Skip to main content

Cara Merawat Burung Pleci Yang Susah Ngerol


Suara burung pleci kurang ngalas - Memelihara burung pleci untuk mendapatkan suara yang cepat gacor akan membutuhkan waktu yang tidak cepat serta kesabaran dan perawatan harian secara rutin. Apalagi jika burung pleci di rawat sejak kecil dan tidak pernah tinggal di kandang ombyokan. Juga terkadang burung pleci yang telah di pelihara sejak lama ternyata masih terdengar ngeriwik dan hanya ingin ngerol atau ngala ketika terpancing dengan burung betina saja.

Namun hal yang sering memicu ketidaksabaran dalam perawatan ini sedikit tertutupi karena harga burung pleci di pasaran di bilang cukup terjangkau, untuk meminimalisir kebosanan dalam perawatan burung pleci berikut tips perawatan burung pleci yang suaranya tidak mau gacor.

Burung pleci yang didapat dari omgokan meski sudah dirawat selama 3 bulan lebih cenderung hanya membuat suara ngeriwik saja, burung pleci adalah burung koloni dan biasanya di dalam kandang omgokan ada beberapa pleci yang masih satu koloni saat berada di alam liar. Jika beruntung Anda bisa memilih dan mendapatkan burung yang masih satu koloni, ini dapat mempercepat proses suara burung pleci.

Jadi ketika membeli burung pleci selain memilih burung jantan, kita juga harus bisa mengamati pleci mana yang diprediksi adalah koloni saat di alam liar, umumnya pleci-pleci ini akan saling mengikuti. Burung-burung itu akan kita ambil untuk menjadi teman burung pleci yang kita anggap potensial.

Setelah pleci-pleci kita dapatkan maka segera pelajari karakternya, dengan mengenali karakter masing-masing pleci maka kita bisa memberikan perawatan yang tepat. Salah satu contoh pengenalan karakter adalah pakan yang dia suka.

Ada beberapa burung pleci yang benar-benar menyukai satu jenis pakan tertentu tetapi kurang minat terhadap pakan lainnya, untuk itu kita bisa melakukan pengamatan lebih lanjut. Masalah pakan menjadi salah satu hal yang juga harus diperhatikan, terutama pada perawatan burung pleci lama yang sulit ngalas atau ngerol.

Berikut adalah perawatan pleci harian berdasarkan preferensi pakan mereka atau pakan yang mereka sukai terutama makanan ekstra :

1. Bagi pleci yang sangat menyukai ulat hongkong, maka perawatan sehari-hari bisa dilakukan dengan memberikan hongkong ulat warna putih sebanyak 4-5 ekor pada pagi dan sore hari.

2. Untuk seorang pleci yang suka Kroto, perawatan sehari-hari dapat dilakukan dengan memberi kroto sebanyak satu sendok teh di pagi dan sore hari.

3. Untuk para pleci yang mencintai ulat, maka perawatan dapat dilakukan dengan memberi ulat sebanyak satu cepuk setiap pagi dan sore.

Selain perubahan dalam pola makan, pola pemeliharaan sehari-hari yang dapat diterapkan ke area perawatan baru sebagai berikut :

1. Rutin melakukan pengembunan dimana kandang bisa dikerodong atau tidak dikerodong, jika Anda memiliki beberapa ekor pleci kandang dapat berbaris. Ketika pleci di embunkan maka pakan harus disiapkan dalam cepuknya.

2. Saat matahari mulai panas masing-masing kandang pleci dipisahkan agak terpisah, sehingga mereka akan saling memanggil. Ini akan merangsangnya untuk mengeluarkan suara ngalas atau ngerol. Lakukan secara rutin, sampai pleci-pleci terbiasa membuat suara ngalasnya tanpa perlu terprovokasi oleh suara pleci lain dalam satu koloni.

3. Untuk lebih banyak memancing burung pleci agar lebih rajin mengeluarkan suara ngalas / ngerol, maka ketika digantang berjejer (baik saat dikeringkan atau istirahat) pleci berada di tengah koloninya.

Di tambah dengan melakukan pola perawatan rutin lainnya seperti mandipenjemuran maka dalam waktu yang tidak terlalu burung pleci Anda akan lebih rajin untuk mengeluarkan suara ngalas dan ngerol, hingga akhirnya siap untuk di lombakan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar