Skip to main content

Cara Mengatur Birahi Burung Kacer Supaya Selalu Siap Di Lombakan


Perawatan rutin merupakan salah satu hal terpenting dalam kualitas burung kacer dalam perlombaan, hal ini dilakukan agar kondisi dan mental burung agar tetap stabil. Kacer yang terlalu over birahi tentu tidak akan bisa tampil maksimal di lapangan dan akan sama bila burung kacer kurang birahi. Sebagai panduan Anda berikut adalah tips mengatur birahi untuk burung kacer agar selalu siap bersaing. Kacer yang memiliki suara kicauan yang nyaring  dengan gaya bertarung ngobra termasuk salah satu burung kicuan favorit di Indonesia. Di beberapa daerah terutama di Sumatera dan Kalimantan kelas perlombaan burung kacer selalu dipenuhi peserta, dalam berbagai lomba burung kita sering melihat burung kacer yang tidak ingin tampil seperti biasa, tapi selama ini sangat rajin berbunyi. Berbagai perilaku yang ditunjukkan burung misalnya sering naik turun tenggeran tanpa suara, ngeruji, sampai mengembangkan bulu-bulunya alias ngebalon

Salah satu kunci terpenting untuk selalu siap bersaing adalah menjaga kondisi birahinya agar selali relatif stabil, hal ini sering diabaikan oleh sejumlah kicaumania sehingga burung tidak bisa tampil optimal saat diperlombakan.

Berikut adalah beberapa tips mengatur birahi burung kacet untuk selalu siap bersaing dan mampu tampil lebih maksimal.

1. Kacer untuk lomba harus mendapat penanganan khusus yang berbeda dengan kacer rumah, tujuannya agar pemilik atau perawat lebih fokus menjaga kondisi burung.

2. Bagi yang terbiasa memberikan voer untuk kacer jangan terlalu sering berganti merek, biasanya kita mudah tertarik dengan brand voer tertentu hanya karena pakannya juga dikonsumsi oleh burung kacer yang kebetulan menjadi jawara. Terlalu sering ganti merek voer bisa mengurangi penampilan bahkan tak jarang disertai kotoran encer dan berbau, dalam banyak kasus kacer akan mengalami masa mabung lebih cepat. Jika Anda ingin mengganti voer dengan merek lain lakukan secara bertahap.

3. Pertahankan pengaturan makanan ekstra (EF) seperti jangkrik atau kroto, pengaturan yang tepat adalah yang digunakan saat burung kacer menjadi lebih baik setelah diberi makan sejumlah serangga / jangkrik. Ini adalah pengaturan yang digunakan dalam perawatan sehari-hari, hal yang sama juga bisa diterapkan dalam menemukan setting khusus perlombaan.

4. Banyak kicaumana yang ingin mendengar kicauan kacernya dengan cara memperdengarkan suara masteran burung sejenis dari perangkat mp3, tujuannya tentu untuk memancingnya agar mau bunyi. Padahal jika hal ini terlalu sering dilakukan akan berdampak pada birahi kacer yang tidak stabil, akibatnya saat dilombakan burung akan lebih banyak diam atau selalu naik-turun tenggeran.

5. Kacer adalah burung teritorial,  di alam liar mereka selalu terlihat sendiri atau dengan pasangan mereka sendiri untuk menjaga wilayah mereka dari kehadiran burung sejenis. Saat memelihara burung kacer di rumah yang terbaik adalah jangan sampai mendekatkan dengan burung sejenis atau jenis burung lain yang memiliki sifat teritorial lainnya seperti murai batu, ini untuk menjaga sifat mental dan tempur.

6. Penjemuran pada waktu yang tepat dapat membantu menjaga kestabilan birahi, penjemurannya tidak hanya sekedar memanaskan burung tapi juga berguna untuk mengusir kutu yang menempel pada kulit dan bulu sekaligus untuk mengecas panas tubuh yang akan digunakan saat suhu dingin atau di malam hari. Penjemuran yang ideal adalah dari terbitnya matahari sampai siang sekitar pukul 10.00.

7. Seminggu sekali burung kacer perlu dilepas di kandang umbaran untuk melatih pernapasan mereka agar lebih panjang, membentuk dan memperkuat otot sayap dan dada dan meningkatkan stamina tubuh mereka. pengumbaran juga dipercaya bisa mengatasi kacer yang terlalu birahi.

8. Seminggu sekali burung kacer perlu menjalani terapi mandi malam yang bertujuan agar kondisinya tetap stabil, terapi mandi malam harus dilakukan dengan memperhatikan suhu dan cuaca pada saat itu. Selain itu mandi malam harus dilakukan pada waktu yang tidak larut malam.

Dengan melakukan pola perawatan rutin dan tetap memperhatikan kondisinya, burung kacer akan bisa tampil lebih maksimal.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar