Skip to main content

Perawatan Burung Anis Merah Tanpa Voer Biar Bisa Ngeplong


Bagi sebagian orang merawat anis merah adalah salah satu pekerjaan yang membutuhkan perhatian dan kesabaran, selama ini anis merah sering dianggap sebagai burung yang tidak stabil dan terlalu emosional. Jika kita salah melakukan perawatan sedikit saja maka burung itu akan diam, untuk itu dibutuhkan cara alternatif perawatan anis merah supaya suara cepat ngeplong termasuk tanpa menggunakan pakan voer. Beberapa hal penting yang berkaitan dengan perawatan burung anis merah adalah pemberian pakan hidup, buah, dan mandi, ketiga hal ini harus selalu diperhatikan dalam perawatan sehari-hari. Anis merah dikenal sebagai burung mudah "rewel", sehingga membutuhkan perawatan yang konsisten setiap hari. Bahkan karakter ini membuat banyak kicaumania yang meninggalkan burung anis merah.

Banyak metode yang dilakukan oleh penggemar anis merah sehingga hewan peliharaan lebih rajin berkicau atau ingin mengeluarkan suara ngeplongnya, salah satu metode yang diyakini efektif dalam membuat suara anis merah adalah dengan memberikan perawatan tanpa adanya voer. Cara ini sebenarnya sering diaplikasikan pada burung pemakan buah seperti cucak hijau dan pleci. Untuk anis merah yang hanya ngeriwik saja meski sudah dirawat selama berbulan-bulan, metode ini juga bisa diterapkan.

Ada dua alternatif cara pengobatan anis merah tanpa suara ngeplong dan inilah rinciannya :

1. Berhenti memberikan pakan voer dan pakan hidup
Dalam terapi ini anis merah tidak diberikan voer dan pakan hidup sperti serangga atau cacing selama 1 minggu, selama waktu itu burung hanya diberi makan seperti pisang atau pepaya. Setiap dua hari burung diberi perawatan mandi setiap malam, saat diangin-anginkan burung  anis merah di pancing dengan rekaman suara merah anis betina.

Di pagi hari burung dibawa keluar untuk tujuan pengembunan, biasanya setelah beberapa hari anis merah jantan akan terdengar suara ngeplongnya. Jika seminggu setelah terapi burung masih belum menunjukkan tanda ngeplong, maka perawatan yang sama bisa diteruskan selama beberapa hari ke depan atau seminggu penuh. Tapi kalau tetap tidak menunjukkan tanda ngeplong, tolong periksa kembali jenis kelamin anis merah anda.

2. Berhenti memberikan pakan voer dan berikan pakan cacing tanah
Metode kedua hampir sama seperti sebelumnya tapi makanan tambahan diberikan cacing tanah,  Cacing tanah pertama dibersikan dari mucus-lendir lalu beri 2 ekor saat anis merah dianginkan setelah mandi malam. Setelah itu burung-burung dipancing kembali dengan rekaman suara anis betina merah.

Di pagi hari saat pengembunan berikan 1 cacing tanah, biasanya setelah beberapa hari anis merah akan terdengar suara ngeplongnya. Jika tidak ada tanda ngeplong pengobatan berlanjut selama seminggu lagi, jika selama 2 minggu tanpa henti masih belum terdengar ngeplong kemungkinan besar anis merah betina.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar