Cara Merawat Bulu Burung Kenari Agar Sehat Dan Indah
Cara Merawat Bulu Burung Kenari Agar Sehat Dan Indah

Cara Merawat Bulu Burung Kenari Agar Sehat Dan Indah

cara merawat bulu kenari

Burung kenari memiliki bulu yang lembut yang umumnya didominasi warna kuning, tapi beberapa kenari memiliki bulu berwarna unik seperti merah, hitam, hijau, dan biru. Untuk merawat bulu agar tetap sehat dan kuat dibutuhkan perawatan rutin, terutama makan, mandi, dan penjemuran. Berikut adalah tips merawat dan mempercantik bulu burung kenari, bulu burung memiliki banyak kegunaan yaitu selain terbang bulu juga bisa menjebak udara sehingga menjaga suhu tubuh agar tetap hangat. Selain itu bulu juga mampu melindungi kulit burung dari paparan sinar ultraviolet sinar matahari, bahkan beberapa spesies burung memiliki warna bulu yang bisa menyamarkan dirinya dari predator.

Burung-burung di alam liar memiliki cara sendiri untuk menjaga agar bulu mereka tetap sehat dan kuat termasuk mandi dengan debu / pasir, dengan menggunakan semut ke bulu mereka untuk mengusir kutu, dan seterusnya. Burung yang di pelihara di kandang termasuk kenari, pastinya tidak bisa melakukan semua itu tanpa bantuan pemiliknya.

Jika Anda ingin jujur banyak kenarimania yang merawat burung seadanya atau kurang maksimal, akibatnya bulu binatang peliharaan terlihat kusam, kering, mudah rusak / pecah, dan sering rontok. Bahkan beberapa kenari akan mengalami mabung dan kebotakan pada beberapa tubuhnya. Agar bulu kenari tetap sehat dan indah kita harus merawatnya dengan baik, kenari di sukai bukan hanya karena suaranya yang merdu tapi juga karena bulunya yang indah dan lembut.

Berikut beberapa cara yang bisa kicaumania terapkan untuk merawat bulu kenari :

Pemberian pakan yang sesuai
Beberapa buah dan sayuran mengandung unsur penting yang bisa membantu menjaga kesehatan bulu dan membuatnya tetap berkilauan, misalnya ubi jalar, wortel, tomat, paprika merah, bayam, dan selada. Anda juga bisa mencampur bahan pakan untuk merawat bulu kenari.

Mandikan kenari dengan bahan yang bermanfaat
Selain memberi makan pola perawatan lain yang tak kalah penting adalah mandi dan penjemuran,  memandikan kenari tidak cukup untuk menggunakan air tawar tapi bisa juga dilakukan dengan mencampur beberapa ramuan tertentu seperti para kenarimania di luar negeri.

Berikut adalah beberapa bahan yang bisa dicampur dengan air mandi dan manfaatnya bagi kenari :

1. Cuka apel
Campurkan 2 sendok makan cuka apel ke dalam 1 liter air mandi, larutan ini dapat membantu membersikan kotoran yang menempel pada bulu-bulunya sehingga membuat bulu lebih bersih dan berkilau. Cuka apel juga bisa menjadi antiseptik sekaligus antiparasit untuk mencegah dan mengusit kutu / tungau yang bermukim pada kulit dan bulu kenari.

2. Jeruk nipis
Air mandi yang dicampur jeruk nipis dapat membantu membersihkan kotoran dan lemak yang menempel pada bulu, sehingga membuat bulu kenari lebih bersinar dan sehat. Gunakan lima tetes jeruk nipis dalam 1 liter air mandinya.

3. Garam inggris
Campurkan 1 gram garam inggris ke dalam 1 liter air mandi, larutan ini juga dapat membatu membersihkan bulu dan membunuh bakteri yang menempel pada kulit dan bulu kenari. Selain itu juga dapat meningkatkan aktivitas kenari setiap harinya.

4. FreshAves 
Larutkan 5 gram FreshAves dalam 1 liter air mandi, larutan ini dapat membantu menyehatkan bulu-bulu yang kusam dan tidak hanya pada kenari tetapi juga untuk semua burung sehingga lebih sehat serta tampak berkilauan. Selain itu juga dapat mencegah dan membasmi parasit pada kulit dan bulun yang selama ini mengganggu penampilan burung.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.