Cara Mengatasi Lovebird Yang Tidak Mau Makan Buah Dan Sayur
Cara Mengatasi Lovebird Yang Tidak Mau Makan Buah Dan Sayur

Cara Mengatasi Lovebird Yang Tidak Mau Makan Buah Dan Sayur

melatih lovebird makan sayur

Jika lovebird peliharaan tidak mau makan buah dan sayuran itu bukanlah sesuatu yang baru di kalangan kicaumania, sudah sejak lama masalah ini sering terjadi dan masih menjadi pertanyaan maniak lovebird di Indonesia dan luar negeri. Sebagai panduan untuk Anda berikut adalah tip penangananlovebird yang tidak mau makan buah dan sayuran. Semua burung peliharaan membutuhkan pakan yang bergizi, serasi dan seimbang untuk mendukung perkembangan dan mempertahankan stamina dan kondisinya. Kebutuhan lovebird bisa dipenuhi dengan menyediakan pakan yang terdiri dari biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran, lovebird yang rutin mengonsumsi berbagai pakan setiap hari pasti akan memiliki tubuh lebih bugar, aktif, dan rajin berkicau.

Tapi ada juga lovebird yang cenderung pilih-pilih makan, jadi hanya ingin makan biji-bijian saja. Buah dan sayuran tidak tersentuh apalagi dimakan, hal ini membuat pemiliknya panik karena khawatir burung favoritnya tidak mendapat asupan gizi yang seimbang.

Meski belum ada catatan penyebab utama lovebird menolak makan buah dan sayuran, kondisinya mungkin disebabkan oleh faktor-faktor berikut :

1. Lovebird trauma dengan pakan buah atau sayur.
2. Sejak anakan lovebird tidak dibiasakan dengan buah dan sayuran.
3. Burung tidak mengenal jenis buah atau sayuran yang diberikan.
4. Buah atau sayuran terkontaminasi pestisida atau bahan kimia sehingga burung merasa ada sesuatu yang aneh dengan pakan yang dikonsumsi.

Untuk mengatasi lovebird yang tidak mau makan buah dan sayuran berikut beberapa cara yang bisa dilakukan :

1. Kenali jenis pakan yang aman untuk lovebird dan burung beo lainnya, karena banyak pakan yang tidak baik diberikan kepada burung paruh bengko.

2. Pastikan buah dan sayuran yang diberikan tidak tercemar oleh bahan kimia beracun seperti pestisida atau pengawet, untuk pencegahan sebelum diberikan pada burung dianjurkan agar buah dan sayuran dibersihkan dulu dengan air garam kemudian dibilas dengan air bersih.

3. Membuat buah dan sayuran sebagai mainan, Anda bisa menggantungkan buah atau sayur dengan tali di tengah sangkar. Diharapkan burung akan ketagihan bermain main lalu memakannya.

4. Potong buah dan sayuran dalam ukuran kecil lalu campur dalam wadah / cepuk yang mengandung biji-bijian seperti milet.

5. Berikan potongan kecil buah atau sayuran dengan jari, untuk meyakinkan bahwa makanan burung aman. Anda bisa menempelkan potongan buah / sayur di jari dengan air liur, setelah itu tempelkan pada paruh burung yang paranoid dengan buah dan sayuran. Hal ini tentu bisa dilakukan jika burung itu dalam keadaan jinak dan tidak giras.

6. Potong buah dalam bentuk yang menarik seperti menggunakan sendok koktail untuk membuat bola dan bentuk lainnya, potongan-potongan tersebut kemudian disimpan di cepuknya atau digantung di tengah sangkar.

Sediakan pakan alternatif seperti buah dan sayuran yang dipadukan dengan biskuit, makanan telur, atau telur rebus. Berilah campuran lebih beragam dari buah dan sayuran agar burung tidak bosan dan selalu ketagihan untuk mencicipinya.

Mengajari lovebird untuk makan buah dan sayuran bukanlah pekerjaan yang mudah, tapi ini bisa diatasi dengan melakukan berbagai kreativitas dalam presentasi. Begitu burung ketagihan maka selanjutnya mereka akan bisa menikmati makanannya tanpa keraguan dan ketakutan.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.