Skip to main content

Cara Menunjang Suara Burung Pleci Agar Tetap Lantang

membuat pleci ngalas

Tentunya jika burung memiliki suara kicauan yang nyaring baik suara panggilan, saat ngeriwik, atau saat sudah ngalas atau membuka paruhnya, maka burung tersebut sudah bisa di bilang burung yang sudah memiliki kwalitas. Jika pleci tidak menyuarakan suara kicauan seperti yang diharapkan jangan buru-buru menghukumnya sebagai burung jelek, bisa jadi masalanya karena kurang perawatan. Bagi burung pleci suara kicauan keras adalah modal utama dalam mengangkat kehidupan koloninya, pleci diketahui memiliki suara khas yaitu ngalas. Dengan suara nyaring ngalasnya, pleci mampu menarik perhatian koleganya di satu koloni yang berbeda misalnya dalam lomba burung.

Bila burung pleci tidak mengeluarkan suara keras patut di curigai berung tersebut adalah betina. sebab burung cenderung memiliki suara panggilan yang lemah dan jarang terdengar ngalasnya. Selain itu ada beberapa faktor yang bisa membuat burung tidak bersuara maksimal misalnya faktor perawatan, makan, dan kondisi tubuh.

Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan suara kicauan pleci menjadi lebih nyaring.

1. Penjemuran
Menjemur burung secara teratur sangat penting termasuk untuk pleci, pengeringan harus dilakukan di pagi hari saat matahari terbit dan di malam hari saat matahari mulai terbenam. Pleci harus di jemur sedekat mungkin dengan yang lain untuk memancing suara sahutan mereka, selain itu agar suara pleci tergoda berkicau maksimal.

Setelah penjemuran selesai pleci bisa digantung di tempat teduh dengan jarak berjauhan, hal ini dilakukan agar burung lebih sering mengeluarkan suara panggilan dengan suara keras sehingga bisa membuat satu atau beberapa pleci terpancing hingga mengeluarkan suara ngalas.

2. Pelatihan fisik
Umumnya yang mampu berkicau maksimal adalah burung yang sangat aktif dan berada dalam kondisi prima, jika burung itu ditempatkan dalam kandang sehari-hari maka kandangnya harus diberi dua tempat bertengger berjauhanjauhan. Hal ini bisa membuat burung pleci menjadi lebih aktif dan lebih mobile, jika pleci lebih aktif maka semakin banyak lemak tubuh yang terbakar maka burung tersebut akan memiliki postur tubuh yang ramping dan nafas panjang. Ini menjadi salah satu pendukung sehingga pleci memiliki suara yang cukup membahana.

Namun perlu di ingat tempat bertengger harus maksimal hanya dua tenggeran saja, jika terlalu banyak maka akan membuat pleci jarang menggunakan otot sayap untuk bergerak namun lebih cenderung menggunakan kakinya untuk bergerak dan melompat. Tentunya tidak akan mempengaruhi kondisi burung, kecuali Anda memasukkan burung itu ke dalam kandang yang cukup besar.

3. Pengaturan pakan
Pakan untuk pleci harus mengandung nutrisi lengkap, pleci yang hanya diberi voer standar cenderung tidak terlihat bagus karena kurang mendapat dukungan gizi. Berbeda jika burung diberi nutrisi penuh baik dari voer maupun extra fooding (EF), banyak jenis pakan yang bisa diberikan kepada pleci baik hasil ramuan sendiri atau membeli voer yang berkualitas.

Selain pakan pleci membutuhkan nutrisi dari EF seperti serangga, buah, dan nektar, saat rutin diberi pakan utama dan EF pleci akan terangsang untuk membuat suara nyaring.

4. Pemasteran
Bagian terpenting dalam meningkatkan suara kicauan pleci adalah pemasteran dengan menggunakan suara master yang sesuai, pemasteran bisa menggunakan suara tembakan dari burung yang bersuara kencang seperti ciblek, jalak suren, dan sebagainya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar