Hilangkan Stres Burung Kenari Saat Mabung Dengan Berbagai Mainan
Hilangkan Stres Burung Kenari Saat Mabung Dengan Berbagai Mainan

Hilangkan Stres Burung Kenari Saat Mabung Dengan Berbagai Mainan

Burung yang sedang mengalami mabung sangat rentan terhadap stres sehingga bisa menghambat proses pertumbuhan bulu, pada saat mabung burung kenari memerlukan pakan protein tinggi terutama untuk melepas bulu lama dan membantu pertumbuhan bulu baru.

mainan kenari mabung

Burung yang sedang mengalami mabung sangat rentan terhadap stres sehingga bisa menghambat proses pertumbuhan bulu, pada saat mabung burung kenari memerlukan pakan protein tinggi terutama untuk melepas bulu lama dan membantu pertumbuhan bulu baru. Untuk mengurangi stres pada burung kenari Anda bisa memanfaatkan beberapa mainan, burung kenari sering menghabiskan banyak waktu bermain dengan benda atau memakan yang ada dalam sangkarnya. Selain merangsang burung untuk lebih aktif, perilaku ini juga bisa membantu mengurangi stres pada burung kenari.

Berikut adalah beberapa mainan yang bisa Anda berikan pada burung kenari selama proses mabung :

1. Tulang Sotong
Selain bermanfaat sebagai sumber mineral, tulang sotong juga bisa menjadi mainan yang menghibur burung kenari selama mabung. Biasanya burung kenari akan menggigit tepi sotong yang keras, sambil mengoyang goyangkannya, anda bisa menggantung sotong di tengah / tepi kandang.

2. Potongan kertas koran
Letakkan secarik koran di bagian bawah kandang, potongan kertas koran akan digunakan sebagai mainan oleh burung kenari. Tapi cara ini akan membuat kandang menjadi kotor lebih cepat, jadi Anda harus rajin membersihkannya.

3. Bahan sarang
Bahan bersarang seperti sabut kelapa, serat nilon, atau rumput kering tidak hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan burung saat mereka hendak bertelur. Burung kenari yang sedang mabung juga suka bermain dengan bahan sarang ini, dan bisa membantu mengurangi stres dan tetap aktif. Caranya dengan menyebarkan bahan sarang sedikit saja di bagian bawah kandang.

4. Sumbu kompor
Sumbu kompor bisa digunakan untuk mengurangi stres pada kenari selama mabung, caranya dengan memotong sumbu kompor dengan panjang sekitar 10-20 cm. Selanjutnya tali digantung di dasar kandang, biasanya setelah melihat tali kenari akan segera bermain dengan menarik sumbu kompor. Hal sepele ini bisa membantu burung tetap aktif dan tidak mudah stres meski saat mabung.

Menyediakan sumbu dalam kandang cukup efektif dalam mengurangi stres pada kenari saat mabung, dan tidak terlalu mebuat sangkar menjadi kotor.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.