Skip to main content

Beberapa Cara Mengatasi Burung Jalak Suren Yang Macet Bunyi


Seringkali seekor burung jalak suren yang pada awalnya rajin berkicau tiba-tiba menjadi jarang mengeluarkan suara kicauannya, kondisi ini banyak dikeluhkan oleh kicaumania karena tampilan burung menurun dan mudah mengubah tingkah lakunya. Sebagai panduan berikut adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi suara burung jalak suren macet, burung jalak suren umumnya disebabkan oleh stres atau mental ngedrop. Kondisi ini terkait erat dengan pola perawatan sehari-hari.

Beberapa hal yang bisa memicu suren jalak rentan terhadap stres dan macet bunyi antara lain:
1. Perlakuannya tidak teratur dan cenderung sembarangan.
2. Burung sakit atau kurang stamina.
3. Burung mengonsumsi makanan yang sudah basi / berjamur.
4. Kandang tidak dijaga kebersihannya.
5. Burung terinfeksi oleh tungau atau kutu.
6. Sangkar jatuh sehingga membuat burung panik di dalamnya.
7. Burung telah diserang hewan peliharaan lain atau hewan pemangsa.

Jika starter suren macet terdengar karena beberapa hal seperti yang disebutkan di atas, maka cara mengatasinya bisa dilakukan tindakan berikut:

1. Berikan perawatan yang tepat
Perawatan rutin dan teratur setiap hari bisa memastikan burung tetap fit, aktif, dan memiliki stamina yang cukup, sehingga bisa membuatnya selalu rajin berkicau. Secara umum perawatan burung jalak suren tidak jauh berbeda dengan pola pengobatan jenis burung kicau lainnya, ini termasuk memberi makan termasuk pakan tambahan yang sesuai, mandi dan penjemuran secara teratur.

2. Berikan obat dan vitamin secara tepat
Jalak suren yang kurang fit atau sakit pasti tidak ingin mengeluarkan suara kicauannya yang nyaring. Penyakit yang paling sering dialami adalah gangguan pada organ pencernaan yang biasanya disebabkan oleh pemberian makan yang tidak sesuai atau sudah basi / berjamur, untuk mengatasi gangguan pencernaan yang disebabkan oleh bakteri dan jamur Anda bisa memberi obat yang tepat secara teratur. Selain itu untuk menjaga stamina dan kondisi maka setiap beberapa hari sekali burung jalak suren harus diberi multivitamin yang cocok.

3. Selalu menjaga kebersihan lingkungan dan kandang
Menjaga kebersihan lingkungan dan kandang mencakup bagian terpenting dalam perawatan burung setiap hari, kandang yang bersih akan membuat burung merasa nyaman jadi tetap bugar dan rajin berkicau. Jika kandang dibiarkan kotor, bisa menyebabkan beberapa penyakit yang disebabkan oleh jamur, bakteri, parasit, dan tungau.

Burung jalak suren yang terinfeksi tungau / tungau bisa membuatnya cepat tertekan dan malas berbunyi, untuk mengatasinya segeralah memindahkan burung tersebut ke kandang sehari-hari lainnya yang telah dijamin kebersihannya. Selain itu untuk menghilangkan tungau / kutu, burung bisa dibersihkan / disemprot dengan menggunakan sampo khusus, atau bisa juga menggunakan obat anti jamur.

4. Meningkatkan mentalnya yang ngedrop
Sebagai burung yang di kenal lincah burung jalak suren dikenal rewel dengan kicauannya, namun burung jalak suren bisa stres dan macet saat kandangnya jatuh atau terserang binatang pemangsa.
Untuk mengembalikan kondisi seperti sebelumnya, pastinya tidak bisa dilakukan seketika. Semuanya butuh waktu, terapi, dan pola perawatan yang benar.

Tapi dengan melakukan beberapa tip dan trik berikut, diharapkan bisa mempercepat proses pemulihan dari burung jalak suren yang ngedrop mentalnya sehingga rajin terdengar seperti biasa :

1. Gantang burung di tempat yang sunyi dan jauh dari keberadaan burung atau hewan peliharaan lainnya, bisa juga menggantang sangkar pada posisi yang lebih tinggi dibanding kandang burung lainnya.
2. Selalu mengerodong burung pada siang dan malam hari.
3. Berikan voer yang tinggi protein untuk meningkatkan birahi dan staminanya.
4. Berikan pakan tambahan berupa jangkrik dan cacing tanah setiap hari.
5. Rutin mengembunkan burung setiap pagi.
6. Rutin memandikan burung pada pagi hari lalu menjemurnya selama 2 – 3 jam.
7. Melatihnya dengan suara-suara masteran atau terapi untuk memancingnya berbunyi.

Itulah beberapa penyebab dan bagaimana cara mengatasi burung jalak suren yang sudah rajin berkicau menjadi macet bunyi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar