Skip to main content

Cara Merawat Burung Cucak Jenggot Betina Untuk Lomba


Seperti burung cendet dan lovebird banyak burung cucak jenggot betina yang sering moncer di arena perlombaan, burung cucak jenggot betina bila berusia 8 bulan atau lebih pasti akan bertelur dan karena seringnya frekuensi bertelur akan mempengaruhi penampilannya di arena lomba. Bagaimana cara mengurangi frekuensi bertelur pada jenggot, terutama untuk balapan. Bagaimana cara perawatan burung cucak jenggot betina agar pada saat di lombakan tidak peduli dengan jenis kelamin lawan yang dihadapinya, begitu digantang burung langsung mengeluarkan tembakan-tembakan dahsyatynya yang menghentak, dan membuat lawan-lawannya keder atau seperti tertekan. Tembakan itu terus dikeluarkan nyaris tanpa jeda, sejak awal digantang hingga akhir lomba.

Bagaimana merawat betina cucak berjenggot agar prestasinya bisa bertahan lama di berbagai acara perlombaan, burung betina yang berprestasi pasti memiliki kondisi fisik prima dengan kondisi fisiologis dan metabolisme juga berjalan normal. Bila burung cucak jenggot sehat ketika berusia 8 bulan atau lebih secara alami akan bertelur juga, ini adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari namun bisa disiasati agar bertelur terlalu sering.

1. Kurangi makanan tambahan (EF) dalam bentuk jangkrik, jika diberi jangkrik terlalu banyak seing dan terlalu banyak maka burung-burung tersebut semakin cepat bertelur. Meski begitu jangkrik masih harus diberikan, hanya melalui jadwal yang ketat dua kali seminggu, dengan jadwal tetap yaitu Rabu dan Minggu hanya 1 ekor. Pemberian jangkrik pada hari Minggu dimaksudkan agar birahi burung bisa naik saat dibawa ke perlombaan.

2. Beri burungpakan cukup setiap hari dalam bentuk voer dan pisang agar kondisinya tetap fit, Anda bisa memberi multivitamin seperti BirdVit dengan frekuensi tiga kali seminggu.

3. Selain itu untuk menjaga kebugaran aktivitas mandi dan penjemuran harus rutin dilakukan setiap hari, dengan model perawatan minimalis ini burung tetap sehat dan bugar.

Dengan melakukan perawatan di atas secara rutin maka burung cucak jenggot betina akan selalu siap di perlombakan
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar