Skip to main content

Cara Merawat Burung Cendet Agar Tidak Ngedrop Di Musim Hujan


Ketika musim hujan tiba maka perawatan burung kicauan harus mendapatkan perhatian extra, jadi sangat di sarankan untuk lebih memperhatikan kondisi kesehatan burung peliharaannya saat musim hujan. Kali ini akan saya membahas cara perawatan burung cendet di musim penghujan sehingga tidak mudah ngedrop. Cendet atau pentet dikenal sebagai burung panas, pada musim hujan dengan suhu udara rendah di siang hari sampai malam biasanya merupakan masalah tersendiri bagi burung cendet. Jika di amati burung cendet sering melakukan aktivitas saat cuaca panas, namun selama musim hujan aktivitas akan menurun. Kondisi burung mudah ngedrop apalagi jika pemiliknya tidak menyiapkan multivitamin untuk burung selama musim hujan.

Sebagai panduan tips perawatan dari burung cendet selama musim hujan agar kondisi fisiknya selalu fit untuk tetap rajin berkicau :

1. Selama musim hujan terutama saat mencapai puncaknya, Anda juga perlu berlomba dengan sinar matahari. Artinya saat matahari bersinar manfaatkan waktu untuk penjemuran burung cendet, meski hanya 30-60 menit.

2. Dari segi pakan sebaiknya mulai terbiasa denganulat hongkong (UH), Porsi disesuaikan dengan suhu di sekitar kandang minimal yang bisa diberikan adalah 2 ekor pagi / sore.

3. Seiring aktivitas burung cendet mulai berkurang dan kurangnya intensitas sinar matahari cendet saat musim hujan cenderung kelebihan berat badan, maka konsumsi voer bisa dua kali lebih banyak dari biasanya.

4. Beberapa penggemar cendet memasukkan potongan jahe seukuran butiran voer ke dalam perut jangkrik yang akan diberikan ke cendet, hal ini bisa membuat tubuh cendet tetap langsing saat musim hujan.

5. Kunyit dan jahe juga bisa diberikan dengan cara lain misalnya potongan jahe diberikan pada jangkrik, keesokan harinya setelah jangkrik makan jahe maka serangga ini diberikan pada burung-burung.

6. Beberapa cendet sering kaget saat mendengar suara rintik hujan yang deras, maka burung cendet dengan karakter seperti ini harus disimpan di dalam rumah, jauh dari percikan air hujan agar tidak mengalami stres.

7. Bila di perlukan kerodong burung saat hujan atau saat angin berhembus kencang, hal ini untuk meminimalisasi risiko penyakit,\ karena cendet termasuk sangat sensitif terhadap suhu dingin.

8. Berikan lampu pemanas dengan menggunakan bola lampu 5-10 Watt yang diletakkan di atas sangkar. Lampu bisa dinyalakan di pagi dan sore hari saat hujan turun.

9. Berikan makanan tambahan lainnya seperti daging ayam mentah yang dipotong seukuran jangkrik kecil, bisa juga menggunakan orong-orong atau hewan kecil lainnya.

Itulah perawatan khusus untuk burung cendet di musim penghujan agar kondisinya selalu fit dan  tidak mudah ngedrop.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar