Skip to main content

Penyebab Dan Cara Mengatasi Lovebird Gigit Kuku Dan Jari


Kebiasaan buruk lovebird membuat banyak kicaumania mengeluh tentang hewan peliharaannya yang sering menggigit kuku dan jari-jarinya, kebiasaan tersebut terkadang dilakukan oleh lovebird dengan  tertidur atau berbaring di bagian bawah kandang. Apa penyebab dan cara mengatasi kebiasaan lovebird sering gigit kuku dan jari,  Inilah artikel tentang memahami penyebab lovebird yang sering menggigit kuku dan jari begitu juga cara mengatasinya. Perilaku lovebird yang menggigit kuku dan jari pada umumnya tidak perlu dikhawatirkan asalkan tidak membuatnya sakit, ini adalah perilaku yang sangat alami pada burung beo terutama saat ia bosan. Tapi kalau tingkah lakunya terlalu sering, malah menimbulkan luka tentunya harus dicari apa penyebabnya.

Ada beberapa faktor pemicu lovebird yang sering menggigit kuku dan jari, tak jarang dilakukan lovebird sambil tidur dan berberbaring di bagian bawah kandang.  Berikut beberapa faktor penyebab perilaku lovebird gigit kuku dan jari begitu cara perawatannya.

1. Lovebird merasa bosan.
Lovebird yang bosan karena tingga lsendiri tanpa pasangan memiliki kesempatan untuk berperilaku menggigit kuku dan jarinya sendiri, bagi burung muda mungkin ini tidak terlalu merepotkan tapi untuk lovebird dewasa, bisa memicu berbagai kebiasaan buruk lainnya seperti mencabut bulu bahkan gestang atau gesekan tangkringan.

Untuk mengatasinya Anda bisa memberi teman bermain atau pasangan untuk burung lovebird anda, Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan burung misalnya mengajaknya bermain atau menggoda dengan tangan. Alternatif lain adalah memberi aneka mainan dan ayunan di sangkar agar burung bisa melupakan kebiasaan buruknya.

2. Kaki burung terinfeksi jamur dan / atau bakteri
Lovebird yang kakinya terinfeksi jamur, bakteri, atau parasit (misalnya tungau) juga bisa membuatnya sering menggigit kuku dan jari kaki bahkan sampai mengeluarkan darah. Penyakit jamur, bakteri atau parasit yang menginfeksi jari kaki ini bisa menyebabkan radang dan gatal, dengan menggigit jari dan kukunya maka lovebird akan merasa nyaman. Begitu nyaman burung melupakan diri mereka sendiri, dengan menggigit sambil tertidur dan berbaring di dasar sangkar. Sering juga ditemukan lovebird menarik kuku sampai terlepas.

Untuk mencegah dan mengatasinya maka kaki yang terinfeksi bisa diobati dengan menggunakan obat yang tepat, untuk itu selalu gunakan obat yang dibuat khusus untuk burung seperti BirdCream yang telah terbukti efektif dalam mengatasi berbagai masalah jamur dan tungau kaki.

3. Ada luka pada kaki burung
Perilaku lovebird yang sering menggigit jari dan kaki juga bisa disebabkan oleh luka kaki misalnya tertusuk benda tajam, lovebird ingin melepas benda tajam yang menusuk atau ingin mengurangi rasa sakit dengan menggunakan paruh terlihat seperti menggigit.

Tindakan yang diperlukan adalah mengamati kaki yang terluka lalu segera berikan perawatan atau tindakan jika melihat duri kecil atau pecahan kaca yang menempel di kakinya.

4. Faktor birahi
Faktor birahi yang terlalu tinggi / over birahi bisa memicu burung yang sering menggigit kaki / jari, mencabut bulu, dan sering menggigit si pemilik.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar