Jenis Dan Ciri Ciri Burung Anis ( Punglor )
Jenis Dan Ciri Ciri Burung Anis ( Punglor )

Jenis Dan Ciri Ciri Burung Anis ( Punglor )

ciri 2 burung anis kembang jantan, burung anis cendana jantan betina, burung anis hutan jantan, burung anis jantan, burung anis jantan betina, burung anis kembang jantan dan betina, burung anis kuning jantan, burung anis merah jantan dan betina, foto burung anis merah jantan, burung anis ada berapa jenis, burung anis dan jenisnya, burung anis jenis, jenis 2 burung anis, jenis burung anis yang ada di indonesia, jenis burung anis yang bagus, jenis burung anis yang paling bagus

ciri jenis burung anis

Jenis Dan Ciri Burung Punglor - Burung Anis atau “Punglor” merupakan dari genus tardus atau Zoothera. Maka dari itu ada beberapa macam genus lagi yang termasuk kategori punglor / anis, seperti Psophocichla, Ixoreus, Myophonus dan lain-lain. Semua jenis tersebut masuk dalam kategori Turdidae.

Burung Anis yang beredar di Indonesia ada banyak jenisnya. Masing-masing memiliki karakter tersendiri yang bisa dibedakan dari warna bulu yang menghiasi tubuhnya. Sejauh ini, setidaknya ada 14 jenis yang paling terkenal.


Harga burung Anis dari masing-masing jenis juga berbeda namun tidak terpaut terlalu jauh. Anda bisa membeli yang sesuai dengan selera karena tampilan fisik burung juga menjadi salah satu pertimbangan seseorang saat akan membeli burung. Burung yang memiliki warna bulu atraktif nyatanya juga menjadi hiburan tersendiri yang membuat Anda bisa mengagumi keindahannya.

Secara umum burung Anis memiliki perawakan yang sedang dengan tubuh gempal. Burung ini masuk dalam genus Zootherayang dikenal dengan suara kicau yang indah sambil ngeplong atau teler. Persebarannya hampir ada di seluruh dunia, di Indonesia bayak ditemukan di sekitar Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara dan Jayapura.

Pada habitat aslinya, burung Anis sangat suka hidup di sekitar hutan yang lembap dan lahan yang cenderung basah. Burung Anis memiliki paruh berbentu lancip yang menandakan makanannya berupa hewan atau serangga kecil seperti ulat, semut, jangkrik dan belalang. Sumber makanan yang dikonsumsi tersebut bisa menunjang kemampuan kicau yang dimiliki oleh burung Anis.

1. Burung Anis Merah (Zoothera citrina)

Burung anis merah merupakan salah satu jenis burung berukuran sedang yaitu sekitar 21 cm yang telah dikenal sejak beberapa tahun belakangan ini. Nama anis merah tiba-tiba muncul dan menggemparkan dunia burung berkicau sebab burung anis merah memiliki kualitas suara yang dapat menandingi bahkan kelasnya berada diatas cucakrawa yang selama ini dikenal sebagai burung yang memiliki kualitas suara yang sangat bagus.

Burung Anis Merah

Burung muda bercoret dan bersisik di punggung. Iris coklat, paruh hitam, kaki coklat. Anis merah jantan dan betina sulit dibedakan, burung pemalu yang menyukai hutan gelap di dataran rendah dan perbukitan sampai ketinggian 1500 mdpl. Sering mengendap-endap di kelebatan penutupan semak di tanah. Bernyanyi dari tenggeran pohon.

Ciri Ciri Khas Burung Anis Merah

- Burung anis merah memiliki suara yang merdu
- Burung anis merah berukuran sedang 20–23 cm
- Berat tubuh antara 47–67g)
- Warna kepala jingga dan berkepala tengkuk
- Warna tubuh bawah jingga terang
- Warna tungging putih
- Warna tubuh atas abu-abu kebiruan dengan bercak putih di sayap atas

Ciri-Ciri Anis Merah Jantan:

- Posisi mata hampir sejajar dengan paruh.
- Leher yang lebih panjang.
- Jari-jari kaki yang panjang.
- Kepala yang lebih lonjong.
- Sayap mengepit saat sedang bertengker.
- Tubuh yang lebih ramping.
- Lubang hidung panjang dan lebar.
- Paruh tebal dan lancip.
- Warna bulu yang lebih tegas.
- Bulu yang lebih mengkilap.

Ciri-Ciri Anis Merah Betina:

- Leher yang lebih pendek.
- Kaki dan jari kakinya cenderung lebih pendek dan lemah.
- Kepala yang bulat.
- Warna kuning pada bagian sayap.
- menggetarkan sayap saat bertemu sejenis.
- Mata tidak sejajar dengan paruh.
- Paruh tipis.
- Warna bulu merah terlihat lebih memudar.
- Tubuh yang bundar dan pendek.
- Memiliki fisik yang lebih lemah.

2. Burung Anis Kuning (Turdus obscurus)

Anis kuning merupakan burung yang masuk dalam kategori keluarga Zoothera. Suaraya yang merdu dan gaya bertaungnya yang unik menjadi salah satu ciri khas burung anis kuning ini. Serta terdapat warna putih pada bagian kepala di atas mata.

Turdus obscurus atau Punglor Kayu, tempat asalnya adalah dari wilayah Mongolia, Amurland dan Siberia. Pada saat musim kawin biasanya bermigrasi ke wilayah Asia Tenggara. Seperti Indonesia, Taiwan dan Filipina. Punglor kayu sering ditemukan orang berhabitat di pulau Kalimantan, Sumatera dan Jawa

Burung Anis Kuning

Daerah persebaran burung Anis Kuning di Indonesia ini yaitu meliputi di daerah seperti Sumatera, Jawa, Sulawesi, Bali, dan juga di Flores. Kemudian, untuk habitat asli burung Anis Kunig yaitun berada di kawasan Asia Utara mulai dari Siberia, Mongolia, serta di kawasan Amurland.

Kemudian untuk negara yang dijadikan sebagai tujuan migrasi oleh burung Anis Kuning selain Indonesia diantaranya meliputi Taiwan, India, dan juga di Filipina.

Ciri Ciri Khas Burung Anis Kuning : 

- Berukuran Tubuh Sedang sekitar 23cm
- Warna Tubuh cokelat zaitun yang menyelimuti area tubuh bagian atas mulai sayap, punggung, tengkuk dekat kepala, serta pada bagian ekornya.
- Warna itu ada pada bagian kepala, alis mata, serta pada bagian perutnya terdapat warna putih sedikit keabu-abuan
- Bagian dadanya diselimuti warna cokelat kemerahan terang yaitu hingga pada bagian sisi samping bawah sayapnya.
- Bagian paruhnya agak besar dengan dibalut warna kuning dan hitam dekat ujungnya.

Ciri Ciri Burung Anis Kuning Jantan

- Warna dada kuning mengkilap

Ciri Ciri Anis Kuning Betina

- Warna dada kuning kusam.

3. Burung Anis Cendana (Geokichla peronii)

Pada awalnya, anis cendana ini dianggap sebagai anis yang biasa tanpa ciri khas yang istimewa, sebab tampilan fisiknya hampir menyerupai dengan anis kayu atau anis kening. Namun, setelah mendengarkan bunyi kicauan burung ini, maka sebagian besar kicau mania pun mengakui keunggulan anis ini, terutama dari segi suara, yaitu suaranya sangat istimewa.

Karena keistimewaan bunyi yang dimiliki anis cendana, maka menyebabkan namanya melambung tinggi di pamasukan, sehingga harganya pun turut naik. Karena kepopulerannya pada dikala itu, menjadikannya masuk di jajaran jenis anis lainnya yang fenomenal, menyerupai anis merah dan anis kembang.

Burung Anis Cendana

Bila dilihat sekilas, dari segi posturnya, anis cendana menyerupai dengan anis macan dan anis merah, dan banyak penangkar anis yang menganggap bahwa anis ini ialah hasil persilangan antara anis merah dengan anis macan. Maka, tak heran jikalau anis cendana pun turut terkenal dan menjadikannya sebagai burung kicau yang disegani, dan suaranya menjadi buruan sebagai materi masteran.

Ciri-ciri umum burung anis cendana adalah sebagai berikut :

- Tubuh dari kepala, dada, hingga perut berwarna merah terang.
- Bagian punggung, sayap, hingga ekor berwarna ungu kebiruan.
- Terdapat sedikit warna putih di ujung sayapnya.
- Sorot matanya tajam, berwarna hitam legam.
- Pipi berwarna putih disertai garis-garis hitam vertikal.
- Paruh berwarna ungu agak gelap.

Ciri Anis Cendana Jantan : 

- Memiliki postur tubuh lebih tegap dan ramping dibandingkan betina.
- Memiliki warna bulu yang lebih tegas dibandingkan betina
- Jarak antara kedua kaki lebih rapat pada saat bertengger
- Kicauan anis cendana jantan lebih lantang dan bervariasi
- Mata pejantan lebih menonjol keluar dibandingkan betina

Ciri Anis Cendana Betina : 

- Memiliki postur tubuh lebih bulat dan jongkok dibandingkan jantan
- Warna bulu tidak setegas jantan
- Jarak antara kedua kaki lebih lebar pada saat bertengger
- Kicauan tidak sebagus dan selantang jantan
- Bagian mata tidak terlalu tampak menonjol keluar.

4. Burung Anis Macan (Zoothera dohertyi)

Ciri Khas Burung Anis Macan

- Ciri khas Burung Anis Macan sendiri memiliki warna tubuh yang kebanyakan berwarna coklat. Akan tetapi pada bagian bawahnya berwarna putih dan juga hitam.

- Kemudian memiliki sisik sisik unik pada tubuhnya dengan warna kuning yang ada pada bagian tepi bulu. Burung Anis Macan ini pun juga mempunyai paruh yang berwarna cokelat gelap.

Burung Anis Macan

- Lalu pada bagian kaki berwarna merah jambu dan yang pastinya memiliki khualitas suara kicauan yang begitu bagus. Jadi burung ini sangat diminati ataupun dicari oleh para pecinta burung kicauan di Indonesia.

Ciri-ciri Anis Macan jantan

- Punglor kembang jantan memiliki mata yang agak sedikit menonjol atau terlihat melotot.
- Terdapat bulu berwarna gelap hitam/abu-abu yang berlekuk-lekuk seperti awan mendung pada bagian pantatnya.
- Jantan umumnya memiliki warna bulu yang lebih mengkilap dan kontras.
- Saat anakan/trotolan akan membuka mulutnya jika sedang ngeriwik.
- Memiliki bentuk kaki yang lebih rapat dari anis kembang betina. Seperti pada ciri-ciri lovebird jantan dan betina.
- Anis kembang jantan dewasa yang sedang birahi akan menunjukan prilaku menggoda (istilahnya Ngidang) yang sudah dewasa/birahi akan menanduk atau menyundul-nyundul sambil berkicau jika didekatkan dengan Punglor Kembang betina.

Ciri-ciri Anis Macan betina

- Memiliki mata yang lebih datar tidak terlihat menonjol/melotot.
- Warna bulu warna bulu anusnya hanya sewarna, yakni bisa putih terang, bisa putih keruh (khusus bagi anis dewasa).
- Memiliki warna bulu yang aga sedikit pudar, tidak mengkilap, tidak begitu kontras, atau tegas seperti Anis Kembang jantan.
- Saat masih bahan atau trotolan hanya bisa menggelembungkan lehernya saja ketika ngeriwik, walaupun suaranya lebih keras.
- Memiliki bentuk kaki yang renggang dan sedikit menunduk.
- Punglor Kembang betina yang sudah dewasa akan melakukan gerakan ‘menggoda’ saat didekatkan jantan yang berkicau menggodanya, atau me respon godaan dari jantan tersebut. Merespon godaan anis jantan dengan membuka dan menutup sayapnya.

5. Burung Anis Sisik (Zoothera dauma)

Burung anis atau punglor yang salah satunya adalah anis sisik atau punglor sisik yang dalam bahasa inggris dikenal dengan nama Common scaly trhrush atau Zoothera dauma. Spesies burung ini merupakan satu dari 39 spesies Zoothera yang terdapat di dunia. Bagi kalangan kicaumania, burung anis sisik ibarat burung yang terpinggirkan karena dianggap tidak bisa berkicau.

Anis sisik umumnya berhabitat di pegunungan yang berada di wilayah Sumatera Utara. Seluruh tubuhnya dibalut corak yang menyerupai sisik dan dari penampilannya itu spesies burung ini diberinama dengan anis sisik atau scaly thrush.

Burung Anis Sisik

Seperti halnya spesies burung anis lainnya yang cenderung sangat pemalu untuk berkicau, anis sisik pun tak jauh berbeda dengan spesies anis lain seperti anis gunung atau anis siberia. Meski sebenarnya burung ini memiliki kemampuan untuk bersuara dengan suara yang lantang dan bervariasi seperti halnya anis kuning atau anis cendana.

Ciri Ciri Khas Burung Anis Sisik :

- Memiliki ukuran cukup besar sekitar 28 sampai 30 cm
- Berat tubuh sekitar 88 sampai 130 gr.
- Secara umum penampilan burung anis sisik berwarna coklat bersisik.
- Pada tubuh bagian atas berwarna coklat dan bagian bawah putih
- Seluruh tubuhnya berenda dengan sisi bulu kuning emas dan hitam dengan iris coklat
- Paruh berwarna hitam
- Kaki berwarna kuning

6. Burung Anis Hutan (Zoothera andromedae)

Anis Hutan (Zoothera andromedae) merupakan salah satu jenis burung kicau berukuran besar dari keluarga Turdidae dan genus Zoothera. Jenis burung ini dapat dijumpai di daerah hutan dataran rendah lembab subtropis atau tropis dan juga terdapat di hutan pegunungan lembab subtropis atau tropis.

Burung Anis Hutan

Kemampuan berkicaunya, menurut beberapa referensi dikatakan burung ini juga memiliki kicauan yang lumayan merdu, dengan nada sedikit berdesah, tapi bisa mengalun panjang. Tapi karena karena termasuk burung yang mudah stress, agak susah untuk membuat burung ini berkicau. Adaptasi yang susah dengan tempat barunya, sehingga memerlukan waktu yang lumayan lama untuk melatih burung ini berkicau

Penyebaran burung anis hutan

Burung anis hutan dapat di jumpai di Filipina, Timor Leste dan Indonesia. Di Indonesia sendiri dapat dijumpai di daerah Sumatera, Jawa, Bali, dan Nusa tenggara. Sumatera (termasuk P.enggano), Jawa (terbatas di Gede-Pangrango, Halimun), sepertinya lebih merata di daerah pegunungan Bali, Lombok, Sumbawa, Flores, Timor, Wetar, Moa, dan Romang.

Habitat dan makanan anis hutan

Sunda Thrush, hidup atau berhabitat di hutan dataran rendah lembab subtropis atau tropis dan juga terdapat di hutan pegunungan lembab subtropis atau tropis. Suka mencari makanan di atas permukaan tanah, mencari cacing dan serangga kecil di bawah lapisan tanah paling atas. Buah-buahan hutan juga menjadi pakan alternatif bagi burung ini, apabila cacing dan serangga tidak ditemukan.

Ciri Ciri Khas Burung Anis Hutan : 

- Burung anis hutan memiliki panjang tubuh sekitar 23 sampai 25cm
- Berat tubuh sekitar 81–108gr
- Bagian ekor burung anis hutan tergolong pendek, berwarna gelap.
- Tubuh bagian atas berwarna abu-abu gelap berendakan sisik hitam
- Muka dan tenggorokan berbintik hitam
- Dada abu-abu kebiruan terang
- Bagian perut berwarna putih, berenda sisik hitam disisinya iris coklat
- Paruh abu-abu
- Kaki coklat kehitaman.

7. Burung Anis Siberia (Zoothera sibirica)

Burung Anis Sibrica termasuk dalam keluarga Turdidae yang terkenal memiliki suara merdu dan bervariasi. Hanya saja, burung yang dipanggil dengan nama Anis Siberia ini merupakan burung migrasi yang sering berkunjung ke hutan Indonesia saat hendak datang musim dingin di negara asalnya.


Negara asal yang menjadi tempatnya berkembang biak berada di kawasan Siberia, Mongolia, dan Jepang. Begitu pula dengan negara tujuannya bermigrasi umumnya yang sedang tidak mengalami musim dingin dan kebanyakan berada di kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Di Indonesia biasanya kawanan burung Anis Sibrica mendiami hampir sebagian besar wilayah hutan kita yang terdapat di Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Bali.

Ciri Khas Burung Siberia

- Burung berukuran sedang
- Warna bulu dominan biru
- Kaki berwarna kuning
- Ada garis putih pada bulu bagian mata

Ciri Anis Siberia Jantan :

- Ukuran tubuh lebih besar dan lebih panjang
- Bulu berwarna biru gelap di seluruh tubuh
- Bulu di atas mata putih terang
- Lebih aktif bergerak
- Warna Paruh hitam.

Ciri Anis Siberia Betina :

- Ukuran tubuh lebih kecil dan pendek
- Bulu di daerah sayap hitam kecoklatan
- Bulu dada dan di bawah paruh ada warna bintik putih campur kecoklatan
- Paruh berwarna hitam kecoklatan.

8. Burung Anis Enggano (Zoothera leucolaema)

Secara umum penampilan burung anis enggano sangat mirip anis kembang (Zoothera interpres). Bedanya, bagian dada anis enggano lebih bersih, tanpa bercak kehitaman seperti yang dimiliki anis kembang.

ciri Burung Anis Enggano

Karena memiliki penampilan yang hampir mirip itulah, beberapa pakar pernah memasukkan anis enggano sebagai salah satu subspesies / ras anis kembang. Namun kini anis enggano sudah ditetapkan sebagai spesies tersendiri, dengan nama internasional enggano thrush dan nama ilmiah Zoothera leucolaema.

Ciri Ciri Khas Burung Anis Enggano

- Anis enggano mempunyai panjang tubuh 15 – 18 cm,
- Memiliki mahkota hingga tengkuk berwarna cokelat kemerahan.
- Bagian mantel, punggung, pangkal sayap, hingga penutup ekor bagian atas berwarna cokelat muda.
- Pada bagian sayapnya terdapat dua garis melintang warna putih yang lebar dan tampak jelas, Pada - - Pada bagian dagu hingga dada berwarna putih.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.