Penyebab Dan Cara Mengatasi Suara Burung Kenari Serak
Penyebab Dan Cara Mengatasi Suara Burung Kenari Serak

Penyebab Dan Cara Mengatasi Suara Burung Kenari Serak

mengatasi suara kenari serak

Suara serak pada burung kenari tentu tidak menyenangkan untuk di dengar, tak hanya itu penampilan burung kenari juga akan terganggu. Masalah ini kerap mengkhawatirkan para kenarimania, baik yang memelihara sebagai burung kelangenan ataupun akan di jadikan sebagai burung perlombaan. Berikut adalah beberapa penyebab suara serak pada kenari dan cara mengatasinya, dalam beberapa kasus suara serak pada burung kenari bisa sembuh dengan sendirinya meski butuh waktu yang cukup lama. Namun jika masalahnya disebabkan oleh infeksi atau masalah kesehatan, maka harus ditangani sebelum burung tersebut menjadi bisu secara permanen.

Secara umum penyebab utama suara serak pada burung kenari adalah :

1. Perubahan suhu dan kelembaban udara. 
Misalnya burung kenari terlalu lama di bawah sinar matahari, hal ini dapat menyebabkan pengeringan pada saluran suara sehingga burung tidak bisa berkicau maksimal.

2. Infeksi saluran pernapasan burung terutama pada trakea dan bronkus. 
Hal ini dapat disebabkan oleh infeksi tungau kantung udara, burung selalu terkena asap terutama rokok, asap pembakaran sampah, asap dari dapur serta kandang dan lingkungan sekitar yang kotor dan tidak terawat.

Untuk menangani burung serak harus disesuaikan dengan sumber penyebabnya sehingga penanganan dan perawatannya bisa dilakukan dengan tepat, berikut beberapa tip untuk mendeteksi penyebab suara serak pada kenari.

1. Amati perilaku kenari saat bernafas misalnya paruhnya selalu terbuka saat bernafas, ekor naik turun atau terdengar suara tertentu saat burung bernafas. Kondisi ini berarti burung memiliki infeksi pada saluran pernafasan sehingga harus diberi antibiotik dan obat pernafasan seperti BirdTwitter atau BirdFresh.

2. Salah satu cara untuk mendeteksi adanya infeksi tungau kantung udara adalah dengan menempatkan burung di ruangan gelap dengan mematikan lampu ruangan, jika Anda mendengar suara "klik" dari kenari, burung kemungkinan besar terinfeksi tungau kantung udara. Mengobati burung yang terinfeksi tungau kantung udara bisa dilakukan dengan menggunakan BirdFresh yang dioleskan pada bagian tengkuk dan leher secara teratur.

Pola perawatan sehari-hari yang bisa diaplikasikan untuk mengembalikan kenari yang mengalami suara serak adalah :

1. Berikan cairan larutan sebagai pengganti air minum untuk sementara waktu.
2. Mandi burung secara rutin dan teratur juga kurangi atau stop penjemuran sampai kondisi pulih.
3. Jauhkan burung yang terinfeksi dari burung peliharaan lainnya.
4. Gantang sangkar di tempat yang aman agar tidak terkena asap atau hembusan angin kencang.
5. Selalu kerodong sangkar di malam hari.
6. Rutin membersihkan sangkar dan lingkungan disekitar burung.
7. Lengkapi kebutuhan sehari-harinya dengan menyediakan tambahan multivitamin dan multimineral.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.