Cara Mengatasi Burung Anis Merah Yang Susah Ngeplong
Cara Mengatasi Burung Anis Merah Yang Susah Ngeplong

Cara Mengatasi Burung Anis Merah Yang Susah Ngeplong

mengatasi anis merah susah ngeplong

Kalau sudah di pelihara cukup lama akan tapi anis merah hanya ngeriwik saja dan tidak mau mengeluakan suara ngeplongnya, tentu akan membuat pemiliknya merasa kecewa lalu beberapa orang beranggapan kalau burung yang di peliharanya adalah burung betina kemudian menjualnya dengan harga murah. Tapi di tangan pemilik baru ternyata anis merah sebenarnya rajin ngeplong bahkan bisa sampai teler. Burung anis merah hanya bisa tampil maksimal jika dberikan perawatan yang tepat dan juga dirawat dengan baik, burung anis merah memiliki karakter yang sedikit berbeda dari burung berkicau lainnya. Jika jenis burung lain mudah dipancing untuk mengeluarkan suara, tidak demikian halnya dengan anis merah. Bahkan ada anggapan bahwa memelihara burung anis merah membutuhkan tingkat kesabaran yang tinggi.

Tapi bagi yang sudah lama memelihara berbagai jenis burung kicau, merawat anis merah tak jauh berbeda dengan jenis kicauan lainnya.

Berikut adalah beberapa tips mengatasi anis burung merah yang sulit ngeplong dan cenderung ngeriwik saja.

1. Maksimalkan pakan harian
Extra food (EF) diharuskan untuk menjaga kondisi dan mendukung aktivitas sehari-hari semua jenis burung rumahan termasuk anis merah, sayangnya dalam perawatannya sehari-hari terkadang anis merah tidak mendapatkan pakan sesuai dengan kebutuhannya. Jika burung tidak mau ngeplong cenderung ngeriwik, tentunya berarti EF harus ditingkatkan baik porsi maupun jenisnya.

Ada berbagai jenis EF yang bisa diberikan untuk bisa merangsang suara burung anis merah dan mengeluarkan suara ngeplongnya yaitu cacing tanah, larva serangga, ulat hongkong, jangkrik, kroto, dan buah-buahan seperti apel merah, salak, sawo, pepaya, dan pisang kepok.

2. Berikan suasana yang tenang tenang
Jika Anda menggantung kandang di tempat yang biasa dan selama waktu itu anis merah hanya ngeriwik, berarti sudah saatnya memindahkan sangkar ke tempat lain yang lebih nyaman. Ini bisa membantu memancing burung anis merah untuk mengeluarkan suara ngeplongnya, atau jangan mengerodong burung di malam hari.Jika selama ini burung ogah ngeplong lantaran merasa kurang nyaman pada siang hari, maka pada malam hari dan dalam kondisi tanpa kerodong itulah burung biasanya mau mengeluarkan suara ngeplongnya. Begitu juga yang terjadi ketika jika Anda rutin memberikan pengembunan di pagi hari.

3. Memancing birahinya dengan burung sejenis
Anda juga bisa mengajak teman kicaumania yang memiliki anis merah baik dari yang hanya masih ngeriwik atau yang sudah ngeplong untuk mengecas burung masing-masing, Biasanya dalam kondisi seperti ini salah satu burung atau lebih terpancing untuk mengeluarkan bunyi kicauan yang keras bahkan ada bisa lansung teler.

4. Dongkrak birahinya dengan TestoBirdBosster
Jika burung terus ngeriwik meski sudah lama dipelihara dan bahkan mendapat perawatan seperti cara di atas jangan ragu memberi TestoBirdBooster, karena sangat mungkin anis merah Anda secara genetis kekurangan hormon testosteron.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.