Skip to main content

Cara Mengatasi Anis Merah Macet Bunyi Setelah Mabung


Banyak kicaumania yang menganggap anis merah adalah sejenis burung yang sulit ditebak karakternya, asumsi ini muncul setelah banyak dari mereka yang mengeluhkan kondisi anis merah yang dulunya adalah gacor, tiba-tiba macet terutama setelah mabung. Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut adalah tips untuk kondisi anis merah yang macet setelah mabung. Selama ini anis merah sering dianggap sebagai burung yang penuh misteri, ada kicaumania yang mengaku anis merah tetap rajin meski hanya perawatan sederhana. Tapi tak sedikit yang mengeluh kalau burung peliharaannya dengan susah mengeluarkan suaranya, meski sudah dirawat dengan berbagai cara.

Saat burung mengalami mabung beberapa pemilik anis merah merasa cemas, karena berdasarkan pengalaman rekan lainnya, banyak anis merah yang macet pasca mabung. Kenapa ini terjadi? Penyebab utama anis merah jarang mengeluarkan kicauannya setelah mabung adalah burung belum masuk kondisi terbaik atau performa puncak. Beberapa spesies burung tertentu bahkan memakan waktu lebih lama untuk mengkondisikan diri setelah mabung. Setelah itu mereka biasanya masuk dalam masa top form, yang terlihat dari perubahan perilaku yang menjadi rajin bunyi, gampang teler, dan tampil lebih maksimal.

Sebagai panduan untuk Anda terutama pemula yang baru di anis merah, berikut beberapa tips untuk kondisi anis merah setelah mabung.

Bila anis merah sedang menyelesaikan periode mabung berikan pakan berkualitas / kay nutrisi, Jangan lupa juga memberi multivitamin. Setelah melewati masa mabung, berikan perawatan khusus untuk mengkondisikan burung dengan meniru pola hidupnya di alam bebas, atau bisa juga memberikan ramuan pakan yang disertai dengan perawatan sehari-hari secara konsisten.

Salah satu bentuk perawatan  khusus yang biasa dilakukan penggemar anis merah adalah dengan mengembalikan naluri alami, caranya beri waktu agar burung bisa bermain dengan lingkungan. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan sangkar sehari-hari yang memiliki kaki sangat pendek, dengan bagian bawah sangkar hampir menyentuh tanah. Masukkan anis merah yang macet ke dalam kandang.

Setelah itu siapkan permukaan tanah untuk dijadikan terapi, permukaan tanah harus bersih dari kotoran termasuk kotoran hewan. Setelah itu siram dengan sedikit air, dan lanjutkan dengan menaburkan beberapa daun kering di atasnya. Berikan beberapa cacing tanah hidup, tempatkan di permukaan tanah yang telah kita tetapkan tadi. Tempatkan sangkar tepat di atasnya, dan tarik perlahan sekat / laci di bagian bawah sangkar.

Sekat biasanya terdiri dari dua bagian, yaitu penghalang dengan jeruji dan sekat untuk tempat kotoran. Setelah partisi ditarik / diangkat maka sangkar akan tepat berada di tanah. Biarkan anis merah bermain di sekitar sana selama 1 - 2 jam, burung akan terlihat senang sekaligus mengurangi kebosanan yang disebabkan karena berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun tinggal di kandang itu saja.

Terapi ini bisa mengurangi stres sehingga secara bertahap akan mulai berkicau lagi yang penting pastikan burung selamat dari gangguan hewan pemangsa saat berada di kandang tersebut. Agar sangkar tidak jatuh karena getaran atau hembusan angin, anda bisa meletakkan beban yang agak berat di atas kandang.

Demikian tips cara mengkondisikan burung anis merah yang macet suara setelah mabung, dengan melakukan pola perawatan rutin dan didukung pemberian pakan dan multivitamin yang tepat burung akan rajin berkicau, bahkan akan bisa teller lagi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar