Skip to main content

Download MP3 Suara Burung Jalak Bali

suara jalak bali

Suara Burung Balak Bali Mp3 - Jalak Bali atau Bali Starling menjadi salah satu dari 21 burung paling langka di Indonesia, tidak mengherankan jika kemudian suara kicauan burung Jalak Bali jantan pun menjadi salah satu primadona. Akibatnya tidak sedikit yang ikut memeliharanya hanya untuk mendengarkan suara jalak bali gacor, padahal Jalak Bali selain burung langka pun termasuk burung yang dilindungi sehingga tidak bisa dipelihara dengan bebas.

Jalak Bali dalam bahasa Inggris disebut sebagai Bali Starling, Bali Myna, atau Rothschild’s Starling. Nama latin hewan ini adalah Leucopsar rothschildi Stresemann, 1912. Burung endemik pulau Bali ini selain mempunyai bulu khas yang indah dan menawan, pun memiliki suara kicauan yang merdu.

Suara kicauan burung Jalak Bali (Leucopsar rothschildi) jantan dan betina hampir sama, suara kicauannya terdiri atas beberapa lagu yang terdengar nyaring. Juga disertai dengan celotehan-celotehan khas burung jalak yang bervariasi.

Burung jalak bali memiliki harga yang mahal dan masuk hewan yang dilindungi. Oleh sebab itu, Anda tidak bisa sembarangan memelihara burung asli pulau dewata ini. Kalaupun Anda berniat membeli, sebaiknya pastikan burung jalak tersebut berasal dari penangkaran resmi dan memiliki sertifikat khusus.

Pastikan pula bahwa burung memang sudah boleh diperjualbelikan. Ini penting karena burung ini masuk pengawasan hewan langka. Jangan sampai karena hobi, Anda harus bermasalah dengan hukum nantinya.

Burung Jalak Bali memiliki bodi yang cukup besar dan gagah dengan warna bulu putih dan ekor hitam. Burung ini membutuhkan kandang yang cukup luas agar bisa bergerak bebas dan berbunyi. Menariknya, ketika berkicau, burung jalak ini sering menari.

Untuk pakannya, burung kicau ini sama seperti burung jalak pada umumnya yakni makan serangga dan buah – buahan. Namun, untuk peliharan di rumah, burung ini bisa dilatih untuk memakan voer.

Ciri-ciri Burung Jalak Bali

Selain memiliki bentuk tubuh yang cantik, ternyata burung ini juga memiliki dikenal dengan kemampuan bersiulnya yang cukup dahsyat. Untuk mengenal lebih jauh, berikut adalah karakteristik burung jalak bali :


1. Bulu Burung Jalak Bali 

Ciri yang paling terlihat dari burung ini yaitu terletak pada bagian tubuhnya yang didominasi dengan warna putih bersih dan sedikit warna hitam pada bagian ujung ekor serta ujung sayapnya yang menarik perhatian.

2. Mata Burung Jalak Bali

Ciri selanjutnya yang terdapat pada jalak bali yaitu pada bagian matanya. Burung jalak ini memiliki mata yang berwarna coklat. Lalu pada daerah sekita matanya terdapat bagian yang tidak berbulu dengan warna biru cerah yang membuatnya tampak khas.

3. Jambul Burung Jalak Bali

Baik pada jenis kelamin jantan atau kelamin betina, jalak bali memiliki beberapa helai bulu jambul yang indah.

Jambul tersebut biasanya berdiri tegak  dan biasanya terlihat jelas apalagi pada saat burung tersebut sedang berkicau. Namun terkadang jambul inipun sesekali diperlihatkannya meskipun sedang tidak berkicau.

4. Kaki Burung Jalak Bali

Jalak bali memiliki kaki yang sama seperti halnya burung jalak lain. Sepasang kaki yang kekar untuk berdiri tegap dan kuat mencengkram.

Kakinya berwarna abu-abu agak sedikit kebiruan dengan 4 jari jemari (1 jari menghadap kebelakang dan 3 jari menghadap kedepan)

5. Paruh Burung Jalak Bali

Jalak bali memiliki paruh yang runcing dengan panjang kurang lebih 2 – 5 cm dengan bentuk yang khas. Pada bagian atas  terdapat bagian yang meninggi dan memipih secara tegak. Paruhnya berwarna abu-abu kehitaman dengan ujung berwarna kecoklatan.

6. Ukuran Burung Jalak Bali

Burung jalak bali memiliki tubuh yang berukuran sedang dengan panjang kurang lebih 25 cm. burung jantan dan betina tentunya memiliki ukuran tubuh yang berbeda. Meskipun agak sulit untuk membedakan ukuran keduanya, namun secara umum jalak bali jantan memiliki postur tubuh yang lebih besar dan memiliki kucir yang lebih panjang dibandingkan burung betina.

Cara Membedakan Burung Jalak Bali Jantan Dan Betina

Jika dilihat secara sekilas membedakan jalak bali jantan dan betina memang cukup sulit. Apalagi jika kalian masih tergolong awam dengan jalak bali. Karena jalak bali jantan dan betina memiliki bentuk fisik dan warna bulu yang serupa.

1. Burung Jalak Bali Piyikan

Untuk orang-orang tertentu atau yang sudah ahli dalam masalah burung,  sebenarnya membedakan jalak bali jantan dan jalak bali betina bisa dilakukan sejak burung tersebut masih kecil (piyik).

Jika kalian ingin membeli burung ini pada saat piyik atau masih dalam masa pelolohan, pada saat usia 1 – 3 minggu kalian bisa lihat dari cara mangap atau membuka mulutnya pada saat diloloh.

Biasanya burung jantan lebih angresif dan terlihat sangat lapar ketika kita hendak melolohnya. Sementara jalak bali betina cenderung lebih santai dan tidak terkesan kelaparan.

2. Jalak bali usia 1 bulan ke atas

Saat menginjak dewasa, ciri jantan dan betina bisa dilihat dengan mengamati fisik serta perilak burung tersebut dalam masa pertumbuhannya

Jika dilihat dari fisiknya, biasanya burung jantan memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan jalak bali betina.

Burung jantan terlihat lebih agresif dan cenderung lebih sombong dengan mematuk teman sekandangnya saat berebut makanan.

3. Jalak bali pada saat menginjak usia selanjutnya

Semakin dewasa ciri-ciri fisik burung ini semakin terlihat jelas. Jika dilihat secara keseluruhan, bulu lancur atau bulu yang tumbuh pada bagian kepala belakang secara jelas dapat membedakan jenis kelamin jalak bali.

Biasanya jalak bali jantan memiliki lancur yang lebih panjang sehingga membuat burung jalak jantan ini lebih terlihat sangar dibandingkan dengan yang jalak bali betina.

Sebelum anda mendownload suara mp3 burung jalak Bali,  maka ada baiknya anda juga menjalankan tips berikut agar suara dari burung jalak bali cepat gacor.

Berikut Tips Perawatan Burung Jalak Bali Agar Memiliki Suara Yang Bagus :

1. Pilih Burung Jalak Bali Jantan

Agar Jalak Bali anda lebih cepat gacor, maka syarat utamanya adalah harus berjenis kelamin jantan, selain lebih mudah gacor, Jalak Bali jantan juga memiliki suara yang lebih merdu dibandingkan betina dan ditambah variasi suaranya bisa lebih banyak.

Bueung Jalak Bali jantan secara alamiah Jalak Bali jantan memang lebih sering menggunakan suara kicaunya untuk banyak hal, mulai dari menarik perhatian betina, hingga mengusir pejantan lain.

2. Perawatan Burung Jalak Bali

Layaknya burung kicauan pada umumnya, hal krusial yang paling mempengaruhi apakah burung akan gacor atau tidak adalah pola perawatan yang kita berikan. Jika pola perawatan yang kita berikan tepat, maka Burung Jalak Bali juga akan berpotensi tinggi untuk gacor.

Sebaliknya jika perawatan buruk maka burung tidak mau gacor karena tidak nyaman, pola perawatan Jalak Bali yang baik kurang lebih seperti ini :

* Pada pagi hari burung jalak bali di angin-anginkan lalu dimandikan.
* Kemudian di jemur antara 40 hingga 60 menit.
* Selanjutnya burung kembali di angin-anginkan hingga sore di teras rumah atau tempat aman lainnya.

3. Berikan Pakan yang Beragam

Walaupun sebenarnya termasuk ke dalam pola perawatan namun poin ini saya pisah agar lebih rinci dan jelas, pemberian pakan sangat penting untuk diperhatikan demi kesehatan si burung.

Jika burung mendapatkan asupan pakan yang baik, selain sehat, Burung Jalak Bali juga akan lebih mudah untuk gacor, berikut ini adalah beberapa jenis pakan yang bisa anda berikan ke Jalak Bali secara bergantian :

* Voer
* Pepaya
* Pisang
* Apel

4. Berikan Pakan Tambahan (Extra Food/EF)

Spesies Burung Jalak termasuk ke dalam pemakan serangga seperti Jangkrik, belalak, ulat kandang.

Agar kamu tidak kesulitan mencari suara jalak bali, Anda bisa menggunakan mp3 suara burung jalak bali gacor full isian sebagai pemaster burung kicau lainnya. Anda bisa menggunakan file mp3 berikut ini

MP3 Suara Kicuan Burung Jalak Bali : Download
MP3 Suara Burung Jalak Bali : Download
MP3 Suara Burung Jalak Bali 1 : Download
MP3 Suara Burung Jalak Bali Gacor Mantap : Download
MP3 Suara Burung Jalak Bali Durasi Panjang : Download
MP3 Suara Burung Jalak Bali Merdu : Download
MP3 Suara Burung Jalak Bali Gacor : Download
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar