Skip to main content

Cara Merawat Burung Kenari Galak Dan Giras


Selain faktor birahi yang berlebihan burung kenari yang garang juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor lain seperti stres atau justru karena burungnya terlalu jinak, meski dalam beberapa kasus tidak terlalu mengganggu namun jika kondisi tersebut di biarkan pastinya bisa mengurangi penampilan apalagi saat akan diperlombakan. Untuk mengatasinya berikut tips merawat kenari yang terlalu ganas di rumah dan di lapangan, burung kenari yang pada awalnya gacor lalu berubah menjadi garang biasanya akan disertai dengan penurunan penampilan. Burung tidak bisa berkicau maksimal seperti biasanya karena sifatnya berubah menjadi sangat agresif saat diperlombakan. Tangan kita akan dipatuk saat mencoba mengganti pakan atau air minum, perubahan perilaku kenari seperti ini biasanya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Yang paling umum adalah faktor birahi yang berlebihan atau yang sering di kenal dengan over birahi, bisa juga burung stress karena trauma atau terlalu lama pelihara sendiri tanpa pasangan. Bahkan kenari jinak pun bisa berubah sangat galak.

Jika kondisi ini terus dibiarkan atau tidak segera ditangani akan bisa mengganggu penampilannya pada saat akan dilombakan, saat dijadikan burung masteran atau hanya dijadikan hiburan di rumah.

Mengatasi kenari yang ganas bukanlah pekerjaan yang mudah, berikut beberapa cara merawat burung kenari yang terlalu ganas baik di rumah maupun di lapangan.

1. Untuk meredam burung kenari yang terlalu galak Anda bisa memberikan pakan yang sesuai, terutama pakan tambahan berupa sayuran. Beberapa jenis sayuran bisa diberikan secara berselang-seling setiap harinya yaitu daun sawi putih, mentimun, daun kemanggi, dan oyong.

2. Selama masa terapi / pemulihan kenari sebaiknya tidak diberi pakan dengan kandungan protein tinggi karena dapat meningkatkan birahinya secara cepat, jenis pakan yang perlu dikurangi / dihentikan dulu antara lain apel merah, telur rebus, tauge, krokot, dan kroto.

3. Melatih kenari dalam kandang umbaran bisa membantu meredam perilaku galaknya, gunakan kandang polier yang luas dengan posisi tenggeran saling berjauhan.

4. Setiap kali kenari akan mematuki tangan kita karena birahinya terlalu memuncak, Anda bisa menyemprotnya dengan air secara halus diarahkan ke bagian perut dan pangkal ekornya. Lakukan penyemprotan setiap kali kenari mencoba mematuki tangan kita.

5. Selain itu mandikan kenari secara rutin, hal ini bisa membantu meredam kondisi birahi kenari. Dalam hal ini Anda bisa menyediakan bak mandi portabel atau cepuk berukuran besar yang berisi air, lalu dimasukkan ke dalam sangkar hariannya.

6. Bersihkan sangkar setiap hari agar dasar sangkarnya terbebas dari kotoran maupun sisa pakan bijian, sangkar yang terlalu kotor bisa menjadi penyebab kenari mudah stres sehingga muncul perilaku galaknya tersebut.

7. Untuk pencegahan durasi penjemuran bisa dikurangi, kalau biasanya menjemur kenari hingga 3-4 jam maka selama masa terapi cukup dijemur pada pagi hari saja selama kurang lebih 1 jam.

8. Selama masa terapi dan sebelum dilakukan perawatan rutin seperti penjemuran biasakan untuk menyemprot bagian perut dan kaki kenari serta menyemprot tenggerannya.

9. Ada yang menganggap cara ampuh mengatasi perilaku galak pada kenari adalah memberikan pasangan, tidak ada salahnya Anda menerapkan cara ini. Biasanya setelah kawin kondisi kenari akan pulih seperti sediakala.

10. Untuk kenari lomba cara meredam perilaku galaknya bisa dilakukan dengan mengecasnya dengan kenari lain sebelum naik gantangan, hal ini bertujuan agar kenari terlihat lebih tenang saat digantang sehingga bisa tampil maksimal.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar