Cara Mengatasi Burung Kenari Yang Sering Menggigit Ring
Cara Mengatasi Burung Kenari Yang Sering Menggigit Ring

Cara Mengatasi Burung Kenari Yang Sering Menggigit Ring

Banyak kenari mania mengeluh bahwa hewan peliharaannya sering menggigit cincin yang menempel di kakinya, bagi yang tidak mengerti masalah biasanya akan memotong cincin tanpa ingin mengetahui penyebabnya. Berkaitan dengan masalahnya berikut cara menangani kenari yang sering menggigit cincin, cincin yang dikenakan oleh burung umumnya digunakan sebagai penanda identitas peternak dan silsilahnya

mengatisi kenari gigit cincin

Banyak kenari mania mengeluh bahwa hewan peliharaannya sering menggigit cincin yang menempel di kakinya, bagi yang tidak mengerti masalah biasanya akan memotong cincin tanpa ingin mengetahui penyebabnya. Berkaitan dengan masalahnya berikut cara menangani kenari yang sering menggigit cincin, cincin yang dikenakan oleh burung umumnya digunakan sebagai penanda identitas peternak dan silsilahnya. Tapi cincin yang dipasang sejak burung yang masih berumur 10 hari ini terkadang dianggap sebagai pemicu berbagai masalah yang timbul di masa depan, bila kenari selalu terlihat mematuk atau menggigit cincin yang terpasang di kakinya, banyak orang beranggapan hal itu terjadi karena burung merasa tidak nyaman dan terganggu oleh cincinnya. Alhasil untuk g menghilangkan penderitaan burung, cincin itu di potong tanpa ingin tahu apa penyebab utamanya.

Burung yang selalu menggigit atau mematuk cincin umumnya terjadi karena adanya infeksi mikroorganisme seperti bakteri atau jamur pada kulit yang telah ditutupi cincin, jika kondisi ini dibiarkan tanpa perawatan maka konsekuensinya bisa berakibat fatal. Kaki burung akan sakit dan membengkak sehingga bisa mengganggu aktivitasnya. karena itu sebelum terburu-buru mengambil tindakan dengan memotong cincin Anda harus melakukan beberapa metode pengobatan untuk mengatasi masalah tersebut.

Ada dua metode perawatan yang bisa dilakukan yaitu :

1. Rendam kaki kenari di air garam hangat setiap hari selama 3-5 menit, sampai jamur atau sisik yang menempel pada kaki burung lepas dengan sendirinya.

2. Oleskan obat khusus BirdCream di kaki kenari yang terpasang cincin dan wilah sekitarnya, cream ini mengandung agen antiparasit dan antibakteri yang khusus dibuat untuk menghilangkan kerak di kaki burung yang disebabkan oleh cascado dan kudis dan bisa mengatasi berbagai masalah lainnya di kaki burung.

Itulah bagaimana cara mengatasi masalah kenari yang selalu menggigit cincin, setelah mengetahui apa masalah utamanya maka pemotongan cincin tentu tidak perlu dilakukan lagi.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.