Skip to main content

Manfaat Dan Efek Samping Pakan Tambahan Untuk Burung Anis Merah


Burung anis merah (Zothera citrina) diketahui memiliki karakter dan emosi yang tidak stabil, burung ini dengan mudah mengubah karakternya saat menemukan perubahan dalam perawatan sehari-hari. Anis merah tiba-tiba bisa berubah menjadi ganas, atau sifat lain yang sebelumnya tak pernah ditunjukkan, perubahan pola dan jenis pakan termasuk salah satu faktor yang bisa mengubah karakter dan emosi anis merah. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui beberapa manfaat dan efek tambahan pakan pada anis merah, perubahan karakter dan emosi anis merah cenderung terjadi saat pemberian makanan tambahan atau makanan ekstra (EF) dianggap berlebihan. Jenis buah yang monoton alias tidak berbeda juga bisa membuat karakternya berubah. Untuk itu penting bagi kita untuk memahami apa manfaat dan efek dari pakan tambahan yang biasanya diberikan pada anis merah.

Mengutip dari berbagai sumber, mari kita simak manfaat dan efek apa dari pakan tambahan (EF) yang biasanya diberikan dalam perawatan sehari-hari berikut ini:

1. Pakan serangga seperti ulat hongkong dan kroto diyakini memiliki efek panas pada tubuh burung, jika berlebihan diberikan bisa membuat anis merah berubah menjadi sengit atau emosional.

2. Pakan serangga seperti jangkrik dan cacing tanah diyakini dapat meningkatkan birahi pada burung anis merah, jika diberikan dengan jumlah dan waktu yang tepat bisa membuat anis merah mudah sekali berbunyi.

3. Pakan buah yang banyak mengandung air dan buah yang memiliki rasa asam dipercaya bisa mengurangi birahi anis merah sekaligus menurunkan emosinya, buah-buahan yang termasuk dalam kategori ini meliputi pepaya, peer, dan belimbing wuluh.

4. Pakan buah bersifat basa bermanfaat untuk meningkatkan burung burung, untuk anis merah buah yang dimaksud adalah salak sedangkan buah yang manis memiliki manfaat menjaga kondisi dan stamina burung. Buah yang termasuk dalam kategori ini termasuk pisang dan apel.

Dengan pengertian diatas kita bisa mengatur makan tambahan agar penampilan anis merah sesuai dengan yang diinginkan, pemberian makan yang tepat, pada saat yang tepat, bisa membuat anis merah mudah sekali berkicau. Anda bisa menerapkan berbagai pola perawatan sehari-hari, termasuk memberi makan buah dan serangga yang lebih bervariasi, dengan mempertimbangkan manfaat dan efek pada burung yang disebutkan di atas.

Dengan begitu burung merah anis masih memiliki karakter, emosi dan nafsu yang stabil sehingga memudahkan proses berbunyi, terutama burung yang masih bakalan atau dalam macet bunyi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar