Skip to main content

Cara Melatih Dan Memaster Burung Ciblek Supaya Gacor


Penggemar Burung Ciblek tentu berharap agar burung rajin berbunyi dengan suara tembakan khasnya yang dikenal dengan ngebren, istilah ngebren mengacu pada suara senapan mesin (bren). Terlepas dari julukan suara kicauannya masih banyak ciblekmania yang penasaran karena burung peliharaanya jarang ngebren. Berikut panduan bagaimana melatih dan memaster burung ciblek untuk lebih rajin ngebren, secara umum semua burung ciblek memiliki kemampuan untuk membuat suara tembakan yang khas. Tapi tidak semua individu bisa melakukannya secara optimal, Faktor yang mempengaruhi, antara lain, karakter burung, dan perawatan termasuk pemasteran.

Berikut adalah gambaran keterkaitan dari kedua faktor tersebut :
Dua ciblek dengan kualitas genetik berbeda namun mendapatkan perawatan dan pemasteran yang sama maka hasilnya belum tentu sama, sebaliknya dua ciblek dengan kualitas genetik yang sama namun mendapat perawatan dan pemasteran yang berbeda, maka hasilnya juga akan berbeda.

Selain itu potensi ngebren juga terkait dengan kengototan burung, sifat ngotot ciblek yang rata-rata masih muda. Burung muda yang rajin cenderung mudah dilatih untuk memiliki kemampuan suara ngebren dengan lebih banyak rapat dan panjang.

Berikut adalah beberapa cara umum ciblek mania dalam melatih burung untuk memiliki suara yang lebih ngebren :
1. Mengembunkan burung pada pagi-pagi hari sekali untuk melatih burung agar lebih rajin berbunyi.
2. Memancing bunyi dengan burung kicauan jenis lain yang gacor dan memiliki karakter suara yang cocok misalnya kenari atau perenjak betina.
3. Melatih atau memaster burung ciblek dengan ciblek lain yang bersuara ngebren.

Selain pemasteran jangan lupakan aspek perawatan harian seperti pemberian extra fooding (EF), mandi dan penjemuran.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar