beragam latihan pernafasan yang di berikan untuk melatih Lovebird agar terdengar ngekek panjang. Latihan nafas pada lovebird umumnya dilakukan agar burung akan memiliki kicauan suara dengan durasi yang lebih lama dari biasanya. Lovebird yang memiliki ngekek panjang bukan hanya di perlukan saat dalam lomba saja, tapi juga bisa dijadikan master burung. Berbagai cara atau metode yang dilakukan oleh lovebird mania agar gaconya bisa ngekek panjang, mulai dari cara sederhana hingga cara yang tergolong ekstrem.

Mungkin metode pernapasan akan menimbulkan kontroversi / perbedaan pendapat, terutama tentang keefektifannya. Sama seperti kita membahas tentang keefektifan penggunaan kandang umbaran untuk burung murai batu, burung kacer, dan beberapa burung berkicau lainnya. Dalam artikel ini hanya menggambarkan fakta tentang cara-cara yang dilakukan beberapa maniak lovebird dalam melatih burung mereka melalui latihan nafas.

Inilah beberapa metode untuk melatih nafas yang bisa dilakukan dalam latihan lovebird dengan tujuan bisa memperpanjang durasi ngekeknya:

1. Melatih Lovebird Di Kandang Umbaran
Beri kesempatan kepada Lovebird untuk bergerak bebas di kandang umbaran.
Melatih stamina dan pernafasan lovebird menggunakan sangkar umbaran merupakan salah satu cara yang paling umum kicaumania di Indonesia. Meski masih ada pro dan kontra terkait efektifitasnya, banyak kicaumania yang berpikir jika mengumbar burung dengan cara yang benar bisa membuat lovebird memiliki nafas yang lebih panjang, sehingga bisa memperpanjang juga suara ngekeknya.

2. Mengumbar Lovebird di Dalam Ruangan
Cara ini berbeda dengan pengumbaran pada kandang, anda bisa mengumbar burung di dalam ruangan untuk menyediakan ruang terbang lebih besar dari pada kandang umbaran. Lepaskan Lovebird di sebuah ruangan yang telah ditutup rapat dan sediakan beberapa tempat untuk bertengger. Tapi itu juga harus diperhatikan keselamatan dan keamanan burung itu sendiri, karena dalam banyak kasus burung terlalu bersemangat untuk terbang bahkan menabrak dinding atau jendela kaca.

Untuk itu sebelum melakukan metode ini, jauhkan benda-benda berbahaya. Anda juga bisa menutup jendela atau cermin dengan kain.

3. Metode Latihan Berenang Untuk Lovebird
Salah satu metode tren dalam beberapa bulan terakhir adalah melatih Lovebird berenang di ember / wadah air, Cara ini mungkin agak ekstrem akan tetapi tujuannya sama sehingga lovebird memiliki nafas yang lebih lama dari sebelumnya.

Penerapan cara ini adalah dengan merendam tubuh loverbir dalam wadah air dan biarkan burung-burung berenang di dalamnya. Namun tindakan ini tidak boleh dilakukan terlalu sering dengan pertimbangan bahwa air bisa masuk ke dalam lubang hidung lovebird dan bisa melukainya. Meski begitu masih banyak kicaumania yang terlalu sering melakukannya untuk mendapatkan apa yang dia inginkan.

4. Metode Latihan Napas Dengan Mandi Semprot
Mandi semprot juga merupakan salah satu cara untuk melatih pernapasan lovebird, Metode ini dianggap paling aman dibandingkan metode berenang. Mandi semprot yang benar adalah sebagai berikut:
 - Di pagi hari lovebird disiram basah dengan semprotan tangan, dengan pengaturan halus. Setelah itu, burung-burung dikeringkan sampai pukul 10.00.
 - Siang hari burung lagi disemprot sampai basah kuyup, lalu dikeringkan sampai pukul 12:00.
Setelah itu lovebird dipindahkan ke tempat biasa / teduh. Biarkan burung beristirahat atau bisa juga di master sampai sore hari.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar