Skip to main content

Jenis Dan Harga Burung Kenari Isian Gacor 2019


Jenis Dan Ciri Ciri Burung Kenari - Burung Kenari adalah jenis burung yang berasal dari luar negeri, dapat dikatakan bahwa burung kenari adalah burung domestik dengan penemuannya oleh pelaut Perancis bernama Jean de Berthan Cout. Jean menemukan spesies kenari di salah satu pulau terpencil di pulau-pulau Canary di abad ke-15, burung kenari semakin populer dari waktu ke waktu dan orang Belanda mengekspor kenari ke negara-negara Asia termasuk di Indonesia.

Nama burung kenari tersebut diambil dari sebuah pulau tempat burung ini ditemukan di kepulauan Canary yang ditemukan oleh pelaut dari Inggris di abad ke-15, burung kenari telah berkembang dari awal spesies dan juga habitat mereka.

Harga burung kenari sangat bervariasi mulai dari jenis burung kenari itu sendiri sampai dengan umur dari burung kenari, harga burung kenari juga tergantung dari kualitas dari suara burung kenari.

Penangkaran burung kenari itu sendiri juga sangat mudah dalam budidaya karena burung kenari sangat mudah dalam proses penangkaran, dan sekarang hampir sudah banyak terdapat penangkaran burung kenari yang tersebar di Indonesia.

Berikut di jelaskan secara detail dan gamblang jenis burung kenari, ciri ciri burung kenari sesuai jenis dan harga burung kenari sesuai jenis terbaru 2019

1. Kenari Yorkshire

Burung Kenari Yorkshire adalah satu jenis Kenari yang memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis Kenari lainnya. di Indonesia keberadaan Kenari Yorkshire cukup populer dikalangan para pencintanya. Bentuk tubuhnya yang bagus dan warna bulu yang indah menjadi alasan para pencinta Burung Kenari menyukai jenis Kenari Yorkshire ini.

Karena keindahannya Burung Kenari Yorkshire sering disebut sebagai rajanya Burung Kenari bagi para penggemarnya. Kenari Yorkshire sendiri berasal dari negara Inggris tepatnya didaerah Yorkshire. Jenis Kenari ini merupakan hasil persilangan antara Lancashire, Belgia dan Norwich yang kemudian dikembangkan hingga menjadi jenis Kenari yang sempurna.

Burung Kenari Yorkshire yang baik biasanya memiliki ciri-ciri yang memenuhi kriteria seperti berikut:

- Kenari Yorkshire yang baik memiliki mata yang tajam dan cerah
- Memiliki bulu yang bersih dan tipis
- Terdapat bulu kaki yang panjang
- Memiliki nafsu makan yang tinggi
- Memiliki bentuk tubuh yang panjang
- Memiliki dada yang bidang dan agak padat
- Suara kicauan yang lantang
- Nafasnya lancar
- Tidak ada kotoran yang menempel disekitar dubur
- Memiliki gerakan yang lincah

* Harga Burung Kenari Yorkshire YS Jantan: Rp 4.050.000 – Rp 10.050.000
* HargaBurung Kenari Yorkshire YS Betina: Rp 3.550.000 Rp 6.050.000
* HargaBurung Kenari F1yorkshire YS Anakan: Rp 1.200.000
* HargaBurung Kenari F2 Yorkshire YS Anakan: Rp 2.250.000 – Rp 2.550.000
* HargaBurung Kenari F3 Yorkshire YS Anakan: Rp 2.550.000 – Rp 4.050.000

2. Kenari Border

Kenari Border atau Border Canary disebut kenari border karena kenari jenis ini berasal dari daerah perbatasan, selain itu kenari ini juga termasuk kenari dari perbatasan yang tergolong mewah dan istimewa. Jika dilihat dari namanya saja menunjukkan bahwa kenari ini memiliki ciri khas tersendiri yang menjadikannya dianggap istimewa dan digemari banyak orang.

Nama burung kenari border sebenarnya diambil dari sejarahnya serta perkembangannya. Lebih jelasnya kenari ini didapat dari daerah perbatasan antara Inggris dengan skotlandia. Kenari border juga memiliki ciri-ciri dengan bentuk tubuh yang relatif lebih kecil dari jenis kenari pada umumnya.


Panjang tubunya rata-rata mencapai 14 centi meter saja, maka dari itu kenari ini dianggap kebanyakan orang yakni kenari kecil tapi berkelas. Berbeda dengan burung kenari yorkshire ataupun kenari american singer yang memiliki bentuk tubuh cukup jangkung dan besar.

Karakter burung kenari dalam kehidupannya sehari-hari yang harus diperhatikan adalah berikut ini.

- Kenari border tipe kenari pemalu
- Tidak cocok bila ditempatkan dalam satu kandang bersama burung lain, seperti: parkit, lovebird, dan juga hookbills karena ketiga burung tersebut termasuk burung yang bertipe agresif sehingga dapat menjadikan kenari border down ataupun stress.
- Bisa diternak dengan kenari jenis lainnya.
- Kenari jenis ini termasuk kenari yang gemar mandi, jadi jangan lupa sediakan wadah atau tempat yang berisi air untuk mandi. Bisa anda lihat video kenari yang sedang mandi.
- Lingkungan sekitar kenari jangan terlalu dingin, lembab/basah, dan berangin, karena kurang bagus terhadap performa maupun kesehatan kenari.
- Ketika melakukan penjemuran, maka sediakan juga tempat yang agak teduh buat kenari ini.
- Kandang kenari beserta tangkringannya harus selalu dibersihkan tiap hari, agar kenari terhindar dari berbagai penyakit yang diakibatkan oleh bakteri, jamur, kuman, maupun virus.

* HargaBurung Kenari Border Anakan: Rp 750.000
* HargaBurung Kenari Border Dewasa: Rp 1.750.000

3. Kenari Norwich

Kenari norwich adalah salah satu jenis kenari yang tergolong unik dari sekian banyak jenis kenari, meski masing-masing kenari memiliki keunggulan yang berbeda. Burung kenari norwich kenapa dinamai Norwich, dari namanya saja sudah jelas bahwa mirip dengan nama sebuah kota di Inggris. Pastinya kenari ini berasal atau dikembangbiakkan di kota Norwich, Inggris, tepatnya di daerah Norflok.

Sebenarnya ciri khas dari Kenari Norwich adalah bentuk tubuhnya yang bulat dan tebal, jadi terlihat unik dan berbeda dari jenis kenari lainnya. Kenari Norwich bentuk tubuhnya bulat dan panjangnya mencapai 15-16 cm.


Pada awalnya jenis kenari ini dikembangbiakkan oleh para penenun dari bangsa flamyang saat itu sedang melarikan diri ke Inggris, karena di negaranya terjadi pembantaian besar-besaran.

Sehingga para penenun tersebut menetap dalam jangka waktu yang lama di Inggris, kemudian mengembangbiakkan kenari Norwich di sana. Kenari norwich juga disebut dengan sebutan John Bull, dan kenari ini masuk dalam kategori postur karena keunggulan yang menonjol pada kenari ini terletak pada keindahan postur tubuhnya.

Ciri-ciri kenari Norwich yang bisa anda simak berikut ini :

- Tubuh kenari ini berbentuk bulat dan tebal
- Dadanya bidang atau agak lebar
- Punggungnya juga lebar dan pendek
- Sayapnya juga pendek
- Ekornya pendek
- Paruhnya juga pendek

* HargaKenari Norwich: Rp. 3.500.000 – Rp. 4.500.000

4. Kenari Gloster

Burung Kenari Gloster termasuk salah satu jenis kenari impor yang banyak menarik perhatian. Postur tubuhnya yang kecil yang panjangnya diusahakan berkisar pada 11 cm. Pada umumnya panjang kenari Meskipun kecil namun suara kicauannya merdu dan dari warnapun menarik karena mempunyai warna yang beragam. Ada yang mempunyai warna kuning bersayap putih atau kehijauan. Untuk kepala ada yang berjambul, ada yang polos. Burung Kenari yang mempunyai kepala tidak berjambul disebut Kenari Gloster Consort. Sedangkan yang berjambul disebut kenari Gloster Corona.


Burung Kenari ini memang diternakan untuk jenis kategori kenari kecil. Untuk itu disilangkan dengan jenis kenari lain yang badannya kecil namun bersuara indah, hal itu untuk menjaga agar badannya tetap mungil dan suara tetap gacor. Untuk perawatan sehari-hari sebenarnya sama seperti Burung Kenari lainnya. Kenari ini memang mengutamakan penampilan fisiknya dibandingkan suara dan warna bulunya.

Ciri -Ciri Lengkap Kenari Gloster adalah sebagai berikut :

- Berukuran tidak lebih dari 11 cm.
- Bertubuh pendek, gemuk, dan kecil.
- Bulu berwarna kuning kecuali pada bagian sayap berwarna putih kehijauan.
- Bulu di ekor berwarna putih kehijauan.
- Ada yang berjambul, ada juga yang tidak.

* HargaBurung Kenari Gloster Anakan : Rp 755.000
* HargaBurung Kenari Gloster Dewasa : Rp 1.210.000

5. Kenari Crest

jika melihat dari namanya saja maka sudah dapat diketahui bahwa crested canary adalah kenari mahkota atau kenari jambul. Pada mulanya kenari jambul disebut dengan istilah Turn Crown dan banyak juga yang menyebutnya dengan istilah King Of The Fancy yang berarti raja fantasi.

Pada awalnya kenari jambul ini berasal dari Skotlandia, dan hingga kini kenari jambul semakin menyebar hingga ke seluruh dunia. Bahkan, di Indonesia sendiri kenari jambul cukup populer dan diminati banyak orang khususnya kenari mania.

Jika melihat tampilan fisiknya, maka kenari ini lebih menonjol pada bentuk fisiknya yang unik, karena memiliki mahkota atau jambul sebagai ciri khasnya. Sehingga kenari jambul termasuk dalam varietas kenari postur. Meskipun unggul pada bentuk fisiknya yang mempesona, bukan berarti kenari ini tidak bisa bernyanyi.

Adapun ciri-ciri khusus burung kenari jambul bisa anda lihat selengkapnya berikut ini.

- Memiliki mahkota/jambul. Mahkota atau jambulnya ini terlihat luas, lebat dan menutupi kepala hingga bagian depan, bahkan sampai menutupi mata.
- Badanya cukup besar dan bidang
- Kepalanya juga cukup besar
- Lehernya pendek dan besar
- Bulunya lebih lebat serta lebih tebal jika dibandingkan dengan kenari jenis lainnya

* Harga Kenari Crested: Rp. 4.000.000 – Rp. 6.000.000

6. Kenari Roller

Burung kenari roller sudah banyak yang memeliharanya, dan banyak juga peternak kenari yang menjadikannya sebagai burung ternak. Sebab jenis burung ini juga tampak unik dan karakteristiknya berbeda dari burung kenari jenis yang lain.

Banyak jenis kenari yang populer di seluruh dunia, namun tidak ada yang dapat menandingi kemampuan german roller / roller jerman saat berkicau, Kenari yang di negeri aslinya dinamakan hartz mountain roller, sedangkan di kalangan kicaumania kerap dinamakan kenari roller, ini termasuk salah satu jenis kenari tertua yang paling terkenal.

Ciri ciri burung Buru Kenari Roller yaitu :

- Ukuran tubuhnya sekitar 7,5cm. Kemudian ciri yang khas pada burung ini termasuk burung penyanyi yang handal, dan juga di bagian dagu burung ini ada gelembung suara.

- Punya banyak bulu yang berwarna hijau.

- Selain itu juga punya garis-garis di bagian punggungnya. Burung kenari Roller tak hanya banyak dikembangkan di Belgia, namun juga banyak yang dikembangkan di Belanda.

* Untuk Harga Kami Belum Mendapatkan Refrensi Yang Tepat

7. Kenari Frill

Sebenarnya burung ini awal mulanya dikenal sebagai burung kenari Belanda yang muncul pada abad ke-18, hingga muncul berbagai macam jenis kenari yang tersebar ke seluruh dunia termasuk juga di Indonesia yang penggemar kenari sangat banyak.

Saat ini beberapa negara di dunia yang banyak mengembangkan kenari Frill adalah Belanda, Prancis, dan Italia, sedangkan negara Jepang masih sedikit. Postur fisik kenari Frill bisa dibilang cukup besar, karena ukuran tubuhnya bisa mencapa 20 centimeter.

Ciri ciri pada kenari ini yaitu berada di bagian bulunya yang bergelombang dan dikenal dengan 3 istilah yaitu Mantle, Jabot, dan Fin.

- Mantle adalah bulu dari jenis burung kenari Frill yang berada di sekitar punggung tepatnya membentuk garis lurus maupun secara simetris tampak membelah pada bagian punggung.

- Jabot merupakan istilah dari bulu yang berada pada bagian dada, bulunya tampak menggulung dan juga merombak ke dalam. Jabot di burung kenari Frill ini pasti ada di tiap sisi dada, selanjutnya membentuk kerutan sampai bertemu pada bagian tengah seperti halnya bentuk kerang yang menutup.

- Fin juga termasuk bulu-bulu pada kenari Frill yang terdapat pada sekitar paha menuju ke bagian sayap. Untuk ukiran bulu Fin ini lebih panjang. Jadi terlihat seperti bergelombang.

* Harga Burung Kenari Frill : Rp 2.050.000

8. Kenari Belgia

Kenari belgia mulai popular dan banyak dikembangbiakkan sejak akhir tahun 1800-an. Namun akibat Perang Dunia I yang memakan banyak korban jiwa, perkembangan kenari belgia di negara asalnya terus mengalami penurunan, bahkan nyaris punah.

Selepas Perang Dunia, kenari belgia justru banyak dikembangkan di beberapa negara Eropa, bahkan dijadikan bahan untuk menghasilkan keturunan dan beragam varietas yang popular seperti scoth fancy, lancashire, dan yorkshire.

Bagi kicaumania di Eropa, belgian fancy bisa dianggap sebagai kenari bangsawan, karena bentuk tubuhnya yang anggun dan unik. Kepala dan leher tampak menonjol keluar dari bahunya. Tubuhnya terlihat membungkuk seperti bumerang.

Adapaun beberapa ciri-ciri burung kenari Belgia bisa anda simak selengkapnya di bawah ini.

- Kepala kenari Belgia kecil seperti kepala ular
- Postur tubuhnya berbentuk punuk dan menyerupai bulan sabit
- Panjang kenari ini sekitar 17 hingga 18 cm
- Tampilannya mirip burung cacat, hal ini yang menjadikannya terlihat unik

* Untuk Harga Kami Belum Mendapatkan Refrensi Yang Tepat

9. Kenari Spanish Timbrado

Saat ini sudah banyak beredar jenis-jenis kenari yang di Indonesia. Mulai dari jenis kenari lokal hingga kenari import atau kenari mancanegara. Salah satu jenis kenari import yang dikatakan populer yaitu kenari Spanish Timbrado.

Spanish Timbrado termasuk jenis kenari yang berasal dari Spanyol. Di sana kenari jenis ini cukup populer sekali, bahkan juga kerap menang kontes di internasional. Takbisa dipungkiri jika peminat dari Spanish Timbrado ini cukup tinggi.


Burung kenari Spanish Timbrado ini populer sebagai kenari penyanyi yang tentu mempunyai suara yang bagus. Banyak juga yang menyebut suara kenari ini cukup istimewa, dan harga burungnya pun sangat mahal.

Walaupun kenari ini lebih unggul jika dilihat dari segi suara, namun di sisi lain kenari Spanish Timbrado juga punya ciri bentuk fisik yang bagus.
Dahulunya, burung kenari Spanish Timbrado dikembangbiakkan di negara Spanyol yaitu sekitar tahun 1940 hingga tahun 1950.

Adapun ciri-ciri Kenari Spanish Timbrado dari fisik maupun suara dari kenari Spanish Timbrado yaitu seperti berikut ini :

- Bentuk tubuh, asalnya dari persilangan antara burung kenari lokal dengan burung finch asli Spanyol, maka untuk ciri ciri kenari Spanish Timbrado ini memiliki postur tubuh yang sangat bagus sekali.

- Kaki lebih pendek, ciri ciri Kenari Spanish Timbrado di bagian kaki apabila diamati dari jauh lebih pendek dari jenis kenari lokal asli Indonesia.

- Bulu lebat dan ekor berbentuk V

* Harga Burung KenariSpanish TimbardoRp. 2.000.000 – Rp. 3.000.000

10. Kenari Waterslager

Jenis Kenari Waterslager mungkin masih agak asing anda dengar akan tetapi burung kenari ini merupakan salah satu jenis burung kenari yang di akui oleh Organisasi Ahli Burung Dunia. burung kenari yang memiliki suara kicauan yang sangat khas ini berasal dari negara belgia lebih tepatnya dai daerah fladres.

waterslager memiliki suara yang cukup mirip dengan suara air mengalir sesuai dengan nama yang dimilikinya “waterslager” yang dimana water dalam bahasa indonesia berarti air, walaupun secara fisik kenari waterslager ini masih kalah menarik jika di bandingkan dengan kenari yorkshire akan tetapi kalau di lihat dari segi suara menurut pendapat pribadi saya suara burung kenari waterslager ini memiliki kicauan yang lebih variatif jika di bandingkan dengan burung kenari lain.

Selain itu jika anda mendengarkan suara burung waterslager ini di youtube atau secara langsung mungkin anda bisa langsung mengenali jika ini adalah suara burung waterslager karena burung ini memang memiliki suara kicauan yang sangat khas dan mudah di bedakan dengan suara burung kenari lainnya.

Ciri-ciri Kenari Waterslager

- Umumnya, mereka memiliki panjang tubuh sekitar 6,5 inci (sekitar 16,5 cm).
- Kepala yang berbentuk seperti kerucut, memiliki paruh besar,
- Gigitan lebih tajam dibanding kenari jenis lainnya. Selain itu,
- Mata hitam yang mengkilap.
- Saat kenari sedang dalam kondisi gembira, maka bulu di bagian belakang kepala akan berdiri.

* Untuk Harga Kami Belum Mendapatkan Refrensi Yang Tepat

11. Kenari Melayu/Gunung

Kenari gunung atau kenari melayu yang dalam bahasa asing dikenal dengan sebutan Mountain serin ( Serinus estherae ) juga memiliki sebutan lain seperti Javan greenfinch, Sunda serin ataupun Indonesian serin. seperti yang kita ketahui bahwa Genus Serinus adalah genus terbesar dari burung yang berada dalam keluarga finch Fringillidae, dan kebanyakan ditemukan di daerah Afrotropis dengan beberapa spesies terpencil di Eropa dan Asia.

Genus ini berisi beberapa kelompok spesies yang termasuk juga didalamnya adlaah kenari, seedeaters dan siskin afrika ( African siskins). Mayoritas burung dalam genus ini berukuran kecil dan sedang, dengan warna bulu yang rata-rata berwarna hijau dan kuning serta motif garis yang meskipun ada beberap pengecualian.

Kenari gunung ini secara umum banyak ditemukan di daerah-daerah dengan ketinggian yang tinggi yang terisolasi dari Greater sunda ke Sulawesi dan Filipina. Chasen (1940) memberikan nama Serinus estherae orientalis pada burung yang ditemukan di pegunungan Tengger Jawa Timur.

Sedangkan spesies yang ditemukan di Gunung Gede Pangrango Jawa barat merupakan spesies yang pertama kali ditemukan ( Serinus estherae estherae ), barulah setelah itu ditemukan lagi spesies lainnya di daerah Pegunungan Leuser Sumatera ( Serinus estherae venderbilti ), dan pada tahun 1996 muncul penegasan terhadap ciri-ciri khas burung yang berasal dari Jawa Timur dengan burung yang berasal dari Jawa Barat.

Ciri Ciri Burung Kenari Gunung Atau Melayu :

- Kenari Gunung Atau Melayu ini termasuk jenis burung kecil, panjangnya 11 cm hingga 12cm.
- Burung kenari gunung berwarna kuning dan abu-abu.
- Sedangkan untuk burung jantan memiliki dahi dan dada berpita kuning dan bercoret hitam.
- Tunggir burung jantan kuning terang, sayapnya hitam dengan tiga garis kuning menyilang dan pinggir putih pada bulu sekunder.
- Tengkuk dan mantelnya berwarna abu-abu, tenggorokan hitam, dan perut putih bercoret hitam.
- Burung betina mirip dengan burung kenari jantan, akan tetapi tunggir kuningnya lebih suram serta dadanya kurang berbintik.
- Baik kenari gunung jantan maupun betina irisnya berwarna coklat, paruhnya kecoklatan dan kaki mereka berwarna hitam.

* Harga Burung KenariGunung Atau Melayu Super: Rp 250.000
* Harga Burung KenariGunung Atau MelayuRomeo : Rp 300.000
* Harga Burung KenariGunung Atau Melayu Kuning: Rp 200.000

12. Kenari Scotch Fancy

Scotch fancy canary di benua Eropa sangatlah populer, terutama di Skotlandia dan Inggris. Di sana kenari jenis ini dijuluki dengan sebutan "The Glasgow". Tubuh kenari ini sangatlah unik, mirip dengan kenari belgia dengan tubuh lengkungnya. Orang Inggris sangat menggemari kenari ini dikarenakan memiliki postur tubuh yang unik dan indah, selain itu juga memiliki suara yang unik (baca juga: suara kenari).


Kenari scotch fancy awal mulanya berasal dari negara Skotlandia, dan dikembangkan pada tahun 1900-an. Ciri utama yang paling menonjol adalah bentuk tubuhnya yang melengkung menyerupai bulan sabit. Kenari ini sepintas terlihat seperti sedang membungkuk, tapi memang sebenarnya ini postur asli. Pada umumnya kenari ini panjang tubuhnya sekitar 17 cm, dan lebih ramping dan melengkung.

Kenari soctch fancy masuk varietas postur, karena keunggulannya ada pada keunikan postur fisiknya. Adapun ciri fisik lain yang lebih detail bisa anda simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Ciri-ciri kenari scotch fancy :

- Tubuhnya sempit namun panjang dan melengkung membentuk sabit.
- Kepalanya kecil.
- Lehernya agak panjang dan tipis.
- Bahunya cukup besar.
- Kakinya panjang/jangkung.
- Ekor yang panjang kebawah dan melengkung menuruskan lengkungan tubuhnya.
- Kontur bersih.
- Warna pada umumnya yaitu kuning, putih, dan ada juga warna yang mirip kenari romeo.

* Harga Burung KenariScotch Fancy: Rp1.500.000 – Rp. 2.000.000

13. Kenari Lancashire

Julukan kenari yang “bangkit dari kepunahan” pantas diberikan kepada lancashire. Bagaimana tidak? Dulu, kenari ini selalu digunakan untuk mengembangkan jenis / varietas lainnya. Ironisnya, tak ada yang membiakkan lancachire secara murni, sehingga varietas ini dianggap sudah punah semasa Perang Dunia II. Kenari lancashire yang ada saat ini pun merupakan hasil rekonstruksi dari keturunan-keturunan induknya yang pernah memberikan kontribusi di masa lalu.

Kenari lancashire diyakini sudah ada di Inggris sejak abad ke-18. Sekitar tahun 1870, varietas ini banyak digunakan untuk mengembangkan jenis kenari lainnya seperti crested, norwich, dan yorkshire.

Namun banyak penangkar yang melakukan perkawinan silang (persilangan / crossing) , sehingga jumlah lancashire galur murni (standar) pun menurun drastis, dan dinyatakan punah pada masa Perang Dunia II.

Lancashire merupakan jenis kenari terbesar di Inggris. Panjang tubuhnya bisa mencapai 20 cm lebih. Posturnya cukup gagah dan berkesan mewah, karena sejak awal memang sengaja dikembangkan untuk bisa berdiri tegak.

Kenari lancashire jika dilihat sekilas memang mirip kenari yorkshire karena sama-sama postur tubuhnya terlihat tegak dan tegap, namun banyak juga ciri-ciri dari kenari lancashire berikut ini.

- Kepalanya besar
- Badannya besar dan panjang
- Lehernya tebal
- Bulunya lembut
- Sayapnya panjang
- Bahunya tegak
- Punggungnya lebar
- Ekornya panjang
- Kebanyakan warna bulunya kuning

* Harga Kenari Lanchasire Jantan Impor : Rp. 7.000.000 – 11.000.000
* Harga Kenari Lanchasire Betina Lokal : Rp. 7.000.000 – Rp. 10.000.000

14. Kenari American Singer

American singer merupakan salah satu jenis burung kenari yang memiliki kicauan sangat cantik. Kenari ini merupakan hasil persilangan antara kenari jenis border dan kenari asal Jerman, roller. Uniknya, yang pertama kali menyilangkan adalah sekelompok wanita di Boston Massachussets, sekitar tahun 1930.

Mendengar kualitas ocehannya yang ciamik, para pemerhati burung di Negeri Paman Sam pun terus memperhatikan perkembangan american singer. Dalam waktu cepat, kenari ini mendapat tempat di hati para penggemar burung di AS.

Popularitasnya langsung mengungguli kenari-kenari yang sudah ada sebelumnya. American singer memiliki karakter tersendiri dalam lagunya, seperti mengumpulkan keunggulan kedua induknya. Iramanya mirip border, tetapi karakter lagunya sangat kuat, bahkan lebih kuat daripada roller.

American singer kemudian banyak dipelihara warga Amerika, bahkan sebagian mulai menyilangkannya dengan jenis kenari lainnya, untuk menghasilkan varian baru. Dean Kurdi, misalnya, berhasil mencetak varian baru yang disebut kurdsville canary, yang merupakan hasil persilangan antara american singer dan kenaru japan hoso.

Ciri Ciri Burung Kenari American Singer

- Bulunya biasanya berwarna kuning,
- Tubuhnya bulat dan leher cenderung pendek

* Harga Burung KenariAmerican Singer Gacor: Rp 1.950.000
* Harga Burung KenariAmerican Singer: Rp 1.200.000

15. Kenari Japan Hoso

Kenari japan hoso mungkin terdengar masih asing di telinga kita. Kenari jenis ini sebenarnya sudah diperkenalkan para penangkar di Jepang pada tahun 1963, dan mulai popular di Eropa pada dekade 1970-an. Japan hoso merupakan kenari silangan antara scotch-fancy dan kenari lokal Jepang. Tidak heran jika ada juga yang menyebutnya sebagai scotch fancy mini.

japan hoso adalah silangan antara scotch-fancy dan kenari lokal Jepang yang berukuran kecil. Karena itulah, japan hoso punya postur yang lebih kecil dari scotch-fancy. Postur tubuhnya yang membungkuk seperti bulan sabit, dengan ekor selalu melintang di bawah tangkringan, membuat kenari ini banyak disukai.


Kenari jenis hoso Jepang atau Japan hoso merupakan kenari silangan yang dilakukan para penangkar kenari di Jepang dengan menyilangkan kenari scoth-­fancy dengan kenari lokal mereka. Pada masa­masa pertama kehadirannya, kenari Japan hoso ini sempat dianggap sebagai kenari scoth-­fancy mini yang merupakan persilangan antara kenari bengkok Belgia dengan kenari dari Munich (Jerman).

Berikut ciri­-ciri khusus dari kenari Japan hoso yang asli:

- Karakter tubuh kenari ini membungkuk seperti bulan sabit dengan bentuk ekor yang selalu melintang di bawah tangkringannya
- Kepalanya terlihat kecil, dengan bentuk yang semi bundar dan leher mereka yang tipis dan panjang.
- Ukuran tubuh rata­rata dari kenari Japan Hoso adalah sekitar 11,5 cm.

* Harga Burung KenariJapan Hoso: Rp 700.000

16. Kenari Lizard

Salah satu jenis kenari tertua yang memiliki corak warna yang mempesona yaitu kenari kadal/lizard, yang juga menjadi idola penghobi kenari dari berbagai jenis burung kenari lainnya.

Kenari lizard merupakan jenis kenari tertua yang pertama kali dikenal di daerah Eropa pada dekade 1600-an dan mulai dikembangkan pada dekade 1700-an di negara Perancis. Sebenarnya kenari lizard pernah berada diambang kepunahan pada saat era perang dunia karena peperangan dan wabah penyakit, namun sebuah asosiasi bentukan para peternak kenari lizard bisa menyelamatkan populasinya yang saat itu bisa dihitung keberadaannya.

Di abad ke-19 metode penangkaran kenari lizard dengan warna berbeda berhasil dikembangkan dan sejumlah peternak sukses memadukan warna pada sisik dengan warna mutasi yang menghasilkan warna mutiara. Sehingga sampai saat ini kenari lizard populer dengan istilah kawin silang/cross breeding.

Ciri Ciri Burung Kenari Lizard :

- Postur tubuh Kenari Lizard berukuran 13-14 cm.
- Motif bulu Kenari Lizard seperti kadal di bagian punggung dan dadanya.
- Sayap dan ekor berwarna hitam.
- Bagian tubuh tertentu berwarna gelap, seperti paruh, kaki, dan kuku-kukunya.

* Harga Burung Kenari Lizard Anakan : Rp 550.000
* Harga Burung Kenari Lizard Dewasa : Rp 1.450.000

17. Kenari Gibber Italicus

Burung kenari Italian humback frill lebih dikenal dengan nama kenari gibber italicus. Jenis burung kenari yang satu ini berasal dari negara Italia dan mulai dikembangkan sejak tahun 1951. Pemerintah Italia sendiri telah resmi mengakui burung kenari ini sebagai burung ras asli yang berasal dari negaranya. Burung ini lebih banyak ditemukan di sekitar Italia bagian utara karena pusat perkembangannya berada di area tersebut. Jenis burung kenari ini pun dengan cepat menyebar ke Indonesia.


Tidak seperti jenis burung kenari lainnya yang mudah untuk dirawat dan dibiakkan. Burung kenari gibber italicus memerlukan sejumlah perawatan khusus yang tidak semua pecinta burung bisa melakukannya. Jika Anda mempunyai keinginan untuk memelihara burung kenari jenis ini, maka Anda disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada orang yang memang mempunyai keahlian dalam merawat burung kenari spesial ini.

Ciri Ciri Burung Kenari Gibber Italicus

- Kenari gibber italicus mempunyai panjang sekitar 6 sampai 8 inci,
- Warna kuning cerah pada bulunya.
- Hal yang paling mencolok terlihat pada burung kenari ini yaitu postur tubuhnya yang sering dianggap burung cacat.
- Bagian leher dari burung ini cenderung melengkung ke bawah sehingga posturnya terlihat seperti membungkuk.
- Bagian kepalanya tidak dipenuhi dengan banyak bulu dengan badan yang kurus. Kaki burung ini juga berukuran kecil dan panjang.

* Untuk Harga Kami Belum Mendapatkan Refrensi Yang Tepat

18. Kenari Rusia

Kenari Rusia masih satu famili dengan Senirus canaria. Burung ini berhabitat asli di daratan Rusia yang dingin. Kemudian, dikembangbiakan hingga ke seluruh belahan bumi. Kerap diekspor dari satu negara ke negara lainnya.

Burung Kenari Rusia merupakan hasil kawin silang. Dinamakan kenari rusia karena perkembangbiakannya dimulai dari negara ini. Sejak saat itu, para kicaumania mulai melatih ocehan spesies tersebut. Upaya itu ternyata membuahkan hasil; suara russian canary terdengar merdu.

Karakteristik kenari rusia sangat mudah dikenali. Mereka berbulu putih dengan paruh merah muda. Kakinya mungil, berwarna pink, serta transparan. Wajah kenari jantan tampak oranye, sedangkan pada betina didominasi putih.

Paruh kenari rusia tergolong pendek dan lancip. Bentuk ini mendukung bakatnya yang bisa menyanyikan lagu apa pun. Saat di alam bebas, mereka gemar hinggap di dahan pohon sambil berkicau.

Keunggulan Burung Kenari Rusia :

- Burung kenari Rusia (Russian Canary) ternyata memiliki 10 hingga 15 nyanyian yang bernada tinggi dan dapat dinyanyikan selama 45 sampai 60 detik.

- Mempunyai berbagai komposisi lagu dengan gabungan irama yang cukup bagus, semisal: suara burung hutan, suara burung sungai, dan masih banyak yang lainnya. Hal inilah yang menjadikan suara kenari rusia terdengar lebih alami. Berbeda dengan kenari jenis waterslager ataupun jenis roller yang membutuhkan pemasteran agar bisa menirukan suara burung lain.

- Kenari Rusia bisa dibilang jenis kenari yang pintar ataupun cerdas, karena mampu menghafal lebih banyak lagu (master). Bisa dibilang juga kenari jenis ini memiliki memori yang sangat bagus, ataupun memiliki daya ingat yang kuat.

- Kenari rusia ternyata mempunyai larynx yang sangat bagus dan terlatih. Sobat kenari mania mungkin bertanya, apa itu larynx? Larynx adalah kotak suara yang letaknya berada pada persambungan rongga mulut dan trachea. Oleh karena itu, kenari rusia mampu menirukan suara-suara burung lain dengan banyak variasi serta lagu-lagu yang panjang.

Untuk membedakan kenari jantan dan betina ternyata cukup mudah dan jelas, yaitu pada kenari jantan ditandai dengan warna orage di sekitar wajahnya, sedangkan kenari rusia betina wajahnya lebih pucat.

* Untuk Harga Kami Belum Mendapatkan Refrensi Yang Tepat

19. Kenari Stafford

Burung kenari Stafford dalam istilah bahasa Inggris disebut Stafford Canary, dan kenari jenis ini termasuk sebagai kenari yang sangat populer di daratan Eropa. Tahukah anda bahwa Stafford hasil dari perkawinan dari jenis kenari apa? Kenari Stafford dari hasil perkawinan antara kenari gloster dengan kenari merah atau red factor canary, dan dikembangkan oleh kelompok tertentu di Eroopa dyang bernama Deutche Koife yakni tepatnya tahun 1970-an.


Kenari Stafford ada berbagai macam jenisnya berdasarkan bentuk fisiknya ataupun juga bulunya. Jenis kenari Stafford yaitu kenari Stafford berjambul atau yang disebut stafford crested canary dan kenari Stafford yang tidak berjambul atau Stafford non-crested Canary. Banyak juga variasi warna dari kenari jenis ini, diantaranya adalah, warna polos, bon, dan frost. Semenjak tahun 1990-an, kenari Stafford semakin dikenal banyak masyarakat, terutama para penggemar kenari, dan hingga saat ini kenari Stafford semakin populer.

Ciri Ciri Kenari Stafford Di Bawah ini :

- Kepala, pada umumnya kenari stafford terbagi menjadi 2 jenis yaitu kenari stafford berjambul dan tidak berjambul di bagian kepalanya. Kenari Stafford yang berjambul juga terbagi menjadi 2 macam, yaitu warna jambulnya yang sesuai dengan warna bulu badannya, atau ada juga yang memiliki jambul yang berbeda dari warna badannya, seperti warna uban atau yang disebut dengan istilah grizzled, maupun warna gelap pada jambulnya, dan masih banyak perbedaan warna lainnya.

- Warna, Ada beberapa warna bulu pada kenari Stafford, diantaranya adalah warna polos tanpa melanin, warna bulu yang ada coraknya, dan ada juga kombinasi warna yang disebut dengan istilah variegated. Melihat bahwa kenari jenis ini memiliki corak warna yang berbeda-beda serta menjadikannya sebagai kenari yang terkenal dengan tampilan warnanya yang bagus, maka kenari Stafford masuk dalam varietas kenari warna.

* Harga Burung KenariStafford: Rp
* Harga Burung KenariStafford: Rp

20. Kenari Red Factor

Kenari Red Factor merupakan burung dalam kategori “Color Canary” yang diternakkan sebab keindahan warna bulunya. Dan tidak karena suara atau sebab bentuk fisiknya.

Kenari merah ini merupakan jenis kenari yang baru sebab baru mulai diternakkan pada awal sampai dengan pertengahan tahun 1900-an. Dan sekarang ini, telah ada banyak versi dari kenari jenis ini.
Burung kenari merah punya panjang tubuh kurang lebih sekitar 5,5 inchi (14 cm). Kenari jenis ini dapat menghasilkan kenari anakan yang punya warna turunan dari kedua induknya.

Sehingga, tak heran apabila pada akhirnya banyak sekali jenis kenari dengan intensitas warna merah berbeda yang ada di dunia ini.

* HargaBurung Kenari Red Intensif Betina : Rp 1.450.000
* HargaBurung Kenari Red Intensif Jantan : Rp 1.850.000

21. Kenari Color Bred

Pada mulanya kenari jenis ini dikembangbiakkan oleh para penangkar kenari sekitar tahun 1900-an, Postur fisik burung kenari warna berukuran sekitar 14 cm, dan kenari jenis ini merupakan kenari yang dapat memanjakan mata pemiliknya atau penontonnya, karena memang sangat lincah, aktif bergerak, atraktif, dan sangat menghibur.

Ada berbagai macam warna yang bisa ditemukan pada jenis kenari ini, mulai dari warna kuning, merah, biru, coklat, dan lain sebagainya yang tentu ini dikembangkan oleh para penangkar dengan kombinasi kenari dengan warna dasar.

Burung kenari warna memiliki ciri-ciri khusus, diantaranya adalah sebagai berikut :

- Bulu kenari warna terlihat sangat bersih, dan bila dipegang terasa lebih halus.
- Leher hingga kepalanya tidak memanjang.
- Kebiasaan berdiri tegak hingga 45 drajat.

* Untuk Harga Kami Belum Mendapatkan Refrensi Yang Tepat

22. Kenari Cinnamon

Kenari Cinnamon, salah satu jenis burung Kenari yang tidak kalah populer dibanding jenis Kenari lainnya. Burung Kenari Cinnamon memiliki penampilan yang mirip dengan burung Kenari Norwich. Burung ini dikenal sebagai burung Kenari yang sangat langka namun sangat aktif dan juga pandai berkicau. Burung Kenari ini dikembangbiakkan di Inggris di awal tahun 90-an, yang kemudian disilangkan dengan Kenari lainnya.

Beberapa jenis Kenari yang disilangkan dengan burung ini di antaranya yaitu burung Norwich, Yorkshire dan juga Border. Tujuan persilangan tersebut yaitu agar mendapatkan keturunan dengan warna bulu yang lebih tegas.

Namun kenari cinnamon mudah dibedakan dari jenis kenari lainnya terutama berkenaan dengan penampilan, berikut adalah ciri khas kenari cinnamon antara lain :

- Rata-rata berukuran panjang 15-16 cm.
- Tubuh berbentuk bulat dengan bagian dada yang tampak lebar/bidang.
- Mempunyai bulu-bulu yang halus dan tebal berwarna coklat kemerahan.
- Mempunyai sayap, ekor dan paruh yang lebih pendek.

* Untuk Harga Kami Belum Mendapatkan Refrensi Yang Tepat

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar