Merawat Bulu Burung Pleci Dengan Buah Dan Sayuran
Merawat Bulu Burung Pleci Dengan Buah Dan Sayuran

Merawat Bulu Burung Pleci Dengan Buah Dan Sayuran

merawat bulu burung pleci

Burung Pleci memang memiliki kicauan yang ngalas dan ngerol, apabila di sertai dengan bulu yang cantik dan berwarna cerah akan menjadi daya tarik tersendiri bagi kicaumana untuk memeliharannya. Namun karena perawatannya yang tidak tepat terkadang bulu pleci berubah warna dan kusam, sebagai panduan berikut beberapa jenis buah dan sayuran untuk menjaga agar warna bulu pleci tetap cerah, cara menjaga kecerahan warna bulu pleci melalui pemberian makanan yang tepat. Bulu yang sehat dan cerah termasuk salah satu faktor yang membantu menentukan tampilan burung pleci agar lebih maksimal, warna bulu burung pleci yang cerah juga bisa menjadi pertanda bahwa burung tersebut dalam kondisi sangat baik. Tapi tidak selalu warna bulu burung pleci akan selalu cerah, faktor umur dan perawatan yang tidak maksimal juga bisa membuat bulu berubah warna dan cenderung kusam. Karena itu kita perlu mengenali jenis pakan yang bisa menjaga warna bulu burung pleci agar selalu cerah dan cantik.

Pleci akan mrmakan setiap pakan yang diberikan, namun pemberian pakan yang tidak sesuai atau tidak bervariasi bisa menyebabkan perubahan warna bulu. Sebaiknya Anda memilih buah dan sayuran berwarna hijau tua, oranye, dan merah, karena ini adalah sumber pigmen yang baik dan bisa membantu menjaga warna bulu burung pleci agar tetap cerah.

1. Buah dan sayuran berwarna merah
Buah merah mengandung lycopene yang berperan dalam menjaga kesehatan sel, contoh buah merah adalah tomat, stroberi, semangka, apel, paprika merah, ceri, dan anggur merah. Berikan salah satu buah ini atau bervariasi agar bulu pleci lebih cerah.

2. Buah dan sayuran berwarna oranye
Buah berwarna oranye mengandung banyak beta karoten yang bisa menyehatkan tubuh, dan alfa karoten efektif melawan penyakit. Selain itu buah berwarna oranye juga memiliki kandungan vitamin C tinggi dan antioksidan yang membantu melindungi dan mengatasi berbagai masalah pernafasan, beberapa contoh buah  dan sayuran yang berwarna oranye adalah ubi jalar, jeruk, wortel, blewah, squash, mangga, dan pepaya. Berikan buah dan sayuran ini setiap beberapa hari sekali.

3. Buah dan sayuran berwarna hijau
Buah dan sayuran berwarna hijau mengandung sulforaphane, isothiocyanate, dan indole yang bisa memecah unsur kimia berbagai penyakit, semakin gelap warna hijau pada buah atau sayuran semakin banyak kandungan klorofil dan antioksidan. Beberapa jenis buah dan sayuran berwarna hijau adalah apel hijau, belimbing, anggur hijau, melon, dan buah kiwi. Berikan salah satu buah ini setiap beberapa hari sekali.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif buah dan sayuran di atas bisa dilakukan secara bergantian dan terjadwal setiap beberapa hari, selain buah dan sayuran untuk merawat agar warna burung pleci tetap cerah juga harus disertai pemberian makan serangga yang tepat seperti ulat hongkong atau belalang. Sebelum diberikan serangga, burung pleci harus diberi makanan berupa buah dan sayuran seperti yang disebutkan di atas.

Voer diberikan kepada pleci juga harus memenuhi syarat, voer dengan kandungan gizi lebih lengkap akan membuat pleci lebih aktif, rajin berkicau, dan warna bulu tetap cerah.

Itulah tip untuk merawat dan menjaga agar warna bulu pleci tetap cerah, melalui pemberian makanan yang tepat.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.