Cara Terapi Burung Cucak Ijo Over Birahi
Cara Terapi Burung Cucak Ijo Over Birahi

Cara Terapi Burung Cucak Ijo Over Birahi

urung cucak hijau memiliki karakter dan sifat yang tidak stabil, perilakunya mudah berubah jika kenyamanannya terganggu. Jika diperhatikan perubahan sifat atau karakternya sama dengan yang dialami oleh burung cucak ijo saat dalam kondisi mbagong atau mbalon, lalu apa yang harus dilakukan saat burung hijau juga mbalon / mbagong?. Berikut adalah beberapa tip yang bisa mengatasi burung cucak ijo mbagong atau mbalon

mengatasi cucak ijo mbagong

Burung cucak hijau memiliki karakter dan sifat yang tidak stabil, perilakunya mudah berubah jika kenyamanannya terganggu. Jika diperhatikan perubahan sifat atau karakternya sama dengan yang dialami oleh burung cucak ijo saat dalam kondisi mbagong atau mbalon, lalu apa yang harus dilakukan saat burung hijau juga mbalon / mbagong?. Berikut adalah beberapa tip yang bisa mengatasi burung cucak ijo mbagong atau mbalon, burung cucak ijo akan menunjukkan perubahan sikap yang bisa dilihat dari bulunya yang mengembang seperti mbalon pada saat dia mengalami beberapa perubahan kondisi. Misalnya burung mengalami over birahi, burung dalam keadaan sakit atau kurang fit, selama ini kita cenderung berpikir bahwa bulu cucak hijau yang mengembang pasti karena terlalu over birahi tanpa melihat kemungkinan penyebab lain seperti sakit dan tidak enak badan.

Jika burung cucak hijau terlihat mbalon disertai perubahan perilaku dengan burung yang sering menaikkan bulu kepala atau ngentrok saat di goda dengan tangan, atau sifatnya menjadi lebih ganas, kemungkinan besar hal itu terjadi karena over birahi, namun bila cucak hijau terlihat mengembangkan bulu tetapi diam saja saat di dekati atau menjulurkan lidahnya maka kemungkinan besar burung tersebut dalam kondisi tidak fit alias tidak enak badan.

Selanjutnya jika burung itu diam saja, mbalon sambil nyekukruk terus tanpa menjulurkan lidahnya burung bisa dipastikan dalam keadaan sakit dengan sejumlah kemungkinan jenis penyakit. Umumnya saat menghadapi burung yang over birahi dan agak nakal, beberapa kicaumania memberikan perawatan mandi malam akan tapi ini sulit diterapkan pada cucak ijo.

Berikut adalah beberapa terapi perawatan over birahi pada burung cucak ijo :

1. Taruh burung di tempat yang sepi jauh dari burung berwarna cerah lainnya seperti anis merah, kenari kuning, atau benda berwarna cerah yang bisa membuat burung menjadi tidak nyaman.

2. Mengumbar burung cucak ijo di dalam kandang umbaran sambil memberi buah yang menenangkan dan mendinginkan seperti pepaya atau belimbing.

3. Kurangi atau hentikan pemberian makan serangga, jika ingin diberi makanan tambahan ada baiknya ulat bambu hanya 1 ekor / hari selama perawatan.

4. Untuk sementara tidak membawa atau melatih burung-burung di arena latberan apalagi di arena perlombaan.

5. Untuk cucak hijau muda Anda bisa mengurangi pemberian pakan voer, sebagai pengganti burung diberi buah seperti pepaya setiap hari.

6. Untuk pemulihan kondisi burung muda yang mengalami OB Anda dapat memberikan pengobatan pertama dengan Bird First Aid / BFA.

Apabila dalam 1 minggu burung mulai menunjukkan perilaku normal, maka perawatan bisa kembali ke perawatan sehari-hari. Untuk mucek hijau cucak karena kurang fit, Anda perlu membiasakan diri untuk selalu memberi vitamin. Itulah beberapa tip untuk mengatasi cucak hijau yang mbalon / mbagong.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.