Manfaat Serangga Undur Undur Untuk Burung Branjangan
Manfaat Serangga Undur Undur Untuk Burung Branjangan

Manfaat Serangga Undur Undur Untuk Burung Branjangan

manfaat undur undur untuk branjangan

Undur undur adalah serangga yang kebiasaan berjalan mundur saat menggali sarang untuk menjebak semut dan dengan ganas memakan jika ada semut yang terperosok ke dalam lubang perangkap. Siapa yang tidak tahu dengan undur undur, di luar negeri hewan ini disebut antlion,  Ternyata undur undur yang menjadi milik anggota keluarga Myrmeleontidae sangat ampuh untuk mengatasi burung yang macet bunyi terutama branjangan, membuat suara burung lebih merdu dan tentu saja bisa digunakan untuk pengobatan pada manusia. Sayang saat ini undur undur agak sulit didapat, terutama di kota-kota besar yang padat. Tapi di beberapa kota besar seperti Jakarta, ada beberapa tempat dimana kita bisa membelinya seperti di Jalan Yos Sudarso (dekat bangjo Polda Metro Jaya). Ada banyak penjual undur undur, serangga ini dimasukkan ke dalam nampan yang berisi gundukan batu dan debu. Sendok plastik juga disediakan untuk mengambil undur undur.

Berikut adalah beberapa manfaat undur undur untuk burung branjangan

Obat stres untuk burung branjangan
Manfaat undur-undur untuk mengatasi stres pada burung branjangan yang macet bunyi, caranya dengan menumbuk batu bata sampai halus lalu campur dengan BirdMineral. Masukkan tumbukan batu bata yang telah campur air mineral ke dalam sangkar. Selanjutnya masukkan 10-15 undur-undur yang masih hidup yang akan bersarang di tumbukan batu bata dan menjadi hiburan tersendiri bagi branjangan. Burung juga akan mengejar undur undur untuk di makan.

Undur-undur terdiri dari dua jenis yang tinggal di tempat yang berbeda, yang satu tinggal di darat seperti undur undur yang disebut dalam penjelasan sebelumnya dan yang satunya tinggal di laut (undur-undur laut). Keduanya memiliki sifat yang sama dan mengandung kadar asam lemak omega-3 tinggi (EPA dan DHA), hasil penelitian mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yaitu Dindin Hidayatul Mursyidin, Salahuddin Muhammad, Dian Pribadi Perkasa, Sekendriana, dan Prabowo menunjukkan bahwa retret laut mengandung total lemak 17,22 sampai 21,56 persen.

Kandungan EPA dan DHA sekitar 7,75-14,48 persen lebih tinggi dari jenis krustasea lainnya seperti udang, lobster, dan beberapa jenis kepiting, secara rinci kandungan EPA adalah 6,41 sampai 8,43%, lebih tinggi dari DHA yang hanya 1,34 sampai 6,57%.

Penelitian kelima siswa ini telah dipresentasikan dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) di Surakarta, berdasarkan hasil penelitian undur-undur bisa dikonsumsi secara langsung (dalam bentuk hidup). Namun penelitian lebih lanjut diperlukan pada kandungan gizi lainnya, seperti mineral atau protein. Juga mengenai senyawa berbahaya seperti logam berat dan toksin.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.