8 Jenis Buah Beserta Manfaatnya Untuk Burung Pleci
8 Jenis Buah Beserta Manfaatnya Untuk Burung Pleci

8 Jenis Buah Beserta Manfaatnya Untuk Burung Pleci

Selama ini plecimania selalu memberi buah untuk burung pleci peliharaannya, jika diperhatikan para penggemar biasanya hanya menyediakan satu jenis buah seperti pisang. Padahal banyak jenis buah dan sayuran yang bermanfaat bagi burung pleci.

manfaat buah untuk pleci

Selama ini plecimania selalu memberi buah untuk burung pleci peliharaannya, jika diperhatikan para penggemar biasanya hanya menyediakan satu jenis buah seperti pisang. Padahal banyak jenis buah dan sayuran yang bermanfaat bagi burung pleci.

Berikut adalah beberapa jenis buah yang berguna untuk burung pleci :

1. Buah Pisang
Pisang adalah jenis buah yang paling umum diberikan kepada pleci dan burung pemakan buah lainnya, pisang mengandung dua kali lebih banyak dari apel. Kandungan vitamin A lima kali lebih banyak dibanding apel, pisang mengisi dan memberi energi ekstra. Tapi karena kandungan karbohidratnya tinggi, maka pisang harus diatur agar tidak berlebihan. Karena jika diberi rutinitas sehari-hari burung cenderung gemuk dan malas.

2. Buah apel
Seperti pisang. buah apel adalah jenis buah yang biasa diberikan pada burung pleci.

Buah ini memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut :
A. Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin, penelitian terbaru mengatakan quercetin dapat meningkatkan kekebalan tubuh terutama pada burung yang stres.

B. Apel dapat mencegah dehidrasi yang disebabkan oleh hal-hal seperti penjemuran berlebihan, suhu panas, dan sebagainya.

C. Pada beberapa jenis burung apel dipercaya bisa meningkatkan birahi. namun hal ini tidak mempengaruhi plecci secara signifikan. Untuk meningkatkan birahi pleci Anda bisa memberi parutan apel di campur dengan kroto.

3. Buah pepaya
Pepaya memiliki banyak manfaat bagi burung termasuk sebagai terapi untuk pleci yang over birahi, pepaya juga mengandung lebih banyak antioksidan dibanding apel. Selain itu pepaya juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin E, flavanoid, folat, asam panthotenic, dan juga beberapa jenis mineral seperti magnesium dan potassium.

Burung pleci dengan gangguan pencernaan bisa diobati dengan memberi pepaya setiap hari, pepaya juga bisa membantu burung yang mengalami dehidrasi karena penjemuran yang berlebihan atau saat cuaca panas.

4. Buah jeruk
Jeruk paling cocok untuk pleci karena memiliki manfaat yang sama seperti nektar, buah jeruk memiliki khasiat menyegarkan, sehingga begitu banyak yang memberikan kepada pleci terutama saat cuaca panas.

Jeruk juga memiliki efek detoksifikasi yang bisa menetralisir racun di tubuh burung dan bisa membantu mengatasi masalah kesehatan, asam sitrus yang terkandung dalam buah jeruk bisa membantu mengeluarkan toksin dan merangsang saluran pencernaan. Bahkan kulit buah jeruk bisa dijadikan terapi untuk burung yang sulit mabung.

5. Buah lengkeng / kelengkeng
Buah lengkeng memberikan banyak manfaat bagi burung pleci misalnya sebagai obat penenang untuk stres atau pleci ngedrop, membantu mengembalikan energi selama mabung dan membantu pencernaan burung.

6. Wolfberry / goji berry
Buah impor yang bisa didapat di supermarket ini sangat disukai pleci karena rasanya manis,  Wolfberry atau goji berry dipercaya bisa merangsang burung pleci agar lebih rajin berkicau dan membuka paruh. Manfaat lain dari buah ini adalah memberikan energi tambahan agar burung lebih aktif, buah Wolfberry banyak digunakan sebagai pakan tambahan untuk pleci

7. Mentimun dan gambas
Sayuran seperti mentimun dan gambas bisa diberikan saat burung pleci mabung, karena membantu pertumbuhan bulu baru yang sehat dan kuat.

8. Tomat dan wortel
Tomat dan wortel jika dikonsumsi secara teratur oleh pleci bisa membuat tampilan bulu lebih cemerlang dengan warna bulu yang lebih terang dan berkilau, tomat dan wortel juga bisa diberikan sebagai terapi bila bulu pleci memiliki tampilan bulu dengan warna kusam atau seperti memudar.

Itu adalah beberapa jenis buah dan sayuran yang bermanfaat bagi burung pleci Anda di rumah, tentu asupan pakan lain seperti voer, tambahan pakan (extra fooding) seperti serangga dan vitamin juga tidak boleh diabaikan.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.