Skip to main content

Membiasakan Mandi Malam Burung ANis Merah Supaya Teler


Setiap mania anis merah memiliki cara dan pengalaman tersendiri untuk mendapatkan anis merah agar teler sempurna sesuai dengan gaya teler masing-masing. Biasanya burung anis merah menjalani ritual mandi malam selama satu jam, hal ini dilakukan untuk membiasakan anis merah dengan cepat bisa teler termasuk saat digantang di arena perlombaan. Untuk perawatan sehari-hari tidak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan pada burung kicau lainnya, selain pakan utama voer bisa diberikan makanan tambahan (EF) berupa jangkrik dan buah-buahan.

Porsi pemberian jangkrik tidak terbatas alias sekenyangnya, meski anis merah umumnya hanya bisa mengkonsumsi hingga 10 ekor saja, sedangkan buah bergantian antara pepaya dan apel. Setiap Senin dan Selasa burung diberi pepaya, sedangkan Rabu dan Kamis diberi apel dan begitu seterusnya.

Setiap pukul 21.00 burung-burung menjalani ritual mandi malam, jika memiliki banyak burun anis merah maka semua burung dimandikan dalam keramba pemandian yang disusun secara berjejer tapi diberi blok antar karamba. Setiap karamba di aliri oleh keran air secara terpisah sehingga terlihat alami. Mandikan burung sampai jam sepuluh malam yang artinya selama 1 jam

Setelah mandi semua burung di cas secukupnya lalu di gantang sambil diangin-anginkan sampai di teler, setelah burung anis merah teler langsung di kerodong. Berikan 1 jangkrik untuk burung anis merah satu hari setelan mengikuti perlombaan, apabila ritual ini rutin di lakukan akan membuat anis merah selalu tampil prima dengan gaya telernya yang semi-ndoyong dalam setiap perlombaan
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar