Skip to main content

Cara Mengurangi Salto Pada Burung Cendet


Burung cendet yang sering melakukan salto adalah salah satu perilaku atau kebiasaan umum yang ditemukan pada burung berkicau yang di pelihara di dalam sangkar, hampir semua jenis burung peliharaan berpotensi melakukan kebiasaan yang sering dianggap buruk. Salah satu burung berkicau yang paling sering adalah burung cendet. Berikut empat cara alternatif untuk mengurangi salto pada cendet burung. Cendet memiliki suara yang kuat dan penuh isian tapi burung pemangsa mini ini memiliki kebiasaan yang cukup unik, namun bisa membuat jengkel orang yang menjaganya yaitu salto. Selain mengurangi penampilannya gaya salto yang sering dilakukan burung cendet itu bisa membuat pemilik stres apalagi jika cendet terus melakukan salto setiap beberapa menit.

Tidak mudah mengatasi masalah cendet yang sering salto apalagi kebiasaan buruk nampaknya menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari jenis burung ini, tapi jika rutin melakukan latihan dan terapi maka kebiasaan salto justru akan berangsur-angsur menurun. Salto pada burung umumnya terjadi karena beberapa faktor, seperti faktor lingkungan, kandang, kondisi burung itu sendiri, dan lain-lain.

Berikut empat cara alternatif yang bisa membantu mengurangi perilaku burung dengan kebiasaan salto.

1. Memberikan Full Kerodong
Menutup kandang dengan full kerodong setiap hari bisa mengurangi kebiasaan buruknya, burung cendet yang sering salto karena faktor lingkungan pasti akan terasa lebih aman dan nyaman di dalam kandang tertutup sehingga mengurangi kebiasaan salto. Sebagai upaya terapi maka full kerodong harus dilakukan terus menerus setiap hari, kerodong hanya dibuka saat kandangnya akan dibersihkan atau saat burung itu hendak dimandikan.

2. Mengubah posisi tempat tenggeran
Tenggeran yang digunakan bisa menggunakan 2-3 buah yang dipasang tepat di atas dan di bawah secara sejajar, dengan kondisi bertengger tersebut perilaku salto pada burung cendet bisa dikurangi.

3. Melatih di kandang umbaran
Mengurangi salto pada burung cendet juga bisa dilakukan dengan menggunakan kandangumbaran yang luas dan tidak terlalu banyak tangkringan. pindahkan cendet ke dalam kandang umbaran selama 2 - 3 hari sebagai terapi sehingga ia akan mengurangi kebiasaan buruknya. Setelah itu burung dipindahkan ke kandang sehari-hari mereka, kemudian dipantau apakah burung cendet masih melakukan salto atau sedikit berkurang dari sebelumnya.

Keesokan harinya burung-burung tersebut dipindahkan kembali ke kandang umbaran selama 2-3 hari, jadi pada tahap ini dibutuhkan sekitar satu minggu untuk mengurangi kebiasaan salto.

4. Terapi Mandi malam
Meski kurang efektif terapi mandi malam hari juga bisa dilakukan secara rutin sampai burung mulai mengurangi kebiasaan salon mereka.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar