Skip to main content

Perawatan Penting Untuk Burung Anis Merah Tetap Ngerol


Perawatan burung anis merah tidak mudah dan harus melewati waktu lama untuk ngerol dengan rajin, namun dalam banyak kasus sering terjadi bahwa burung anis merah yang sudah rajin ngerol akan macet ngerol jika tidak diobati dengan benar. Perlu di ingat empat hal penting agar anis tetap tetap ngerol, secara umum burung anis merah yang dirawat dari usia trotolan lebih cepat ngeplong dan ngerol daripada burung anis merah hasil tangkapan hutan. Namun jika tidak diperlakukan dengan benar, maka tidak peduli dari mana asalnya suara anis merah tidak akan muncul seperti biasa dan bahkan tidak lagi terdengar suara ngerolnya. Selama ini tambahan makanan / extra fooding (EF) yang dibutuhkan untuk membuat anis bunga menjadi cepat ngerol adalah kroto dan cacing tanah. Selain itu penyediaan jangkrik dan ulat hongkong juga harus disertakan dalam perawatan, karena kedua serangga tersebut dapat membantu meningkatkan ketahanan fisik dan stamina tubuh.

Selain masalah pakan perawatan rutin lainnya seperti pengembunan, mandi, dan penjemuran juga harus mendapat perhatian. Karena hal seperti itu bisa berdampak positif pada penampilan dan kondisi burung.

Berikut beberapa perawatan penting untuk menjaga agar anis merah tetap tetap ngerol dan lebih gacor, dan bisa mencegahnya dari macet bunyi.

1. Jangkrik dan ulat hongkong yang telah berubah kulit putih diberikan setiap hari dengan jumlah yang cukup, atau sesuai dengan kebiasaan burung. Untuk hasil maksimal Anda harus menyediakan kedua jenis EF di pagi hari, antara jam 07:00 sampai 10:00, sertya siang sampai sore hari sekitar pukul 13:00 sampai 16:00.

2. Kroto dan cacing tanah adalah kombinasi ampuh yang dapat membantu merangsang dan mempercepat burung anis merah agar tetap mengeluarkan suaran ngerolnya, berikan masing-masing EF secara teratur setiap hari dengan jumlah kebiasaan yang disesuaikan dengan burung. Untuk hasil maksimal, berikan pakan ini pada saat pengembunan atau dini hari, begitu juga di sore hari.

3. Penting untuk menjaga kebersihan bulu dan sangkar, karena itu mempengaruhi rajin atau tidaknya anis merah berkicau. Mandi burung dan bersihkan sangkar kandang setiap hari, jika ada kutu, parasit, atau tungau di bulu, diatasi dengan FreshAves. Kombinasikan 5 gram FreshAves dengan 1 liter air bersih. Produk ini juga disinfektan dan bisa disemprotkan ke seluruh bagian kandang, yang mampu membasmi semua bentuk bakteri, jamur, parasit, dan semut.

4. Untuk membantu daya tahannya burung harus diberi multivitamin BirdVit (hanya 2-3 kali seminggu), yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh burung.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar