Skip to main content

Cara Terapi Menghilangkan Stress Burung Anis Merah, Kacer Dan Tledekan


Jika Anda memiliki seekor burung kacer, tledekan, dan anis merah yang mengalami penurunan akibat stres, cara perawatan yang perlu kita lakukan adalah bagaimana kita memenuhi kebutuhan burung seperti di alam liar meski hanya sementara. Begitu stres teratasi burung bisa dikembalikan ke kandang untuk mendapatkan perawatan sehari-hari seperti sebelumnya. banyak dari kicaumania yang memelihara burung kacer, tledekan dan anis merah mengeluhkan penurunan penampilan jagoannya. Meski sudah menjalani beberapa perawatan namun belum ada perubahan signifikan pada burung.

Karena di habitat aslinya ketiga spesies burung ini selalu berada di daerah dengan banyak air, ini berarti burung memiliki kecenderungan untuk memburu hewan kecil yang berada di dalam air setidaknya ikan kecil. Untuk hal ini kita bisa menirukan kebiasaan burung burung tersebut seperti di alam liar.

Beberapa peralatan atau media yang perlu disiapkan meliputi :
1. Sangkar bekas pakai yang agak besar (ukuran 40)
2. Nampan yang biasanya dipakai untuk mengusung gelas minuman, sebagai wadah air di karamba.
3. Tanah sawah secukupnya
4. Ikan kecil yg biasa hidup di sungai, yang biasa disebut ikan gathul / cemplon.
5. Cacing tanah

Berikut ini proses yang harus di kerjakan :
1. Membuat mal di atas tanah sesuai dengan ukuran kandang, tanah yang sudah dimal digali dengan kedalaman 5 cm. Singkirkan tanah bekas galian.
2. Ambil tanah sawah yang sudah dibasahi lalu masukkan ke dalam lubang galian tanah (sebagai ganti tanah yang sudah disingkirkan).
3. Atur nampan sedemikian rupa sehingga bagian dasanya ikut masuk ke tanah, agar air yang nanti ada di dalamnya tidak mudah tumpah.
4. Lepaskan jeruji bawah kandang kemudian diletakkan di atas tanah yang sudah dimal dan sudah ada nampannya, buatlah ruang yang memadai agar kolam buatan ini benar-benar nyaman untuk burung.
5. Agar kandang ini tidak mudah roboh oleh aktivitas burung kaki-kaki kandang bisa ditanamkan ke dalam tanah.
6. Pasang tangkringan dengan posisi yang nyaman.
7. Tuangkan air ke dalam nampan yang memang kita fungsikan sebagai kolam air.
8. Masukkan ikan-ikan kecil (sekitar 5-10 ekor) ke dalam kolam buatan tersebut.
9. Ambil 5-10 ekor cacing lalu diaduk-aduk di dalam tanah sawah yang sudah nyemek-nyemek, aturlah cacing-cacing tersebut agar tidak terlalu tertimbun dalam tanah sawah.
10. Sekarang masukkan burung ke dalam sangkar yang akan di-treatment, biarkan ia bermain sesukanya di dalam kandang tersebut selama 2-3 jam.

Anda akan melihat bagaimana dia bermain sesuka hatinya di dalam kandang, sambil mematuk-matuk cacing, memburu ikan kecil, dan sebagainya. Jika sudah dirasa cukup masukkan ke sangkar hariannya, sebelumnya mandikan burung ke karamba mandi agar tubuhnya kembali bersih. Lakukan terapi ini selama 2 minggu berturut-turut, dan burung bisa kembali ke performa semula.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar