Skip to main content

Cara Perawatan Lovebird Agar Birahi Tetap Stabil


Kunci utama dalam perawatan burung lovebird adalah mengatur birahi agar tetap rajin bersuara setiap hari, perawatannya cukup beragam mulai dari pemberian makanan yang tepat hingga mempertimbangkan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kondisi birahi. Berikut adalah tips perawatan untuk mengatur birahi lobebird, salah satu faktor yang bisa mempengaruhi tingkat kerajinan suara di lovebird adalah memberi makan dengan tepat. Pemberian makan yang tepat dapat membantu meningkatkan membantu menaikkan birahi lovebird dengan cepat.

Beberapa jenis pakan yang dapat meningkatkan birahi lovebird dengan cepat :
Milet
Biji bunga matahari (kuaci)
Biji Kenari
Kangkung
sawi putih
Jagung muda

Sekali lagi pakan hanyalah salah satu faktor yang bisa mendongkrak birahi lovebird, ada banyak faktor lain yang tidak boleh diabaikan antara lain:

1. Menjaga kebersihan sangkar
Sangkar bersih akan membuat Lovebird relatif terlindungi dari berbagai agen penyakit yang bisa mengganggu penampilannya seperti bakteri, virus, jamur, parasit, dan sebagainya, untuk menjaga kondisi kandang harus dibersihkan setiap hari yaitu pagi dan sore terutama saat burung tersebut dimandikan dan kapan akan dimasukkan ke dalam ruangan untuk beristirahat.

Perhatikan juga kebersihan air minum karena lovebird yang kerap mengkonsumsi pakan biji akan mudah mencemari air minum.

2. Memandikan lovebird sampai basah
Bukan rahasia lagi kalau lovebird yang selalu mandi mudah terpancing birahinya sehingga lebih rajin berkicau, mandi lovebird hingga basah kuyup bisa dilakukan dengan menyemprotkan menggunakan semprotan mandi. Penyemprotan bisa dimulai dari ekor terlebih dahulu lalu perlahan naik ke dada, punggung, dan sayap.

Hindari penyemprotan bagian paruhnya terutama di dekat cere atau lubang hidung, hal ini untuk menghindari risiko air masuk ke lubang hidung. Jika dibutuhkan cukup semprot bagian belakang kepalanya.

3. Penjemuran di bawah sinar matahari
Penjemuran secara teratur dan pada saat yang tepat dapat membantu meningkatkan birahi lovebird, penjemuran harus dilakukan di pagi hari atau saat matahari terbit sampai siang hari. Durasi penjemuran biasanya sekitar 2 jam mulai pukul 07.00 sampai 09.00.

4. Memaster lovebird agar ingin bekicau
Meningkatkan birahi lovebird bisa juga dilakukan dengan memancing suara, banyak metode yang bisa dilakukan di sini seperti bermain audio master, menggunakan peralatan khusus, dan lain-lain.
Memancing suara pada lovebird juga bisa menjadi salah satu terapi untuk menumbuhkan sifat tempur burung.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar