Skip to main content

Cara Merawat Burung Cucak Ijo Dengan Buah Pisang Dan Apel


Perawatan sederhana untuk burung cucak hijau adalah dengan memberi buah seperti pisang, apel, pepaya dan makanan Exstra seperti jangkrik, ulat hongkong dan Kroto untuk meningkatkan stamina dan kebutuhan gizi burung sehingga burung selalu dalam keadaan prima, jangan lupa kebersihan kandang yang setiap hari harus dijaga kebersihannya. Biasanya kicaumania tidak memberi voer ke cucak ijo karena ada banyak kejadian voer membuat suara cucak ijo menjadi serak dan membuat bulu burung menjadi cepat kusam, jadi disarankan hanya memberi buah dan juga cukup dengan extra foodong saja.

Untuk membuat cucak hijau bisa tampil stabil kuncinya antara lain pemberian buah-buahan, setelan extra fooding (EF), pengumbaran, dan pengetrekan menjelang lomba.

Berikut ini tips perawatan harian burung cucak cucak hijau.

1. Setiap pagi pukul 07.00 burung dikeluarkan dan dimandikan, Usai mandi burung dijemur sampai pukul 10.00.

2. Setelah dijemur burung dianginkan sambil diberi 2 ekor jangkrik, burung selanjutnya dikerodong sampai siang.

3. Siang dan sore hari burung kembali diberi jangkrik masing-masing sebanyak 5 ekor, buah diberikan secara berselang-seling antara pisang dan apel. Jika hari ini pisang besoknya apel, buah sangat bermanfaat agar kerjanya stabil dan dapat menyeimbangkan komposisi asupan gizi.

4. Seminggu sekali burung diumbar dalam kandang umbaran dengan panjang 3 meter dan lebar 1,2 meter, hal ini dimaksudkan agar daya tahan burung lebih bagus.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar