Makanan Racikan Untuk Burung Ciblek Agar Sehat Dan Rajin Berkicau
Makanan Racikan Untuk Burung Ciblek Agar Sehat Dan Rajin Berkicau

Makanan Racikan Untuk Burung Ciblek Agar Sehat Dan Rajin Berkicau

pakan racikan burung ciblek

Merawat burung ciblek agar tetap aktif, sehat, dan rajin berbunyi tidak bisa dilakukan hanya melalui perawatan sehari-hari seperti mandi dan penjemuran saja, kualitas suara adalah perpaduan antara sifat genetik dan hasil latihan. Namun stamina burung agar bisa melepaskan kemampuan suara terbaik berasal dari asupan nutrisi yang terkandung dalam pakan, selain serangga burung ciblek juga bisa diberi pakan lain yang memiliki kualitas gizi cukup. Tips bagaimana membuat pakan buatan agar ciblek tetap sehat dan rajin, pakan yang kita buat kali ini menggunakan telur sebagai bahan dasarnya. Selama ini telur ini populer dan banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan berbagai jenis makanan racikan untuk burung berkicau, karena manfaat dan kandungan nutrisinya yang sangat tinggi.

Namun resep kali ini berbeda dari biasanya yang umumnya menggunakan telur rebus, kali ini kita akan membuat pakan dengan memanfaatkan telur mentah, dalam kasus ini kita hanya mengambil kuning telur atau kuning saja. Pakan buatan ini juga cukup populer dan sering digunakan oleh ciblekmania di indonesia, jadi untuk meningkatkan pengetahuan anda tidak ada salahnya jika kita berbagi disini.

Bahan baku yang digunakan dan bagaimana cara membuat pakan ciblek agar tetap sehat dan rajin mengikuti bunyi :

Bahan baku (takaran bisa disesuaikan)
1. Voer yang biasa diberikan kepada burung ciblek peliharaan Anda.
2. 1  butir telur mentah ( ayam / bebek ), hanya diambil kuning telurnya saja.
3. 3 butir minyak ikan.
4. 1 sachet susu bubuk yang tidak manis.

Proses pembuatan makanan racikan untuk burung ciblek
1. Kuning telur dimasukkan ke dalam mangkuk atau wadah yang sudah disiapkan, campur minyak ikan lalu aduk hingga merata. Setelah itu campurkan susu bubuk dan aduk sampai mengental.

2. Masukkan juga voer ke dalam adonan secukupnya, lalu aduk lagi hingga merata. Setelah semua bahan dicampur dengan baik, proses selanjutnya adalah pengeringan. Anda bisa menggunakan sinar matahari dengan cara menjemur atau bisa dikeringkan di oven (hanya untuk pengeringan). Yang perlu diperhatikan saat pengeringan adalah lokasi pengeringan yang harus jauh dari hewan seperti ayam, kadal, kadal, atau serangga yang bisa membawa bakteri jahat.

3. Selanjutnya proses penghalusan atau pembuatan pakan menjadi bubuk sehingga mudah dikonsumsi burung, ika selesai pakan bisa disimpan dalam toples tertutup dan sementara diberi silika gel yang berfungsi menjaga agar makanan tetap kering, tidak lembab, dan tidak berjamur.

Sekarang pakan siap diberikan ke burng ciblek favorit Anda, kapanpun dibutuhkan. Begitulah cara membuat makanan untuk ciblek agar tetap sehat dan senantiasa rajin berbunyi, karena tidak semua perawatan burung hanya bisa dilakukan dengan perawatan seperti mandi dan penjemuran saja tapi ada juga melalui pemberian pakan bergizi.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.