Skip to main content

Cara Merawat Dan Memaster Kenari Spanish Timbrado


Burung kenari spanish timbrado dikenal sebagai kenari penyanyi karena suaranya panjang dan merdu, namun ada juga peternak yang mencoba mengembangkannya sebagai kenari berwarna. Perawatan Kenari Spanish Timbrado butuh perhatian lebih,\ apalagi untuk membuatnya lebih rajin berbunyi dengan alunan lagu lama, sejarah burung Kenari Spanish Timbrado berasal dari tahun 1940 - 1950. Varietas kenari ini adalah hasil umpan silang dari kenari liar dan kenari dari Spanyol. Nama Spanish Timbrado diambil dari instrumen khas Spanyol yaitu castenet, yang memiliki suara berirama, cepat, dan cepat, mirip dengan suara kicauan burung. Cara merawat burung kenari spanish timbrado, baik lokal maupun impor tidak mudah, ada tingkat kesulitan dalam dirinya sendiri.

Selama keluhan ini yang kerap muncul adalah kicauan burung kurang rajin dan cenderung terdengar pendek atau putus-putus sehingga tidak sesuai dengan namanya yang indah, untuk merawat kenari spanish timbrado konsistensi rutin atau rutin setiap hari diperlukan, ini sangat penting jadi burung lebih aktif, lincah, dan rajin berkicau.

Berikut adalah perawatan sehari-hari yang bisa diaplikasikan pada burung kenari spanish timbrado :

1. Keluarkan kenari pada pagi hari untuk diembunkan.
2. Setelah matahari terbit keluarkan tempat pakan dan air minumnya, selanjutnya mandikan burung dengan cara memasukkan bak mandi kecil ke dalam sangkarnya.
3. Bersihkan sangkar dari kotoran lalu ganti pakan dan air minumnya dengan yang baru /segar.
4. Secara berkala 2-3 hari sekali air minum dicampur dengan multivitamin seperti BirdVit untuk menjaga agar kondisinya selalu fit dan tidak mudah terserang agen penyakit (bakteri, virus, jamur, parasit, dll).
5. Jemur kenari seperlunya saja atau dengan durasi penjemuran tidak lebih dari 2 jam.
6. Setelah dijemur kenari dipindahkan ke tempat teduh, berikan pakan tambahan (EF) berupa buah dan sayuran yang bervariasi setiap harinya. Buah dan sayuran tersebut bisa terdiri atas potongan apel, daun sawi putih / hijau, jagung muda, dan oyong.
7. Setiap beberapa hari sekali kenari dapat diberikan telur puyuh rebus maupun egg food.
8. Selama diangin-anginkan di tempat teduh kenari dapat dimaster.
9. Menjelang malam sangkarnya dikerodong penuh, sehingga burung bisa beristirahat total sampai esok harinya.

Seperti jenis kenari lainnya burung kenari spanish timbrado mempunyai kemampuan meniru aneka suara kicauan burung lainnya, karena itu pemasteran dengan suara yang tepat bisa menentukan karakter suara kenari tersebut. Apakah menjadi burung yang tampil mewah dengan suara aslinya yang panjang, atau memiliki suara variasi isian tetapi suaranya asli lebih pendek.

Jika menginginkan spanish timbrado lebih rajin bunyi dengan suaranya yang mengalun panjang, pemasteran dapat dilakukan dengan menggunakan suara rekaman dari kenari sejenis maupun jenis lainnya seperti american singer atau slavujar yang terkenal dengan suara kicauannya yang ngerol dan penuh tembakan.

Itulah tips singkat mengenai cara merawat kenari spanish timbrado plus pemasterannya agar lebih rajin bunyi dan bersuara panjang.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar