Cara Merawat Burung Anis Merah Cepat Ngeplong
Cara Merawat Burung Anis Merah Cepat Ngeplong

Cara Merawat Burung Anis Merah Cepat Ngeplong

merawa anis merah cepat ngeplong

Biasanya pada saat musim hujan yang datang pada akhir tahun menjadi berkah bagi pemilik anis merah, karena suara air yang turun dari langit mampu menstimulasi anis merah hingga ngeriwik. Tapi untuk merangsangnya bersuara keras harus disertai dengan perawatan lain seperti yang akan di jelaskan dalam dalam artikel empat tips perawatan burung anis merah untuk segera ngeplong, selama ini banyak kicaumania yang hanya fokus memberi pakan tambahan / extra fooding (EF) untuk burung anis merah agar tetap rajin berbunyi. Sedangkan untuk beberapa bentuk perawatan lainnya cenderung diabaikan. Hasilnya burung anis merah memang bisa rajin berkicau namun hanya sebatas ngeriwik saja, tidak ada perkembangan yang signifikan dari aspek suara kicauan.

Sebenarnya perawatan burung anis merah tidak sesulit yang di bayangkan oleh beberapa kicaumania, bahkan hanya dengan melakukan perawatan yang relatif sederhana ditambah dengan pemberian pakan yang tepat,\ anis merah bisa tampil lebih maksimal. Dalam perawatan sehari-hari selain diberi EF untuk membuatnya rajin berbunyi sebaiknya Anda memberikan penanganan lain yang bisa membuat burung merasa lebih aman dan nyaman, bila burung merasa aman dan nyaman maka burung akan selalu dalam dalam kondisi prima.

Pola penanganan yang relatif sederhana ini sering diabaikan pada beberapa kicaumania, itu sebabnya banyak anis merah yang masih ngeriwik meski sudah lama dipelihara.

Berikut adalah empat tip sederhana perawatan anis merah supaya cepat ngeplong.

1. Full Kerodong
Memberikan full kerodong pada kandang perlu dilakukan agar burung anis merah merasa aman dan nyaman saat berada di lingkungan yang tidak memadai, misalnya lingkungannya terlalu ramai dengan aktivitas manusia yang lewat, jalan sempit, atau sering melewati binatang liar seperti kucing dan tikus. Untuk hasil yang lebih efektif dalam seminggu burung bisa di kerodong selama 4-5 hari. Sisanya tidak diberikan kerodong karena pada hari itu anis merah akan mendapat perawatan lain seperti pengembunan, mandi, dan penjemuran.

2. Gantang kandang di tempat yang nyaman
Perhatikan juga situasi dan kondisi lingkungan dimana anda akan menggantang burung anis merah, dianjurkan untuk tidak menggantang kandang di tempat di mana angin berhembus kencang atau dekat dengan sumber angin dan menjauhkannya dari dapur saat ada aktivitas memasak.

Burung anis merah sangat menyukai tempat teduh dengan angin sepoi-sepoi untuk merangsang suara yang lebih rajin, sehingga mempercepat proses ngeplongnya. Kandang harus digantang dekat sumber air yang mengalir atau lokasi yang bising tapi tidak terlalu ramai.

3. Pemberian Kroto dan mandi malam
Kroto bisa membantu mempercepat proses ngeplong burung anis merah, pakan yang berupa telor semut rangrang ini bisa diberikan di sore atau malam hari (setelah mandi malam), sebelum burung mendapatkan pengembunan keesokan harinya.

4. Pengembunan Secara Rutin
Setelah beberapa hari dalam kondisi full di kerodong, pengembunan akan menjadi perawatan pembuka untuk memulai sisa-sisa hari berikutnya tanpa kerodong. Saat inilah burung anis merah akan terpancing untuk mengeluarkan suaranya lebih keras.

Itu empat perawatan sederhana yang bisa membantu mempercepat proses ngeplong anis merah, jika secara rutin Anda menggabungkan pola perawatan dengan pemberian EF dalam perawatan sehari-hari maka anis merah akan mengalami peningkatan performa ditandai dengan suara kicauannya yang lebih ngeplong.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.