Cara Mengatasi Macet Mabung Pada Burung Kenari
Cara Mengatasi Macet Mabung Pada Burung Kenari

Cara Mengatasi Macet Mabung Pada Burung Kenari

perawatan kenari macet mabung

Bila burung kenari sudah mabunng sebelum waktunya tapi tidak tuntas dalam 4-6 minggu kemungkinan akan mengalami macet mabung, kondisi ini bisa terjadi pada semua jenis burung rumahan termasuk kenari baik lokal maupun impor. Bagaimana cara mengatasinya, berikut adalah tip alternatif untuk mengatasi mabung yang tidak tuntas pada burung kenari. Penyebab utama mabung yang tidak tuntas adalah rendahnya asupan pakan bergizi terutama karena burung hanya menerima 1-2 jenis pakan saja setiap hari alias tidak berbeda-beda.

Selain itu ada juga beberapa faktor pemicu lainnya misalnya:
1. Terlalu sering menggantung sangkar burung dekat sumber udara panas / dingin seperti AC, ventilasi, blower, kipas angin, dan sebagainya.

2. Burung dalam kondisi cuaca ekstrem dimana suhu / suhu terus berubah sehingga bisa memicu mabung palsu atau mabung sebelum waktunya.

Perawatan terbaik yang dapat dilakukan kicaumania untuk mengatasi sebelum waktunya atau mengalami macet mabung harus lebih sering menyediakan pakan sayuran terutama daun bayam, dandelion, kubis, daun sawi, dan jagung muda. Pakan sayuran yang di berikan secara rutin setiap hari bisa membantu mengembalikan kondisinya.

Sedangkan untuk pakan bijian yang harus diberikan kepada kenari bermasalah itu harus berupa pakan biji berminyak sseperti biji rape (rape seed), biji rami (linseed), dan maw seed /poppy seed. Pakan bijian tersebut dapat membantu meningkatkan kondisi burung sehingga proses mabung yang sempat macet itu akan kembali berjalan secara sempurna.

Selain pakan utama dan pakan tambahan pola perawatan lainnya adalah menjemur burung langsung di bawah sinar matahari secara teratur, ini bisa membantu proses pemulihan lebih cepat. Mandi biasa juga bisa membantu burung merontokkan bulu lama / rusak.

Untuk mendukung perawatan dan pemulihan kenari yang macet mabung atau mabung sebelum waktunya adalah dengan melengkapi diet atau pola pakan dengan multimineral dilarutkan dalam air minum. Salah satu produk multimineral yang banyak digunakan kicaumania di Indonesia adalah BirdMineral.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.