Skip to main content

Jenis Burung Cucak Ijo Beserta Harga Terbaru 2019

harga cucak ijo 2019

Ciri Ciri Burung Cucak Ijo - Burung Cucak Ijo adalah jenis burung pengicau dengan seluruh badan dominan dengan warna hijau. Burung ini memiliki nama ilmiah Chloropsis sonnerati dan termasuk ke dalam suku Chloropseidae; berkerabat dekat dengan burung cipoh (Aegithina spp.). Dalam bahasa Inggris burung ini dikenal sebagai Greater Green Leafbird.


Jenis-jenis cica-daun juga dikenal dengan sebutan umum Burung daun, dan diperdagangkan dengan nama Murai daun, Bertubuh sedang, dengan panjang tubuh total (diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor) sekitar 22 cm.

Seperti umumnya cica-daun, seluruh tubuhnya didominasi warna hijau terang (hijau daun), termasuk sayap dan ekor; sementara pipi dan tenggorokan burung jantan berwarna hitam berkilau. Perbedaan dengan cica-daun yang lain adalah adanya warna (noktah) biru pada bahu burung jantan. Burung betina dengan tenggorokan kuning dan lingkaran mata kuning. Kedua jenis kelamin memiliki sepasang setrip malar biru berkilau di sisi dagunya.

Jenis Burung Cucak Ijo Dan Ciri Ciri Burung Cucak Ijo Sesuai Jenisnya.

1. Burung Cucak ijo Banyuwangi

Untuk dapat membedakan antara burung Cucak Ijo Banyuwangi dengan jenis cucak hijau yang lain yang ada di Indonesia sendiri meliputi postur tubuh panjang sedikit melengkung.

Kemudian jambul yang berdiri pada saat ngentrok, warna hijaunya cenderung tajam serta ekornya lebih panjang. Menurut informasi yang beredar, katanya burung cucak asal banyuwangi ini ada pada berbagai jenis yang menyebar di alas purwo, songgon, pesanggaran serta pada kawasan kaki gunung ijen.

ciri ciri cucak ijo banyuwangi

Jenis burung semuanya yang terdapat pada berbagai hutan itu punya ciri perwakan serta kicauan yang berbeda-beda. Akan tetapi, berdasarkan pendapat dari berbagai pihak, cucak ijo banyuwangi ini yang paling banyak dicari dan paling menarik.

Ciri Ciri Burung Cucak Ijo Banyuwangi

- Jika dilihat dari postur tubuh nya ciri burung Cucak Ijo Banyuwangi memiliki ukuran tubuh yang cukup tinggi dan agak melengkung.

- Kemudian cara membedakan ciri burung cucak ijo Banyuwangi perhatikan bulu ekornya, biasanya ekornya lebih panjang, lebih melengkung dan agak lentur.

- Warna nya hijau yang cukup terang, jika dibandingkan dengan cucak ijo yang lain nya cenderung mempunyai warna hijau kekuningan.

- Ciri CI Banyuwangi akan muncul jambul ketika sedang ngotrok dan sangat aktraktif.

- Jika tidak sedang di adu CI Banyuwangi akan kurang bervariasi dan suaranya kurang jelas, tetapi jika dalam perlombaan Cucak Ijo Banyuwangi akan gacor dan bunyi nya tajam.

* Harga Cucak Ijo Banyuwangi Sudah Dewasa : Rp 900.000 - 2.500.000
* Harga Cucak Ijo Banyuwangi Masih Bakalan : Rp 700.000 - 1.300.000
* Harga Cucak Ijo Banyuwangi Sudah Prestasi : Rp 2.000.000 - 5.000.000

2. Burung Cucak Ijo Kalimantan

Jika dilihat sekilas burung cucak ijo kalimantan ini memang dirasa sulit dibedakan dengan cucak hijau asal jawa timur. Perbedaan cucak Ijo Kalimantan dan Banyuwangi hanya sedikit saja.

Tetapi tetap terdapat beberapa bagian yang dapat dimengerti guna mengetahui burung hijau dari pulau borneo ini. Apabila dilihat secara sungguh sungguh, warna tubuhnya cenderung memiliki warna hijau muda dan juga agak kekuningan.

Tak hanya itu saja, pada saat menginjak usia dewasa ukuran tubuhnya relatif sedikit lebih kecil dan juga ekornya lebih pendek dan juga kaku.

ciri ciri ci kalimantan

Walau suara gacor atau ngeroll yang dipunyai dianggap tidak lebih baik. Akan tetapi burung ini punya mental petarung yang dengan beraninya meladeni suara kicau yang disuarakan oleh jenis burung lain sewaktu di alam liar.

Ciri Cucak Ijo Kalimantan dan tips membedakan dengan burung cucak ijo lainnya sangatlah mudah. Cucak Ijo adalah jenis burung yang memiliki berbagai macam jenis. Pasti bagi pemula akan bingung cara membedakan jenis burung Cucak Ijo Kalimantan dan lainnya.

Karena perbedaan nya tidak terlihat mencolok dari setiap burung cucak ijo dengan jenis yang lain nya. Baik dari jenis Kalimantan, Sumatra, Banyuwangi dan lain-lain. Setiap jenis burung pasti memiliki ciri khas yang unik, hal itu menjadikan burung cucak ijo digemari oleh pecinta burung.

Sebelum nya kita sudah membahas ciri cucak ijo Banyuwangi. Namun kali ini akan membahas ciri cucak ijo Kalimantan. Cucak Ijo Banyuwangi dan Cucak Ijo Kalimantan sangat berbeda dan memiliki karakter masing-masing. Jika CI Banyuwangi suaranya tidak bervariasi ketika tidak turun lapangan. Lalu apa ciri-ciri Cucak Ijo Kalimantan dengan jenis Cucak Ijo yang lain nya.

6 Ciri Cucak Ijo Kalimantan :

- Dilihat dari postur tubuh nya, Cucak Ijo Kalimantan ini postur nya lebih pendek namun tubuh berbentuk agak bulat jika dibandingkan dengan Cucak Ijo Banyuwangi ataupun dengan jenis yang lain nya.
- Hampir semua warna bulu nya berwarna hijau segar dan terlihat kekuningan.
- Lihat gambar diatas ekor nya pendek dan jika di raba terasa kaku dan tegang.
- Cucak Ijo Kalimantan ini mempunyai suara yang bebagai macam variasi, tetapi kekurangan yaitu bunyi nya kurang lepas.
- Mempunyai mental yang kuat dan karakter suaranya ngentrok
- Pada saat burung ini ngentrok, jambul nya kurang atraktif

* Harga Cucak Ijo Kalimantan Sudah Dewasa : Rp 600.000 - 1.000.000
* Harga Cucak Ijo Kalimantan Masih Bakalan : Rp 500.000 - 700.000
* Harga Cucak Ijo Kalimantan Sudah Prestasi : Rp 1.000.000 - 3.000.000

3. Burung Cucak Ijo Sumatera

Cucak Ijo Sumatera ini dikenal dengan Cucak Ijo Kepala Kuning. Hal tersebut karena mempunyai ciri khas terdapat warna kuning bagian kepala burung ini.

Jenis dari burung tersebut mempunyai warna biru yang mengkilap pada bagian pipi burung. Pada bagian postur tubuhnya lebih kecil dibanding dengan beberapa jenis lainnya.

harga cucak ijo sumatra

Dengan ukuran tubuh kecil tersebut membuat burung ini lebih murah harganya. Namun ukuran kecil ini, dapat membuat burung berkicau dengan lantang dan indah. Burung Cucak Ijo yang satu ini berada di sekitar kepulauan Sumatera.

Ciri-Ciri Cucak Ijo Sumatera :

- Bentuk tubuh tidak melengkung, namun proporsional.
- Ukuran postur tubuh lebih kecil dibanding lainnya.
- Saat sedang bunyi atraktif dan ketika ngentrok jambulnya terlihat berdiri.
- Warna bulunya terlihat hijau terang dan agak kekuningan.
- Warna kepala bagian atas kekuningan.
- Pada bagian dagu atau pipi tampak adanya warna biru mengkilap.
- Tipe suara kicauan bervariasi dan kadang monoton ketika sendiri.

* Harga Cucak Ijo Sumatra Sudah Dewasa : Rp 600.000 - 1.000.000
* Harga Cucak Ijo Sumatra Sudah Bakalan : Rp 500.000 - 700.000
* Harga Cucak Ijo Sumatra Sudah Prestasi: Rp 1.000.000 - 3.000.000

4. Burung Cucak Ijo Rante

Burung Cucak rante / cucak ranting juga sering dijuluki dengan nama cucak daun, dan jika dalam bahasa inggris disebut denagn blue-winged leafbird.

Burung ini merupakan salah satu jenis burung dari keluarga cica daun (Chloropseidae) yang memiliki kemampuan untuk menirukan suara burung lain mirip seperti halnya burung cucak ijo.

Pada umumnya, penampilan burung cucak rante memang tampak gagah. Bagian paruhnya kecil, tipis, dan sedikit melengkung.

ciri ciri cucak rante

Kaki serta bagian pahanya pendek,namun kokoh dan kuat. Untuk bagian sayapnya panjang dan lebar, kemudian bagian ekornya pendek dan berbentuk persegi. Untuk bulu di tubuh bagian atas berwarna hijau rumput yang tampak terang serta mengkilap.

Ciri-Ciri Cucak Ijo Rante :

- Mempunyai ukuran tubuh kecil
- Memiliki warna hijau terang di seluruh tubuh.
- Mempunyai warna biru di sekitar wajah dan dahi.
- Memiliki warna ungu bagian garis atau Strip Malar di sisi kanan dan kiri leher.
- Tenggorokannya berwarna hitam.
- Iris mata berwarna coklat.
- Kaki berwarna abu kebiruan.
- Mempunyai suara merdu dan bervariasi.

* Harga Cucak Ijo Rante : Rp 200.000 - 400.000

5. Burung Cucak Ijo mini

Cucak ijo mini adalah salah satu jenis burung penyanyi dari keluarga Chloropseidae yang tak boleh dilewatkan. Mungkin benar ukuran tubuhnya lebih kecil dari sejenisnya, namun jika sudah bicara mengenai bakat dan kicauan ia juga tak kalah istimewa.

Selain suara gacor yang cocok untuk memaster jenis burung lain, unggas yang bernama latin Chloropsis cyanopogon ini juga cukup piawai meniru nada suara burung lain. Inilah mengapa jenis spesies yang bernama lain Lesser green leafbird ini dari dulu cukup digilai para kicau mania di Indonesia.

ciri ciri cucak ijo mini

Dalam waktu terakhir sudah cukup banyak penghobi atau ahli berpendapat, bahwa burung cucak ijo mini keberadaan-nya sudah sangat populer di pulau Sumatra namun tidak begitu ramai di Pulau Jawa. Mungkin hal tersebut juga sangat wajar adanya, mengingat burung ini memang paling banyak ditemui di pulau Sumatera dan Kalimantan.

Selain itu, burung juga kerap dianggap sub-spesies dari burung cucak ranting atau cica daun sayap biru (Chloropsis cochinchinensis). Namun juga tidak sedikit yang menyangkalnya, bahwa burung cucak yang satu ini merupakan jenis spesis tersendiri.

Ciri-Ciri Cucak Ijo Mini :

- Ukuran tubuh kecil sekitar 17 cm.
- Warna tubuh terlihat agak gelap atau hijau matang.
- Wajah tidak ada warna biru, baik biru mengkilap maupun biru biasa.
- Tipe suara nyaring dan merdu.
- Volume suaranya berubah ubah atau tidak konsisten, terkadang juga pelan dan terkadang keras.

* Harga Cucak Ijo Mini : Rp 300.000 - 600.000

6. Burung Cucak Ijo Cungkok

Burung cucak cungkok adalah jenis burung cucak yang ada di alam ini. Karakteristik burung cucak cungkok ini bisa dikatakan mirip dengan burung cucak ijo. Jenis burung cucak ini tidaklah merupakan burung endemik asli Indonesia, akan tetapi burung ini berasal negara-negara di Asia Selatan dan Asia Tenggara terkecuali Indonesia.

harga cucak ijo cungkok

Akhir-akhir ini para pecinta burung kicauan banyak yang membicarakan mengenai jenis burung ini, sebab sudah ada penjual burung ini yang masuk di Indonesia dan berhasil menjualnya. Memang jenis burng ini memiliki habitat aslinya yang berasal dari negara-negara yang ada di Asia Selatan dan Tenggara.

Ciri Ciri Cucak Ijo Cungkok

- Warna bulu pada bagian seluruh tubuhnya banyak di dominasi warna kuning dan hijau.
- Pada bagian warna bulu di bagian dada hingga pangkal ekor berwarna kuning cerah
- Memiliki topeng pada bagian warna bulu hitam di wajahnya hingga dada
- Bagian dari warna bulu ekor berwarna hitam mengkilap.
- Pada bagian warna bulu di bagian sayap sebagian berwarna hitam mengkilap pada bagian tepinya.

* Harga Cucak Ijo Cungkok : Rp 800.000 - 1.000.000

Daftar Harga Burung Cucak Ijo Gacor Terbaru

1. Cucak Ijo Trotol Bodi nya Besar Berekor 500.000 - 600.000
2. Cucak Ijo Nopeng Bodi nya Besar Tanpa Ekor 500.000 - 600.000
3. Cucak Ijo Muda Leher Kuning Bodi nya Besar 400.000 - 500.000
4. Cucak Ijo Bodi nya Kecil Nopeng Berekor 500.000 - 600.000
5. Cucak Ijo Bodi nya Kecil Nopeng Tanpa Ekor 500.000 - 600.000
6. Cucak Ijo Muda Bodi nya Kecil Leher Kuning 350.000 - 450.000
7. Cucak Ijo Muda Bodi nya Kecil Leher Kuning Jantan 400.000 - 500.000
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar